Kartu Ucapan Digital

Pada blognya, [Amal](http://direktif.web.id) membuat sebuah wacana mengenai [kartu ucapan digital dan netiket](http://direktif.web.id/arc/2004/09/kartu-ucapan-digital-dan-netiket). Beberapa point penting dalam mengirim kartu ucapan melalui Internet dapat dilihat pada wacana tersebut. Saya hanya ingin menambahkan beberapa hal.

Dalam beberapa komunitas *mailing list* non teknologi yang saya ikuti, misalnya *mailing list* alumni sekolah, keluarga, tetangga, dan semacamnya memiliki suasana jauh lebih akrab dibandingkan dengan mailing list teknologi. Tetapi pada forum-forum ‘akrab’ tersebut jauh lebih sering terjadi hal-hal yang melanggar etika, misalnya mengirim *attachment* besar ke *mailing list*, membalas email dengan cara *top-posting*, jarang menghapus signature dan *quote* yang tidak perlu, menggunakan HTML mail, dan sebagainya. Saya yang merupakan kelompok ‘minoritas’ pada forum-forum itu tentunya tidak dapat berbuat banyak menangani fenomena tersebut.

Budaya demikian kemungkinan besar didasari oleh pengalaman anggota forum yang masih sedikit di bidang Internet, pengetahuan yang minim tentang Internet, serta program aplikasi yang menyulitkan penggunanya untuk mengikuti etika. Selain itu Internet selalu mengalami masukan pemula jauh lebih banyak daripada kemampuan Internet untuk melakukan akulturasi terhadap mereka. Pemula yang baru mengenal Internet kemungkinan besar juga akan lebih dahulu bertemu dengan pemula lainnya. Hal ini berlangsung terus menerus sehingga menyebabkan pergeseran nilai. Sesuatu yang sebelumnya dianggap tidak baik kini menjadi sesuatu yang wajar dilakukan.

Kembali ke masalah kartu ucapan. Pengiriman kartu ucapan melalui Internet seringkali juga tidak mengindahkan etika dalam ber-Internet. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada pengirim kartu ucapan, di bawah ini adalah beberapa contoh pengiriman yang tidak baik serta bagaimana cara-cara memperbaikinya:

* **Salah:** Kartu ucapan dikirim dalam bentuk gambar atau animasi yang berukuran besar. **Benar:** Kartu ucapan yang berukuran besar disimpan dalam sebuah *web server*. Kemudian di email hanya perlu diberi URI ke kartu ucapan yang sebenarnya.
* **Salah:**Kartu ucapan dikirim melalui email HTML, kemudian komponen-komponen gambar, suara serta animasi disimpan dalam web server. **Benar:** Seluruh komponen kartu ucapan (termasuk HTML) disimpan dalam *web server*. Hal ini untuk menghindari masalah privasi, serta untuk menghindari kemungkinan penerima dalam keadaan *offline*.
* **Salah:** Mengirim ucapan melalui mailing list. **Benar:** Hindari mengirim ucapan hari raya melalui mailing list, kecuali jika anda melakukan posting yang sesuai dengan topik forum tersebut, kemudian anda tambahkan ‘bumbu’ ucapan selamat.

Selain melalui Internet, kini juga populer pengiriman ucapan melalui SMS. Untuk yang satu ini saya cuma ingin memberi sebuah saran: cantumkan identitas anda ketika anda mengirim SMS! Saya tidak tahu sudah berapa kali sewaktu Lebaran kemarin saya menerima SMS dari nomor yang tidak ada di buku telepon saya dan selain itu juga tidak mencantumkan identitas pengirimnya.

Lalu bagaimana jika kita menerima kartu ucapan yang diluar netiket? Menurut saya biarkan saja, kita tidak ingin suasana hari raya dikeruhkan dengan debat netiket yang seringkali terjadi pada forum-forum di Internet. Jika anda ingin mengingatkan teman anda, sebaiknya lakukan setelah suasana hari raya berakhir. Tentunya dengan tetap bersikap ramah kepada yang bersangkutan dengan menunjukkan kepadanya kesulitan anda ketika menerima kartu ucapan darinya. Saya rasa itu adalah solusi yang paling baik.

23 comments

  1. Setujuuu :)
    Sebel banget kalau terima mail2 ucapan selamat di mailing list. One-liner posting trus yang balas ber-jubel2 lagi.
    Tapi ngomong soal membalas email dengan cara top-posting, mengapa sih melanggar etika? Saya sendiri lebih suka kalau message balasannya di atas karena bisa langsung kebaca, daripada kalau message sebelumnya panjang khan mau scroll sampai bawah baru keliatan. Mohon penjelasannya mas.
    Thanks.

  2. :)Selamat …itu yg kita harap kan dan semoga kita semua selamat ….:d siapasih yg ga mau selamat…!!!!!??????? paling juga orng sinting.
    Selamat menjalankan ibadah puasa…………semoga kita termasuk orang2 yang beruntung….amiiin.
    Jangan lewatkan kesempatan di bulan ramadan ini mari kita
    raih semua keistimewaan yg ada di dalam nya,sekuat tenaga….

  3. Selamat Lebaran Minal aidin walfaizin yah untuk semua teman 2 maafin yeh semua kesalahan echy baik di sengaja maupun tidah disengaja:)

  4. Minal Aidin Walfaizin Mohon maaf lahir bathin.
    semoga di hari yang fitrah kita semua dibukan keberkahan yang mulia amien.:):)>-[-o<

  5. Kami Segenap Karyawan Inforkom Mengucapak :)
    ” Minal ‘aidin wal faizin Mohon Maaf Lahir & Batin ”
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1427 H

    Semoga maaf yang di berikan anda semua bisa Menjadi jalan pembuka pintu rahmat [-o< Teriring doa, semoga Allah yang Maha hidup, Maha Menggengam dan Maha pengatur Mengijinkan kita untuk bertemu lagi di Ramadhan yang akan datang dan menerima amalan kita di Ramadhan kali ini [-o< Selamat jalan bulan penuh magfirah :-h Ijinkan kami untuk menemuimu >:d< dan bersimpuh lagi di pintumu tahun depan [-o< Taqaballahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum :-h ^:)^ [-o<

  6. Kami Segenap Karyawan PT. RAHMAT JASA SAFIRA :)
    ” Minal ‘aidin wal faizin Mohon Maaf Lahir & Batin ”
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1427 H :):):):):):):)

  7. Assalamualaikum Wr.Wb,… Buruang pipit tabang surang, Datuk Maringgih iyolah kayo. Kini puaso alah datang, jan lupo maafkan ambo, Wassalam: Marhaban ya Ramadhan.
    Hari-hari berlari menepis kerinduan akan ramadhan, menyusupkan permohonan maaf kami ke celah hati, melalui bisikan ombak selamat puasa, membasuh hati, tenangkan jiwa. Ramadhan Mubarak.

    :d

  8. Q CUMA MO NGUCAPIN
    SELAMAT IDUL FITRI
    SEMOGA DI HARI YANGSUCI INI KITA MENDAPATKAN BERKAH..
    AMIEN…:d
    DAN KITA JUGA HARUS SALING MEMAAFKAN :)>- =d>^:)^[-o<:-j8->o:-)

  9. Nda`kog,
    For All, SELAMAT HARI LEBRAN,MOHOMN MAAF LAHIR BATHIN 1428H,,,,,,,,,ENAK YA YG PD BISA MUDIK11111111111:(:(:(:(:(:(:(:(:(:((:((:((:((:((

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *