19 May 2005

“Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith”

Posted under: at 23:37

Anakin

Sore tadi saya baru saja menonton Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith di Citos. Menurut saya Star Wars kali ini lebih baik ketimbang dua episode sebelumnya dan bahkan dapat disetarakan dengan episode-episode selanjutnya.

Film ini bercerita tentang awal dari pembentukan Galactic Empire, yaitu pada saat Senator Palpatine diangkat menjadi Kaisar, Anakin SkyWalker beralih ke ‘dark side’ menjadi Darth Vader, dan sebagainya. Anda yang sudah menonton Episode II dan IV tentunya sudah bisa menebak cerita dari film ini.

Pada dua episode sebelumnya, George Lucas lebih berkonsentrasi kepada plot dan character development yang dilakukan secara mendetail dan perlahan-lahan. Sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan kualitas akting yang memadai dari para pemeran.

Sedangkan pada Episode III, plot bergerak sangat cepat sekali dan terkadang terlalu cepat menurut pendapat saya. Dalam hal ini saya merasa detail cerita tidak mendapatkan porsi yang sewajarnya. Sebagai contoh, karakter Bail Organa menjadi salah satu tokoh sentral di akhir film, tetapi tidak cukup dijelaskan siapa itu Bail Organa dan mengapa dia orang yang penting. Tentunya hal-hal ini akan sedikit membingungkan penonton yang bukan penggemar Star Wars.

Penampakan dari tokoh Chewbacca juga hanya sekilas saja, padahal karakter ini adalah karakter penting pada episode sesudahnya. Selain itu juga tidak diceritakan mengenai Yoda yang mengasingkan dirinya di planet Dagobah, sedangkan hal ini adalah salah satu inti dari Episode V.

Film ini berdurasi hanya dua jam lebih sedikit, tetapi akibat penceritaan yang cepat, saya merasa film ini lebih lama daripada itu. Berbeda dengan Episode I dan II, Episode III lebih berkonsetrasi kepada aksi dan efek-efek khusus. Keduanya dilakukan secara baik sekali. Mungkin George Lucas menyadari bahwa sebagian besar penonton sudah mengetahui jalan cerita film ini sebelumnya sehingga lebih memilih untuk memoles aksi dan efek-efek khusus.

Film ini menurut saya pantas untuk ditonton baik oleh penonton film biasa maupun para penggemar Star Wars yang sudah lama memimpikan film Star Wars yang berkualitas lebih baik.

Ps. di film ini nyaris tidak ada penampakan Jar jar Binks \:d/ <:-p

42 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!