Pengumpulan Sejarah Game Indonesia

Dari mailing list [Teknologia](http://groups-beta.google.com/group/teknologia), rekan Harry Reid meminta bantuan untuk pelengkapan [Sejarah Game Buatan Indonesia](http://cizcuz.dyndns.org:8080/sejarah/). Pembaca yang ingin melengkapi sejarah tersebut dapat menghubungi email beliau di “csenjaya AT gmx.net” atau “harry.reid AT gmail.com”.

Mudah-mudahan usaha penelusuran ini bisa menyingkap sejarah sebenarnya mengenai game-game buatan Indonesia.

41 comments

  1. Hmm aku sering tuh main ferryhalim.com kalo lagi nganggur.. mainannya enak.. dan ternyata disitu disebutkan 2001 :D hmmm heran juga yaaaa :P

  2. Bagus. Penulisan sejarah/perjalanan apapun senantiasa menarik, lebih-lebih di Indonesia yang secara umum penulisan dokumentasi masih rendah.

  3. bapak Setiabudi baru buat game tahun 2004. Jadi kayaknya ketinggalan dibandingkan game-game di sejarah tsb.

    Kok bisa dapet gelar “Bapak pembuat game pertama Indonesia” sih???

  4. Setahu saya (bukan ngebelain David S) yang saya baca di Hotgame-online forum dan websitenya : David sendiri mengakui bahwa ada game2 Indonesia sebelumnya kok! Dan dia respect ama senior2 dia. Tetapi MURI,HAKI,Majalah2 Game Indonesia,koran2 lah yang mengakui dia sebagai Pembuat Game Pertama Indonesia. Itu adalah kebijakan INSTANSI masing2, bukan dipaksa atau disogok.

    Game2 sebelum Divine Kids yang diketahui : ada yang buat tapi disimpen di rumah saja, ada yang tidak punya kelengkapan copyright, ada yang kurang menyebar, ada yang buat game di Indo tetapi bekerja ama game asing dan ga belain game Indo, ada yang pake karakter luar negeri ga original,Ada yang udah pindah luar negeri, ada yang kurang ‘bombastis’ mungkin :)

    Tentang game pertama Indonesia yang benar2 pertama menurut David sukar dilacak? lihat http://www.divinekids.com bagian “sejarah”.

    David ga bikin game 2004 aja, sewaktu SMA menurut pengakuannya juga sudah buat game, tapi dibagi ke teman2 sekelas klub komputer saja. Pake gw basic atau apa gitu.

    Jadi menurut saya, jangan salahkan David kalo dapet gelar itu.

  5. #5:

    Dirjen HAKI tidak begitu saja memberikan trademark kepada seseorang, harus ada aplikasi dari yang menginginkan trademark tersebut. Kemudian dari yang saya baca di forum-forum, justru ada majalah game yang tidak mengakui DS sebagai pembuat game pertama, tetapi merasa terpaksa harus menggunakan ‘titel’ tersebut karena itu adalah hak dari DS. Mengenai MURI, saya no comment, tapi yang jelas dalam kasus ini MURI jelas-jelas tidak mengerjakan tugasnya dengan baik.

    Mengenai ‘kelengkapan copyright’, semua ciptaan manusia memiliki copyright. Asalkan ciptaan itu adalah hasil karya yang orisinal, bukan tiruan/bajakan. Pendaftaran copyright hanyalah berguna jika pemilik copyright ingin mendapatkan ganti rugi jika ada pihak lain yang menyalahgunakan copyright tersebut. Contohnya, tulisan saya di blog ini tidak saya daftarkan ke HAKI, tapi anda tetap tidak berhak menyalin tulisan saya untuk keperluan anda tanpa persetujuan dari saya.

    Saya sendiri waktu SD sudah buat game, tapi itu tidak menjadikan saya pembuat game pertama di Indonesia :).

  6. jangan salahkan DS lah dalam masalah ini, kebanyakan kita bikin game buat disimpan dirumah atawa nggak pernah diurus hak ciptanya…

  7. Saya pernah mengirim email ke david_setiabudi2@yahoo.com, tapi tak ada tanggapan, silakan dibaca!

    Saya sendiri pertama2 merasa bangga ada orang yang disebut “Pembuat
    Game pertama di Indonesia”. Game pertama yang Saudara tampilkan di
    situs adalah “RPG PETUALANGAN DIVINE KIDS”. Namun setelah saya
    download dan coba saya sangat kecewa!!

