Telkom Flexi Netter

Telkom Flexi Netter

Kemarin saya baru mendapatkan nomor TelkomFlexi Netter. Flexi Netter adalah layanan telepon selular CDMA dari Telkom yang dilengkapi dengan fasilitas akses Internet *flat*. Harga abonemen per bulannya adalah Rp 200 ribu belum termasuk PPN.

Layanan ini adalah layanan promosi, kabarnya hanya berlaku sampai bulan Juli. Setelah itu tidak ada aplikasi baru, tapi yang sudah mendaftar masih bisa memanfaatkan layanan ini. Layanan ini juga tidak tersedia di seluruh kota. Walaupun bersifat promosi, namun saya tidak dapat menemukan promosi apapun dari Telkom mengenai layanan TelkomFlexi Netter. Informasi mengenai layanan ini justru saya dapatkan dari [ForumPonsel](http://www.forumponsel.com).

Untuk mendaftar saya datang ke Telkom cabang Depok dan mengisi form aplikasi. Setelah itu Telkom akan melakukan survey selama satu minggu. Setelah aplikasi saya diterima, saya kembali lagi ke Telkom dan menyerahkan fotokopi KTP dan bukti pembayaran listrik rumah. Yang terakhir ini adalah bukti menempati rumah, dan bisa apa saja selain bukti pembayaran listrik, misalnya PDAM atau pembayaran telepon *fixed*.

Sayangnya saya belum sempat menggunakan layanan ini karena salah membeli *handset*. *Handset* yang saya beli adalah Modottel WTE-320. Kabel data *handset* ini amat sangat sulit untuk ditemukan :(. Selain itu sepertinya juga belum ada *driver*nya untuk sistem operasi Linux :(. Mungkin saya akan ganti ke merk lain seperti Nokia. Ada yang bisa beri rekomendasi?

74 comments

  1. