6 February 2005

Susahnya Mencari Kontak Media Massa di Indonesia

Posted under: at 23:56

Ternyata situs web bagi sebagian besar media massa di Indonesia masih dianggap sebagai hal sampingan. Itu kesimpulan yang saya ambil setelah mencoba mencari kontak untuk beberapa media massa di Indonesia. Sebelum ini saya hanya mengakses situs-situs berita terkemuka saja, misalnya detik.com atau Kompas. Beberapa situs web media massa bahkan tidak layak untuk dianggap sebagai profil perusahaan.

Informasi yang saya butuhkan tidak banyak, mungkin cuma alamat, email, nomor telepon dan fax. Beberapa situs web media massa yang saya kunjungi tidak menyediakan informasi tersebut. Jikapun menyediakan, informasi yang disediakan tidaklah lengkap. Untuk email address terkadang yang diberikan cuma alamat email umum, seperti webmaster@, atau contact@.

Situs web media massa yang menyediakan informasi berita terkadang tidak dikelola dengan baik, misalnya berita yang tersedia adalah berita yang basi, atau informasi yang tidak akurat (1 USD = 8500 IDR?). Bagi yang dikelola secara profesional pun, saya belum melihat adanya situs berita yang memikirkan kenyamanan pembacanya.

Dalam hal ini, blog jauh meninggalkan media massa konvensional. Biasanya pemilik blog mencantumkan alamat email atau identitas IM di blognya. Jika tidak ada, paling sial pengunjung bisa mengirimkan komentar :). Sebagian besar blog nyaman dibaca oleh pengunjung, tidak seperti misalnya detik.com yang layarnya dipenuhi oleh iklan yang berkelap-kelip.

Sebenarnya saya sudah bosan membanding-bandingkan blog dengan media massa konvensional pasca pernyataan RS. Tetapi saya melihat bagi sebagian besar media massa, memiliki situs web hanyalah mengikuti tren semata. Biar tidak dikelola dengan baik, yang penting punya alamat web dan email.

PS. Jika ada waktu, bantu saya melengkapi daftar kontak media massa Indonesia :)

19 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!