    Ternyata hanya sebuah game yang dibuat pakai RPG Maker (atau aslinya
    RPG TSUKURU).

    Saya tau tak mudah membuat game itu walau pakai RPG Maker, tapi setau
    saya (tolong betulkan kalau salah) RPG Maker hanya dijual di Jepang,
    dan versi Inggris yang beredar itu tak resmi alias BAJAKAN.

    Kalau memang Saudara beli program RPG Maker asli dari Jepang, saya
    mohon maaf atas email saya.

    Tapi saya mohon penjelasan Saudara apakah memang Saudara pakai RPG
    Maker ASLI yang dibeli sendiri. Karena jika tidak Saudara bisa
    dituntut hukum (apalagi sudah tersebar ke banyak CD majalah). Jadi
    maksud email saya ini untuk mencegah Saudara kena tuntutan :)

    Saya tunggu balasan Saudara :)

  8. Beberapa teman-teman sesama programmer game ada yang memprotes Divine Kids adalah “Game Pertama Indonesia”, dan menanyakan ke saya baik melalui email atau forum-forum game, ucapannya kira2 spt ini :
    1. “Wah, kan tahun 1980 kan sudah ada game Indo meski kuno? Dan anda bilang ngakuin ada senior
    programmer game? Gimana sih? Kalau gitu anda menghapus jasa-jasa senior pembuat game?”
    2. “Meski disahkan MURI, terdaftar di HAKI, dan diakui majalah2 game& koran, tapi ini mengacaukan sejarah!!!”

    Mencermati hal ini, saya mengambil jalan damai, juga sebenarnya mengerti maksud baik mereka, dan saya juga hormati senior-senior programmer. Mengenai pengakuan atau award di atas adalah kebijakan penilaian instansi masing-masing. Bukan kebijakan kita. Saya tidak pernah sogok mereka, KKN, pemaksaan ke redaksi di seluruh indonesia (busyet), dsb. Mereka selama ini menunggu game mana yang pantas diberi award GAME PERTAMA INDONESIA, mungkin dari tahun sebelumnya belum ada yang pantas (menurut kriteria mereka yang saya kurang tahu). Game buatan saya SIEGE.EXE tahun 1992 yang lebih duluan tidak mereka akui sebagai GPI. Kriteria mereka bisa dari Copyright, karakternya original tidak, penyebaran game luas tidak, pembuatnya pindah ke luar negeri dan bekerja buat perusahaan game asing tidak, booming tidak, kontinuitas kerja bagaimana,dll. Sekali lagi mereka yang MEMILIH, tanpa KKN, sogok menyogok,pemaksaan,dll.
    Sebagai contoh: Game Siege.EXE 1992 saya, saya sebar di SMA saya saja, orang luar tidak ada yang tahu, apakah MURI bisa memilih game SIEGE saya menjadi GPI? tentu tidak. (Download Game Siege-ARM David)

    Mengenai pertanyaan kedua, saya rasa dia benar, untuk membedakan mana yang benar-benar game pertama Indonesia dan Game Pertama Indonesia Divine Kids dan mempermudah catatan sejarah pergamean Indonesia, meski sebenarnya Divine Kids lah yang diakui sebagai yang pertama oleh badan-badan yang sah;

    Secara sejarah timeline – Game Indonesia dibagi menjadi 2 golongan :
    1. Game yang benar-benar pertama Indonesia (terlepas dari segala syarat, penyebaran luas atau diletakkan di rumah saja, ,copyright,karakter mengambil dari game asing,dll) . Sampai sekarang belum ditemukan, data harus 100% akurat untuk dibuktikan…

