9 May 2005

WordStar Dipakai Pada Daftar Cekal Imigrasi?

Posted under: at 23:38

WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata yang populer pada tahun 80-an. Wordstar tersedia untuk sistem operasi DOS, walaupun versi-versi terakhirnya juga tersedia untuk sistem operasi Windows. Saya sendiri sudah tidak ingat kebanyakan tombol kombinasi WordStar, kecuali mungkin Ctrl-KB dan Ctrl-KK untuk mengawali dan mengakhiri blok :). Bagi anda yang ingin merasakan pengolah kata pada tahun 1980-an, anda dapat menggunakan Joe. Joe adalah sebuah editor teks untuk UNIX yang memiliki antarmuka yang mirip dengan Wordstar.

OK, intinya adalah Wordstar adalah sebuah pengolah kata yang populer pada dasawarsa 80-an :). Tapi ternyata imigrasi Indonesia masih menggunakan WordStar, bukan untuk membuat dan membaca dokumen, tetapi sebagai basis data daftar cekal imigrasi Indonesia! Kenyataan ini diketahui setelah SBY melakukan sidak ke bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Wajarlah jika pihak imigrasi kesulitan untuk menggunakan aplikasi tersebut, karena:

  • Aplikasi ini tidak didesain sebagai aplikasi basis data, melainkan sebagai aplikasi pengolah kata
  • Aplikasi ini sudah jarang dipakai, sehingga interoperabilitas dengan perangkat lunak lainnya sangat kurang.
  • Sedangkan lambatnya aplikasi tersebut kemungkinan bukan karena Wordstarnya, tetapi jumlah data tidak sebanding dengan kemampuan komputer untuk memrosesnya.

Kolumnis WSJ, Jeremy Wagstaff, bahkan juga menyempatkan diri untuk membuat anekdot tentang bagaimana usaha petugas imigrasi Indonesia dalam mencegah terorisme pada blognya :).

47 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!