5 December 2004

Masalah Umum Kota Besar di Indonesia

Posted under: at 18:15

Saya sekarang berada di Medan. Kesan pertama yang terasa setelah dua hari jalan-jalan di Medan adalah kondisi lalu lintas yang terasa makin macet. Sama seperti halnya Bandung yang mengubah alur lalu lintas, Medan pun melakukan hal yang sama. Beberapa ruas jalan sekarang menjadi satu arah. Juga seperti Bandung, transportasi masal juga sangat minimal. Transportasi masih mengandalkan kendaraan pribadi. Walaupun demikian kondisi Medan menurut saya jauh lebih baik daripada Bandung. Macet di Medan belum separah macet di Bandung. Selain itu di Medan juga terdapat becak bermotor yang sangat berguna karena dapat menjangkau jarak yang cukup jauh, tidak seperti becak tradisional.

Sepertinya kota-kota yang akan menjadi kota besar seperti Bandung dan Medan memiliki permasalahan yang sama, yaitu tidak siap mengantisipasi lonjakan kendaraan pribadi. Bagaimana dengan kota-kota lainnya? Kemungkinan besar sih tidak akan jauh berbeda :).

3 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!