    2. Game Pertama Indonesia Resmi (diresmikan oleh banyak instansi dan media) : Game Divine Kids memenuhi standar kebijakan instansi dan media2 tsb shg resmi sbg GPI. Divine Kids Games 2004. Menjadi yang pertama dan resmi bukan berarti yang terbaik, game Divine Kids masih jauh dibandingkan game-game asing, dan masih harus banyak belajar dan berkembang. Karena itu mohon dukungan dan doa teman-teman gamer agar kami bisa terus-dan-terus maju. Kadang istilah GPI Resmi saya singkat menjadi GPI saja. Saya usahakan selalu lengkap kata-katanya: GPI Resmi.Tahun 2004,semoga (harapan&ambisi saya) bisa menjadi titik Kebangkitan Game Indonesia.Semoga meningkatkan omzet negara & tenaga kerja di Indonesia & memanjakan gamer dgn game2 yg lebih bagus. (Dv)

  9. Pengakuan dari Museum Rekor Indonesia, pendaftaran HAKI, pengakuan dari banyak majalah2 game Indonesia, dari koran adalah kebijakan instansi mereka masing2, saya tidak menyogok, KKN, memaksa dll. Semua itu nanti buat mendukung saya memajukan game Indonesia, bukan untuk sombong2 an.

    Banyak programmer pergi ke luar negeri. Di luar negeri (misal Jepang/Amerika) ada sekolah game, ada buku2, fasilitas, ada perusahaan game. Suasana sungguh mendukung. Sedang saya tinggal di Indonesia, segala source yang kurang sekali harus saya manfaatkan. Saya tidak pernah diajari buat game, ditentang banyak. Saya mendapat basic dari SMA = program GWBSIC itu saja. Sisanya saya kembangkan belajar secara otodidak dari internet, dan dari help.

    Saya hidup keras, pernah jadi tukang order fotokopi keliling, rumah terbakar dan saya terkepung api. Saya tidak akan menyerah apa pun yang terjadi. Saya ingin buat Game Indonesia sesubur luar negeri. Segala rintangan akan saya usaha tembus, tentunya saya berhasil jika ada doa dari teman2.

  10. Dear friends,
    Dari 24 game buatan kami cuma 1 yang pakai RPGMAKER, silahkan anda lihat. Kami siang malam kerja keras. Dalam tahun 2004 kami telah membuat 23 game.

    Teman2 saya yang hebat, bukan saya.

  11. Game Pertama Indonesia seharusnya berdasar pada TAHUN. Soal copyright, penyebaran luas tidaknya, WNA/WNI, bahasa yang digunakan itu ga penting! Menurut gamedevid.org/sejarah, mereka menemukan bahwa STREET FIGHTER dan DRAGON BALL itu buatan Indonesia dan lebih dahulu dari Divine Kids. Kedua game itu berhak jadi game Indo pertama.

    GAME PERTAMA INDONESIA pilihanku : STREET FIGHTER

  12. saya sudah mengikuti masalah game pertama ini sejak pertama kali di gembar gemborkan media masa(majalah game). masalah GPI sepertinya karena kurang jelinya penulis artikel tersebut antara kaitannya “Game pertama dengan di setujuinya merek dagang oleh dirjen haki(sumber:artikel majalah game)”dan ketidaktahuan mengenai masalah hak cipta, paten, dan merek dagang(mereka semua berbeda baik istilah maupun peruntukan). saya pernah membaca kasus serupa yg sudah telah dijadika yurispruden di Indonesia ttg merk dagang tancho(terlalu panjang untuk di ulas) namun kesimpulannya adalah bahwa “pendaftar merek pertama bukan berarti pemakai pertama” ini kunci dari kasus tersebut. game divine kids memang yang pertama terdaftar di dirjen haki tapi fakta di Indonesia divinekids bukan game pertama Indonesia(ingat dulu ada lomba bikin game mobile sekitar tahun 2000 dan ada game kurusetra – pasti lebih banyak lagi game sebelum ini), seharusnya ini tidak perlu karena merek dagang (trade mark) seharusnya hanya untuk merek yang diperdagangkan(jika tidak di perjual belikan dalam beberapa tahun orang lain bisa menggunakan merk tersebut) (benar-benar mubazir pasti bayarnya lumayan mahal). sekedar informasi saya pun sudah lama membuat game rumahan (sejak kelas 5 SD -tahun 1991- ketika pertama kali punya komputer tentunya)

    masalah game pertama ini seperti sebuah konspirasi antara majalah-majalah game di Indonesia yang memberikan informasi yang salah besar. kemudian di ikuti tindakan yang kurang teliti oleh MURI. mereka sangat bersikap arogan sekali tidak pernah mau mendengarkan suara-suara seperti ini. bukuannya mengkoreksi tapi malah memperpanjang maslah.

