20 April 2005

Digger

Posted under: at 02:14

Digger

Digger adalah sebuah game komputer buatan Windmill Software yang populer di pertengahan tahun 80-an. Di Indonesia, pada sekitar tahun 1987 game ini termasuk yang paling populer dan banyak kompetisi game ini di berbagai tempat. Saya masih ingat persis kompetisi Digger di Gramedia Merdeka Bandung :).

Pada waktu itu saya membenci game ini. Bukan karena kualitas gamenya, tapi karena Ibu saya (ya, anda tidak salah baca, Ibu saya) adalah maniak Digger yang bisa duduk sampai 5-10 jam seharinya di depan komputer untuk main Digger sehingga mengurangi jatah waktu saya untuk memakai komputer :). Waktu itu Ibu saya bisa mencapai skor lebih dari 140000, sedangkan saya sendiri cuma sekitar 40000-50000 :).

Game ini bertemakan tentang sebuah penggali (Digger) yang bertugas untuk membersihkan seluruh emerald pada lahan permainan untuk dapat naik ke level berikutnya. Tapi dalam melaksanakan tugasnya, Digger diganggu oleh musuhnya yaitu Nobbin yang hanya dapat bergerak pada tempat yang sudah tergali, dan Hobbin yang bisa ikut menggali seperti Digger. Nobbin bisa ‘diupgrade’ menjadi Hobbin jika mereka bersinggungan satu sama lainnya. Selain itu terdapat pula ‘Gold’ untuk tambahan nilai dan ‘Bonus’ untuk membuat Digger menjadi sakti dan berbalik mengejar Hobbin dan Nobbin untuk beberapa saat.

Sewaktu pertama kali memainkan game ini, spesifikasi komputer saya cuma PC/XT berprosesor Intel 8088 4.77MHz dengan memori maksimum, yaitu 640 KB (640KB should be enough for everyone™ ). Sistem operasi yang digunakan adalah MS-DOS 3.2. Masih beruntung, kartu grafis yang saya gunakan adalah CGA sehingga saya bisa menikmati game ini pada layar berwarna (4 warna).

Karena tidak mengontrol clock, versi orisinil game ini praktis tidak dapat dijalankan pada komputer dengan kecepatan jauh lebih tinggi. Jika dicoba dijalankan pada misalnya komputer berprosesor Pentium, maka game akan langsung berakhir kurang dari 1 detik setelah dimulai :). Untuk menjalankan versi orisinil game ini pada komputer modern dibutuhkan utilitas untuk memperlambat kecepatan komputer.

Pada tahun 1988, Andrew Jenner melakukan remastering game ini. Hasilnya kini Digger dapat dinikmati pada berbagai macam platform dan sistem operasi modern. Digger versi baru ini adalah game OpenSource yang berlisensi GPL. Pada Gentoo Linux, Digger dapat diinstall dengan menggunakan perintah emerge digger.

Andrew Jenner tak lupa melengkapi “Digger Remastered” dengan fasilitas perekaman. Pemain Digger kini dapat merekam permainannya, menyimpannya ke sebuah file, dan memainkannya kembali. Pada Digger.org, Andrew Jenner membuat halaman Hall of Fame yang berisi top scorer seluruh dunia beserta rekaman permainannya. Selain itu terdapat juga rekaman atraksi-atraksi pemain Digger dari seluruh dunia seperti menyelesaikan level pertama tanpa mendapatkan nilai sama sekali atau membersihkan seluruh tanah pada arena permainan. Atraksi-atraksi ini sangat menarik bagi anda yang pernah bermain Digger pada masanya :).

Anak-anak muda jaman sekarang –yang dimanjakan dengan komputer berprosesor dalam satuan GHz, memori cache dalam satuan MB, layar 24 bit beresolusi tinggi, kartu grafis 3D dengan puluhan MB memori, memori utama dalam satuan ratusan MB, dsb– harus mencoba bagaimana rasanya main game yang dulu bisa berjalan pada komputer yang spesifikasinya jauh di bawah telepon selular kelas menengah pada masa ini :D.

33 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!