Tempat Belajar XHTML+CSS di Web?

Hari ini ada seorang teman menanyakan kepada saya tentang bagaimana belajar pembuatan situs web dari awal. Teman saya ini sepertinya sama sekali belum mengerti teknologi web seperti XHTML atau CSS. Kalau ditanya seperti itu saya bingung, saya terus terang tidak tahu situs web yang mengajari cara-cara pembuatan situs web, tetapi sesuai dengan [metodologi pengembangan situs web yang benar](https://priyadi.net/archives/2004/11/12/alasan-untuk-memikirkan-standardisasi-dan-aksesibilitas-di-situs-web/). Saya sendiri sebagai orang yang menyukai standar web tentunya ingin mengajarkan standar web juga bagi teman-teman saya :). Ada yang tahu situs web yang berisi tutorial untuk keperluan ini? Apakah ada buku berbahasa Indonesia atau tempat kursus yang memenuhi kualifikasi tersebut?

Selain itu perusahaan/perorangan desain web mana saja yang mendesain sesuai standar?

14 comments

  1. Perusahaan/perorangan di Indonesia pri? selain dari yang loe udah tau… ya gak ada lagi, gak laku jualan web standard di Indonesia. Liat aja reaksi mayoritas orang2, pada alergi kan? Dibilangin baik2 malah protes, disindir eh ngambek, gak jelas maunya apa, bisanya cuma marah doang kalo disentil… bikin capek… mendingan yang udah sadar aja di followup deh, sisanya biar aja sadar sendiri nanti2, kalo udah ketinggalan jaman.

    Situs web tutorial yang bagus a.l: (Sori, gak ada yang versi bahasa Indonesia) htmldog dan W3 Schools.

  2. Om Pri, numpang iklan dikit ya, di Sekolah Web Indonesia aja kursusnya.

    Mohon maaf, sepertinya Sekolah Web Indonesia bukan tempat belajar yang saya inginkan. Situs webnya sendiri sudah tidak valid, tidak ada DOCTYPE, sedangkan validasi terhadap HTML 4.01 transitional terdapat kesalahan sebanyak 76 buah!

  3. :(apa kabar semuanya saya jerry sayan ingin sekali mempunyai sebuah web yang full dengan css2
    tai saya belum bisa membuat nya.
    memang sih sayan sudah mempunyai sebuah web pribadi(www.jerrycool74.tk),
    tapi itukan di buat oleh teman aku,
    jadi saya harap abang semua mau untuk meberitahu
    kepada saya.
    saya sunguh ingin mempunyai sebuah halaman web yang
    saya kerjakansendiri

  4. hu`uh neh…dmn dapet download ebooknya sukur² yang lengkap gitu…:(( biar klo bljr gak tanggung-tanggung

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *