10 October 2004

Seberapa Linux Anda?™

Posted under: at 01:42

Frans Thamura membuat jurnal yang berjudul Seberapa Linux Anda?. Saya sendiri tidak tahu apa artinya, tetapi mungkin kira-kira artinya sama dengan How Linux Are You?.

ada yang bilang seberapa besar kontribusi saya di dunia Linux. Wah, kalimat terakhir sepertinya kecil, saya hanya ada sedikit client yang dimigrasikan dari Windows ke Linux. Menurut saya kontribusi saya, kecil hanya bisa menghidupi kurang dari 10 orang pegawai di Intercitra. Maunya sih ada 100 orang yang bisa dihidupi, tetapi kok susah banget yah cari orang Marketing and Sales.

Bagus kalau kali ini anda sadar kalau kontribusi anda belum sebanding dengan orang-orang yang anda sebut liliput atau otak udang. Tanpa mengecilkan usaha rekan-rekan dan Frans sendiri yang melakukan konversi sistem dari Windows ke Linux, usaha-usaha tersebut lebih merupakan kontribusi terhadap perusahaan masing-masing dibandingkan terhadap komunitas Linux. Kontribusi yang lebih berguna terhadap komunitas misalnya adalah dalam bentuk kontribusi software OpenSource, advokasi, dan sebagainya.

Seberapa Linux Anda? Apakah yakin anda dengan Linux? Apakah anda yakin Linux akan memberikan hidup lebih baik bagi Anda?

Saya sih yakin dengan Linux, sehari-hari pakai Gentoo Linux. Mungkin agak berbeda dengan Frans yang sehari-hari kirim terima email masih menggunakan Windows.

Kalau tidak, ngeSolaris yuk!!! kalau mau aman-aman, ngeJava aja ding, bisa dua-duanya. Jadi buat apa bangga jadi orang Linux kalau gitu.

Silakan kalau anda ingin ngeSolaris dan ngeJava, tidak ada yang melarang anda. Hanya saja mungkin Solaris agak sulit terjangkau oleh mayoritas pengguna komputer. Sedangkan OpenSolaris masih belum jelas seperti apa manifestasinya.

Kemudian pada jurnalnya yang lain Dunia setelah Solaris Open Source, Frans mengatakan:

Hanya nunggu waktu, tidak berapa lama lagi Solaris akan masuk ke dunia Open Source. Sun akan mengopensourcekan Solaris. Ini gerakan baru open source, yang mana saat ini Linux masih dalam masalah dengan kasus SCOnya.

Sampai saat jurnal ini ditulis, belum ada kepastian bagaimana lisensi OpenSolaris nantinya seperti apa. Apakah memenuhi syarat-syarat OpenSource atau Free Software? Apakah kompatibel dengan GPL? Pertanyaan-pertanyaan itu masih belum terjawab sampai saat ini.

Jika Solaris jadi di-OpenSource-kan, maka SCO akan menjadi masalah yang lebih besar pada Solaris dan Sun daripada pada Linux. Seperti kita semua ketahui, bahwa tidak ada kode pada sistem operasi Linux yang dicuri dari SCO. Sedangkan sebagian kode Solaris dimiliki oleh SCO. Sebelum meng-OpenSource-kan Solaris, Sun harus terlebih dahulu membersihkan Solaris dari kode-kode SCO dan mungkin juga pihak-pihak lain yang tidak setuju kodenya di-OpenSource-kan.

tetapi berita terbaru bilang Novell akan dibeli Sun, nah ini menarik Novell baru beli SuSE.

Ini juga masih spekulasi, tidak ada berita Novell akan dibeli oleh Sun. Menurut saya apapun yang terjadi di dunia korporat, tidak akan mempengaruhi perkembangan Linux, karena Linux dibesarkan oleh komunitas, bukan oleh kalangan korporat.

Ngomong2 kenapa ngga dari dulu yah. Solaris di Open Sourcekan.

Karena mungkin tujuannya bukan untuk di-OpenSource-kan?

8 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!