24 January 2005

Teknologia dan Frans Thamura

Posted under: at 20:03

Sejak berdirinya mailing list Teknologia, tanggal 23 September 2004, milis ini berhasil menjadi tempat berkumpulnya para praktisi teknologi informasi dan teknologi secara umum di Indonesia. Namun pada hari ini ada sebuah hal yang menurut saya adalah tantangan tersendiri bagi saya sebagai salah satu moderator mailing list ini. Hal tersebut adalah masuknya Frans Thamura sebagai anggota mailing list.

Masuknya Frans sepertinya dimulai dari isu ‘Daftar Tercela’ yang beredar di milis ini. Kemudian ada yang memforwardkan email tersebut ke Frans sehingga yang bersangkutan ingin bergabung dengan Teknologia. Malam kemarin Frans bertanya kepada saya bagaimana cara bergabung ke milis Teknologia. Tentu saja saya jawab dengan sebenar-benarnya. Saya tahu persis bagaimana perilaku Frans di milis-milis sebelumnya, tetapi menurut saya hal tersebut masih dapat diperbaiki oleh yang bersangkutan. Dan saya juga tidak ingin Teknologia menjadi seperti milisnya orang ‘elit’.

Pada beberapa diskusi sebelumnya ada kekecewaan dari sebagian teman yang ditolak masuk ke mailing list Technomedia. Mailing list ini adalah forumnya wartawan serta mediawan lainnya, termasuk dari pihak-pihak yang berulang kali memuat pernyataan tak berdasar dari Roy Suryo. Beberapa teman merasa kecewa karena pihak moderator Technomedia hanya menerima beberapa orang non wartawan.

Saya pribadi tidak ingin milis Teknologia menjadi milis yang sangat tertutup seperti Technomedia. Teknologia adalah milis yang terbuka, kecuali terhadap mereka yang jelas-jelas melanggar peraturan, sedangkan Frans paling tidak belum pernah melakukan pelanggaran berat dan berulang-ulang di Teknologia. Pelanggaran yang dilakukan mungkin karena masih ‘panas’ karena masuk ke dalam daftar ‘tercela’ dan masih belum terbiasa dengan aturan-aturan yang relatif ketat di milis ini.

Mudah-mudahan komunitas milis Teknologia bisa mengubah perilaku Frans untuk menjadi pribadi yang dapat diterima di milis-milis. Suka atau tidak, Frans adalah salah satu tokoh teknologi informasi Indonesia. Jika masih tidak berhasil, saya atau moderator lainnya tentu saja masih dapat menerapkan sanksi bagi diri beliau :).

21 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!