19 April 2005

Roy Suryo Watch Watch: Blog Pro Roy Suryo Yang Diselimuti Semangat Anti ITB?

Posted under: at 16:06

Pada hari ini sebuah blog pendukung Roy Suryo muncul ke permukaan, namanya adalah RoySuryoWatch-Watch. Artikel pertamanya mengkritik tulisan Jay tentang netiket. Menurut saya artikel RSWW ini tidak bermutu dan sangat mudah disanggah (but that is left as an exercise to the reader).

Yang menarik adalah halaman tentang RSWW yang menurut saya mencoba mengalihkan perhatian dari inti kritik pernyataan-pernyataan Roy Suryo ke fanatisme sempit antar dua buah Universitas terkemuka di Indonesia.

Apakah ini sebuah wujud kecemburuan akademis, dimana mereka tidak mau menerima fakta bahwa seorang Roy Suryo yang berasal dari sebuah fakultas non-tehnik di Universitas Gajah Mada, sebuah universitas yang relatif lebih “merakyat”, bisa menjadi pemerhati masalah IT yang pendapatnya diakui & dimuat secara luas di media massa? hanya mereka dan Tuhan yang tahu.

Fenomena semacam roysuryowatch.org ini, apabila berlanjut terus tanpa kontrol, sangat menghawatirkan karena dapat menurunkan semangat generasi muda Indonesia di luar golongan elit yang terkait dengan mafia gajah duduk untuk berkecimpung di dunia IT, yang pada gilirannya akan menyebabkan timbulnya ketimpangan dalam perkembangan dunia IT indonesia pada khususnya, pendidikan nasional pada umumnya.

Menurut saya pernyataan Roy Suryo salah karena memang kenyataannya salah dan bisa dibuktikan kesalahannya secara ilmiah. Bukan karena dia berasal dari UGM dan bukan dari ITB. Saya pun banyak melihat banyak civitas akademika dari UGM yang tidak setuju dengan pernyataan-pernyataan Roy Suryo, dan bahkan beberapa di antaranya berpendapat bahwa Roy Suryo adalah sebuah aib bagi UGM. Beberapa pengikut dari aksi Valentine for Roy Suryo saya lihat juga berasal dari UGM.

Fenomena anti Roy Suryo di dunia Internet bukanlah akibat dari ‘pertikaian’ dari dua Universitas terkemuka di Indonesia, tetapi hanyalah akibat dari pernyataan Roy Suryo semata.

Sebagai tambahan, pembuat blog ini sepertinya ‘lupa’ untuk menuliskan identitasnya :). Blog ini juga menggunakan layanan Blogger yang merupakan layanan blog ‘gratisan’ :). Tak lupa alamat kontaknya adalah alamat Gmail yang merupakan layanan email gratisan. Roy Suryo pasti akan sangat bangga dengan situs ini.

58 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!