4 December 2004

Newsticker MetroTV dan Media Indonesia di Layar Komputer

Posted under: at 18:27

Saya tahu hal ini dari blog-nya Benny. MetroTV dan Media Indonesia menyediakan perangkat lunak untuk menampilkan Newsticker mereka pada layar komputer. Yang ingin saya tanyakan adalah: bagaimana perangkat lunak tersebut mendapatkan datanya? Alangkah baiknya jika sumber data Newsticker tersebut berbentuk standar sindikasi seperti RSS atau Atom yang sering digunakan oleh situs berita di luar Indonesia. Kelebihan menggunakan format sindikasi standar adalah:

  • Layanan tersebut dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi alternatif. Sedangkan perangkat lunak yang disediakan oleh pihak MetroTV dan Media Indonesia hanya dapat digunakan pada komputer yang masih menggunakan sistem operasi Windows. Saya sendiri yang menggunakan sistem operasi Linux tentunya tidak dapat menggunakan perangkat lunak tersebut.
  • Pengguna dapat menggunakan perangkat lunak lain yang memiliki tampilan bukan ticker. Dulu saya menggunakan program pembaca RSS yang berbentuk ticker, yaitu KNewsTicker dari KDE. Setelah menggunakan perangkat lunak tersebut untuk beberapa lama, ternyata saya menemukan bahwa bentuk ticker tidak cocok untuk sumber berita yang semakin lama semakin banyak. Selain itu ticker juga merupakan distraction yang terkadang mengganggu saya dari perkerjaan utama saya. Saat ini saya lebih suka menggunakan Bloglines untuk membaca berita.
  • Sumber berita dalam bentuk sindikasi standar dapat dengan mudah digunakan untuk keperluan lain selain ditampilkan pada layar komputer. Misalnya, Ronny mengumpulkan sumber yang dia sukai dalam sebuah situs web Planet Terasi.

Apakah ada media lain dari dalam negeri yang memiliki RSS atau semacamnya? Dulu saya mendapatkan informasi bahwa detik.com memiliki sumber sindikasi dalam format XML non standar. Walaupun masih mungkin untuk digunakan dalam sindikasi, akan lebih baik jika diubah ke dalam format yang standar seperti RSS atau Atom.

9 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!