    GAME PERTAMA INDONESIA adalah preseden terburuk sepanjang sejarag game Indonesia.(banyakin dosa aja)

    untuk david saya sangat menghargai usaha anda dalam mengembangkan game Indonesia. terus kembangkan game Indonesia ya

  13. Saya baru nemu forum ini, pas search di internet. Komentar saya sih ga banyak, mungkin ya… Game Indonesia masih jatuh banget dibandingkan ama game – game luar yang udah banyak negara kita konsumsi. tapi we-chuck bangga banget nemuin forum kayak gini, ternyata masih banyak yang care tentang masalah ini.

    Saya mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Bandung, saya sangat menyukai game, terutama game RPG, yaa… sebagai pecinta game dan orang indonesia saya juga harus ikut mendukung gerakan – gerakan lokalisasi.

    Saya punya rencana untuk mengambil Tugas Akhir yang berhubungan dengan Game, bukan berhubungan lagi, tapi membuat game. Saya ga bisa bahasa pemograman, tapi saya berusaha membuat game design dengan baik dan teratur. walaupun cuma desain game, tapi saya harap sih dapat naik ke level selanjutnya… ya mungkin suatu saat menjadi game sungguhan.

    Banyak dari halangan orang – orang Indonesia ingin membuat game adalah bahasa pemograman yang jarang sekali dipelajari orang. Ada cerita nih, pas saya maen ke rumah temen, dia Jurusan teknik Informatika, dia bikin game standar yang diajarkan sekolahnya (Mario Bros Style) saya ngeliatnya ya seneng aja, walaupun gamenya biasa banget tapi minimal udah ada jalan kesana.

    Mungkin cerita saya kepanjangan ya, o ya satu lagi nih.
    Saya ketemu home page penyedia software game (Dark Basic) dia iming – iming nya software dia bisa untuk bikin game apa saja dari mulai fighting, racing sampe RPG. Harga $50. Saya rencana bya mau membeli software ini, tapi apabila saudara – saudara tau software ini buruk atau tau software yang lebih baik mohon di reply.

    Thanx lho buat waktunya, dan maaf apabila ga masuk ke topik forum nya.

  14. We-chuck menulis:
    Saya mahasiswa Desain Komunikasi Visual di Bandung, saya sangat menyukai game, terutama game RPG, yaa… sebagai pecinta game dan orang indonesia saya juga harus ikut mendukung gerakan – gerakan lokalisasi.

    ——————————-
    “gerakan lokalisasi.”

    Lokalisasi mana yang didukung nih? Gawat deh nih orang…:d:d:d Becanda

  15. :-w Klo saya sih simple aja, saya jelas tidak setuju dengan apa yang dilakukan MURI serta HAKI yang memberikan titel sebagai “GAME PERTAMA INDONESIA” kecuali ditambah menjadi “GAME KOMERSIL DGN RPG MAKER PERTAMA INDONESIA” karena bagaimana dengan Agustinus Nalwan yang saya rasa pantas bila disebut sebagai “BAPAK GAME INDONESIA” Karena dia membagi cara membuat game dgn komplit maksud saya adalah klo bisa

  16. MURI dan HAKI lebih ati@ dalam membuat istilah sebuah produk dan harus dikaitkan dgn studi perbandingan dgn forum pecinta game tq:d

  17. Ao aku baru gabung neh…. ngomong2 aku pernah maen divine kids loh…. seru juga tapi gampang BGT:-? hahahhahahha………. dah tamat 3 kali. aku mo nanya
    gimana caranya bikin game RPG yang grafisnya kaya CHRONO TRIGGER. tapi yang gratisan :d cara membuatnya

    thx………… berat ……
    :):):):):):d:d:d:d:”>:”>:”>\:)>-:)>-\:d/

  18. Yah setiap perusahaan atau badan punya kebijakan sendiri tentang suatu award. Di Kompas menuliskan :

    KOMPAS, Jumat 30 September 2005

    PRESTASI DAN KENISBIAN*
    ———- MEMAHAMI SINISME ATAS REKOR MURI ———–

    Salah satu manifestasi peradaban dan kebudayaan umat
    manusia adalah karsa dan karya mencipta apa yang disebut
    prestasi. Sayang, istilah prestasi itu sendiri mengandung
    nilai nisbi, kontekstual, dan subjektif akibat langsung
    bergantung kepada dimensi apa, bagaimana,di mana, kapan
    saja.

