10 February 2005

Indosat Blackberry, Perlukah?

Posted under: at 17:21

Pada tagihan GPRS Matrix bulan ini, seperti biasa saya mendapat brosur mengenai layanan dari Indosat. Pada bulan ini, produk baru yang mereka coba tawarkan adalah Indosat Blackberry.

Dikutip dari brosur tersebut:

Blackberry merupakan solusi mobile office yang lengkap dan terintegrasi serta aman dengan menggunakan teknologi enkripsi triple DES: email, telepon, SMS, browser, organizer, dll.

Selanjutnya disebutkan pula perihal mengenai tahapan pemberian layanan ini:

Peluncuran layanan Matrix Blackberry dilakukan secara bertahap, yaitu: tahap I pada tanggal 15 Desember 2004 khusus bagi pelanggan korporasi yang berada di area Jabotabek. Selanjutnya tahap II pada kuartal 1, 2005 Indosat berencana untuk meluncurkan layanan ini ke pelanggan individual dan perluasan penawaran pelayanan bagi regional lainnya yang telah memiliki cakupan GPRS.

Saat ini cuma tersedia layanan untuk pelanggan korporat minimal 20 orang per korporat dengan sistem kontrak 24 bulan. Indosat memberikan layanan dengan handset atau tanpa handset. Jenis handset yang ditawarkan saat ini adalah Blackberry 7730. Sedangkan nantinya, Indosat juga akan menawarkan tipe 7290 dan 7100.

Namun apakah layanan ini lebih baik dibandingkan dengan penggunaan layanan GPRS standar dan smartphone non Blackberry?

Spesifikasi handset Blackberry menurut saya berada di bawah kemampuan rata-rata smartphone atau PDA phone yang beredar di pasaran saat ini. Saya tidak melihat adanya kemampuan handset atau layanan Blackberry yang tidak diberikan oleh smartphone lainnya. Terlebih lagi, layanan Blackberry ini menurut saya adalah layanan proprietary yang tidak dapat berfungsi tanpa handset Blackberry itu sendiri.

Satu-satunya layanan yang dapat menjadi penarik bagi pelanggan korporat adalah integrasi dengan groupware seperti Microsoft Exchange, Lotus Domino atau Novell Groupwise. Sepertinya pengiriman email sepertinya dilakukan dengan metoda push, tidak seperti peralatan lain yang menggunakan metoda pull. Tetapi ini menurut saya adalah masalah minor.

Faktor penting lainnya yang tidak saya ketahui adalah faktor harga. Jika harga layanan dan handset Blackberry jauh lebih murah dibandingkan dengan layanan standar GPRS menggunakan smartphone, maka ada kemungkinan Blackberry akan mendapat tempat baik di pelanggan korporat maupun pelanggan individu.

Saya sendiri lebih tertarik terhadap layanan GPRS standar yang menurut saya sudah cukup. Untuk handset, saya lebih tertarik kepada PalmOne Treo 650 atau SonyEricsson P910i. Tetapi untuk sementara SonyEricsson P900 saya saat ini sudah lebih dari cukup.

23 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!