29 September 2004

Kartu Ucapan Digital

Posted under: at 16:24

Pada blognya, Amal membuat sebuah wacana mengenai kartu ucapan digital dan netiket. Beberapa point penting dalam mengirim kartu ucapan melalui Internet dapat dilihat pada wacana tersebut. Saya hanya ingin menambahkan beberapa hal.

Dalam beberapa komunitas mailing list non teknologi yang saya ikuti, misalnya mailing list alumni sekolah, keluarga, tetangga, dan semacamnya memiliki suasana jauh lebih akrab dibandingkan dengan mailing list teknologi. Tetapi pada forum-forum ‘akrab’ tersebut jauh lebih sering terjadi hal-hal yang melanggar etika, misalnya mengirim attachment besar ke mailing list, membalas email dengan cara top-posting, jarang menghapus signature dan quote yang tidak perlu, menggunakan HTML mail, dan sebagainya. Saya yang merupakan kelompok ‘minoritas’ pada forum-forum itu tentunya tidak dapat berbuat banyak menangani fenomena tersebut.

Budaya demikian kemungkinan besar didasari oleh pengalaman anggota forum yang masih sedikit di bidang Internet, pengetahuan yang minim tentang Internet, serta program aplikasi yang menyulitkan penggunanya untuk mengikuti etika. Selain itu Internet selalu mengalami masukan pemula jauh lebih banyak daripada kemampuan Internet untuk melakukan akulturasi terhadap mereka. Pemula yang baru mengenal Internet kemungkinan besar juga akan lebih dahulu bertemu dengan pemula lainnya. Hal ini berlangsung terus menerus sehingga menyebabkan pergeseran nilai. Sesuatu yang sebelumnya dianggap tidak baik kini menjadi sesuatu yang wajar dilakukan.

Kembali ke masalah kartu ucapan. Pengiriman kartu ucapan melalui Internet seringkali juga tidak mengindahkan etika dalam ber-Internet. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada pengirim kartu ucapan, di bawah ini adalah beberapa contoh pengiriman yang tidak baik serta bagaimana cara-cara memperbaikinya:

  • Salah: Kartu ucapan dikirim dalam bentuk gambar atau animasi yang berukuran besar. Benar: Kartu ucapan yang berukuran besar disimpan dalam sebuah web server. Kemudian di email hanya perlu diberi URI ke kartu ucapan yang sebenarnya.
  • Salah:Kartu ucapan dikirim melalui email HTML, kemudian komponen-komponen gambar, suara serta animasi disimpan dalam web server. Benar: Seluruh komponen kartu ucapan (termasuk HTML) disimpan dalam web server. Hal ini untuk menghindari masalah privasi, serta untuk menghindari kemungkinan penerima dalam keadaan offline.
  • Salah: Mengirim ucapan melalui mailing list. Benar: Hindari mengirim ucapan hari raya melalui mailing list, kecuali jika anda melakukan posting yang sesuai dengan topik forum tersebut, kemudian anda tambahkan ‘bumbu’ ucapan selamat.

Selain melalui Internet, kini juga populer pengiriman ucapan melalui SMS. Untuk yang satu ini saya cuma ingin memberi sebuah saran: cantumkan identitas anda ketika anda mengirim SMS! Saya tidak tahu sudah berapa kali sewaktu Lebaran kemarin saya menerima SMS dari nomor yang tidak ada di buku telepon saya dan selain itu juga tidak mencantumkan identitas pengirimnya.

Lalu bagaimana jika kita menerima kartu ucapan yang diluar netiket? Menurut saya biarkan saja, kita tidak ingin suasana hari raya dikeruhkan dengan debat netiket yang seringkali terjadi pada forum-forum di Internet. Jika anda ingin mengingatkan teman anda, sebaiknya lakukan setelah suasana hari raya berakhir. Tentunya dengan tetap bersikap ramah kepada yang bersangkutan dengan menunjukkan kepadanya kesulitan anda ketika menerima kartu ucapan darinya. Saya rasa itu adalah solusi yang paling baik.

23 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!