    Bagi pihak tertentu,hasil suatu karsa dan karya bisa
    disebut suatu prestasi, namun bagi pihak lain bisa dianggap
    sebagai bukan prestasi….bahkan dianggap mubazir.

    Ahasil tidak ada upaya menghargai prestasi yang lepas dari
    skeptisme sampai sinisme.

    …menimbulkan aksi pro bagi mereka yang mampu dan mau
    menghargai hasil keprestasiannya, namun juga kontra bagi
    mereka yang tidak mampu dan tidak mau menghayati, apalagi
    mengakui makna keprestasiannya.

    Sejak dini MURI sudah lantang dan tegas mencanangkan
    ketidaksudiannya mengakui prestasi yang negatif dan
    destruktif.Sejak semula MURI memang terbatas hanya semangat
    mencipta prestasi superlatif yang diharapkan bisa menjadi
    motivasi dan inspirasi bangsa Indonesia untuk karsa dan
    karya terbaik di berbagai bidang kehidupan.
    ….
    Secara institusional,MURI ingin menggugah kesadaran kita bahwa
    sudah saatnya bangsa Indonesia mau dan mampu menyadari dan
    menghargai karsa dan karya bangsa Indonesia sendiri.
    ….
    Namun, makna kisah perjuangan manusia di balik rekor Muri
    memang hanya bisa dipahami mereka yang benar-benar mau dan
    mampu memahaminya.

    Jaya Suprana

    (*Nisbi =relatif)

  19. MURI atau redaksi majalah2 game memiliki kebijakan dan hak untuk memutuskan mana yang pantas.

    Kenapa RAGNA— yang berbahasa Indonesia tidak dipilih jadi GPI?

    Kenapa game yang tersebar di sekitar rumah seorang programmer tidak dipilih jadi GPI?

    Kenapa game dengan jagoan (maaf) Street Figh— atau (maaf) Dona- bebek atau game lain yang editan game asing menjadi GPI?

    Kenapa WNA yang belajar di luar negeri dengan segala fasilitas (di luar negeri fasilitas belajar buat game lebih luas dari Indonesia) yang buat game tidak dipilih?

    Anda bisa memilih dan berpikir jernih… MURI dan redaksi majalah menunggu game mana yang benar2 pantas menjadi GPI. Anda pilih RAGNA— atau Street Figh— atau yang mana? Semua punya cara pandang sendiri. Apa anda suka jika kebijakan anda diremehkan orang lain?

    Apa MURI dan majalah2 game, majalah pc, koran akan suka anda langkahi kebijakan mereka?

  20. Ini ada info game online manager sepakbola bahasa INDO, di http://www.ligasepakbola.com

    Ya, kita memang harus dukung game lokal, kalau ada game lokal yang bagus, jangan ngopi aja beli dong…
    Kebanyakan orang INDO suka yang gratisan aja…

    Kalau mau dukung, beli produknya, emang buat game itu gampang dan gak perlu biaya ???

  21. :-?
    Tolong beritahukan saya alamat download gratis RPG Maker dan cara membuat gamenya dalam bahasa Indonesia ecara mendetail !
    Plese !!!
    Tolong !!!

  22. Dear Amal,
    Amal bisa ke hotgame-online.com\forum?
    Lalu lihat di bagian AMATEUR GAME DEVELOPMENT,
    disana banyak programmer game yang welcome anda
    dan membantu anda :) RPGMAKER, Flash, dll.

