13 May 2005

Wireless Village: Instant Messaging Untuk Telepon Selular

Posted under: at 00:43

Pada akhir 90-an, ICQ membuat layanan instant messaging untuk pertama kalinya. Langkah ini kemudian diikuti oleh pemain besar seperti Yahoo! dengan layanan Yahoo! Messenger, Microsoft dengan layanan MSN Messenger dan America Online dengan layanan AOL Instant Messenger. Selanjutnya adalah sejarah, instant messaging menjadi bagian dari penggunaan Internet sehari-hari.

Pada awal tahun 2000-an, Motorola, Ericsson dan Nokia berkolaborasi untuk mendefinisikan yang dinamakan “Wireless Village”. Wireless Village adalah spesifikasi dari layanan Instant Messaging and Presence Service (IMPS) yang terdiri dari fitur-fitur:

  1. Presence
  2. Instant messaging
  3. Group
  4. Shared content

Singkatnya, ini adalah layanan seperti Yahoo! Messenger yang diimplementasikan pada telepon selular dan jaringannya.

Contoh kasus: Ana ingin menghubungi Ani. Ana kemudian membuka daftar kontak di telepon selularnya dan melihat status dari Ani. Ternyata status Ani adalah “Sedang rapat”, maka Ana membatalkan niatnya untuk menghubungi Ani karena takut mengganggu aktivitas dari Ani.

Itu adalah salah satu contoh kasus yang mungkin terjadi dengan memanfaatkan teknologi instant messaging pada telepon selular.

Sebagian telepon selular keluaran tahun lalu sudah mendukung fitur ini. Saya masih ingat pesawat SonyEricsson T630 yang sudah saya jual akhir tahun lalu mendukung fitur ini pada menu “My Friends”. Walaupun demikian saya tak dapat memanfaatkannya karena belum ada operator di Indonesia yang menyediakan layanan IMPS sampai saat ini. Bagaimana dengan operator di luar Indonesia?

Bagi anda yang ingin mencicipi layanan ini dapat menggunakan layanan dari Yamigo. Yamigo menyediakan layanan IMPS dengan gratis yang dapat digunakan oleh pengguna telepon selular yang memiliki fitur GPRS. Layanan IMPS dari Yamigo adalah gratis, tetapi tentunya ini tidak termasuk ongkos koneksi GPRS yang harus dibayarkan pelanggan ke operator.

Sebagai alternatif dari Yamigo, anda juga dapat menggunakan layanan IMPS pada colibria.com. Saya tidak tahu banyak tentang layanan yang ini karena situs webnya tidak begitu informatif.

Yamigo menyediakan daftar handset yang mendukung IMPS. Sayangnya SonyEricsson P900 saya tidak mendukung IMPS. Walaupun demikian, ada beberapa aplikasi yang mendukung IMPS, di antaranya adalah aplikasi IMPS dari Scicom. Agile Messenger versi 3 kabarnya juga mendukung IMPS.

25 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!