4 November 2004

George Bush Kembali Menjadi Presiden

Posted under: at 00:17

Bush vs Kerry

Ternyata sama saja pemilu di Amerika Serikat dan di Indonesia. Lagi-lagi masyarakat dari daerah yang menentukan hasil akhir pemilu. Masyarakat yang tinggal di daerah yang maju cenderung lebih menghendaki perubahan. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah yang relatif tertinggal memiliki pilihan yang lebih konservatif.

Sewaktu pemilu presiden putaran pertama di Indonesia, daerah-daerah perkotaan lebih memilih pasangan capres Amien-Siswono. Sedangkan daerah pedesaan dan daerah-daerah yang relatif tertinggal lebih memilih pasangan Mega-Hasyim. Di Amerika Serikat juga terjadi hal yang kurang lebih sama. Di negara-negara bagian yang relatif maju di pantai Barat dan pantai Timur Laut, pemilih lebih suka memilih John Kerry dibandingkan Bush. Sedangkan daerah selatan dan tengah yang relatif tertinggal lebih memilih Bush. Kalau dilihat per negara bagian pendukung Bush pun, daerah-daerah perkotaan yang maju juga ternyata lebih memilih Kerry.

Jadi sayangnya ternyata Bush kemungkinan besar masih akan menjadi Presiden Amerika Serikat sampai 4 tahun mendatang. :(

4 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!