  23. saya mendukung orang2 yang BERNIAT, BERPIKIR, dan BERTINDAK POSITIF :x

    maju terus game maker indonesia !!! :)>-

    (semoga bisa bikin game kaya Silkroad Online, bahkan lebih dan lebih lagi) ;)

  24. #29: ck ck ck… pak david, gak ada yang menggosip atau menghina gara2 anda membuat game. silakan baca posting saya yang lainnya dengan seksama.

  25. Kalau kita sudah punya ide dan desain gambar.
    Aplikasi apa yang kita butuhkan agar game itu bisa terbentuk?

    tolong saya ya, mas2 master

  26. [quote]kira-kira pak david brp tahun?[/quote]
    Umurnya?:)31 tahun dan ganteng :d:d:d ha…ha…ha…
    Saya dari 1992 sudah buat game salah satunya yang masih ada SIEGE ARM 1992. Tetapi game tsb tidak diakui sebagai Game Pertama Indonesia. Justru yang dibuat sekitar pertengahan 2002 yang dipilih.

    [quote]Kalau kita sudah punya ide dan desain gambar.
    Aplikasi apa yang kita butuhkan agar game itu bisa terbentuk?[/quote]

    Bisa FLASH, RPGMAKER, GAMEMAKER, dll. POWERPOINT juga bisa sebenernya (game simpweeelll banget). (ditulis oleh bukan master)
    :)

  27. Allow cmuanya. Sorry, aq baru gabung :). Aq juga lagi buat game nich. Kayak Pak David, aq juga pake RPG Maker. Tapi RPG Maker XP (agak bagus kali) :”> . Untuk sekarang ini belum jadi sich. Mungkin bentar lagi abis ujian akan aq upload dan aq publikasiin dech. Rencananya sich (kalo bisa) mau aq jadiin Tugas Akhir (TA). Oh ya, untuk Pak David makasih yach. Karena nama Anda sampai masuk MURI, makanya aq juga jadi terdorong untuk membuat game buatan aq sendiri :) .Bravo game Indonesia.

  28. urun nimbrung nich
    sekedar menetralisir aja
    GAME !!! masalah udah ada yang di tasbihkan menjadi orang pertama sebagai pembuat game indonesia, khan ga masalah, meskipun begitu toh yang pasti yang udah di tasbihkan bukan orang yang ga bisa buat game khan, dan yang pasti sesama programer khan kita kudu & pasti sportif mengakui diatas langit masih ada langit, jadi saya rasa mas DS juga berpegangan prinsip tsb. jadi bagi kita semua yang mungkin merasa sebagai orang pertama yang asli (who’s now ??) arus fair dan berbesar hati, dan yang pasti, mari bersama untuk terus berkarya khususnya dalam kancah per-GAME-an indonesia ini.
    PS : untuk mas David Setiabudi Salut:)>- karena telah berhasil sedikit mendobrak gerbang GAME indonesia agar dikenal. apa lagi sampai ada official websitenya and juga sampai di publikasikan di majalah2 GAME indo…
    bravo !!!

    cuman sedikit kritik nich web http://www.davidsetiabudi.com yang disebut sebagai server2 macet mas
    ok thanks

  29. Sekarang stasiun TV juga mulai meliput Game Indonesia. Seperti Indosiar, SCTV,TPI,Transtv,Trans7,dll Cyber Knight dan Master Design. Dulu game luar negeri melulu yang dipublikasi. INDOSIAR satsiun TV yang meliput game Indosiar pertama kalinya bulan Desember 2006.
    Apakah sebelumnya pernah ada? Atau cuma saya yang berpikir ini terobosan baru bahwa stasiun TV pertama kali minat soal game lokal?

    Soal game, saya pernah buat tahun 1992. Silahkan lihat di http://www.divinekids.com. BISA DIDOWNLOAD & DIMAENKAN. Game SIEGE ARM tsb tidak diakui sebagai game pertama Ind. Judulnya mirip dengan game populer saat itu, gak tersebar luas (cuma di SMA di orang2 tertentu yang ngopy), bahasa Inggris, gak ada copyright, dll.

  30. wah q jg bikin game gw program pake visual C++ entar gw upload dech,soalnya kata temen2 game q bagus!!!hehehehehe:d:d:d:d.susah jg butuh waktu sampai 3 tahun untuk selesaikan engine gamenya!!8-|8-|

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *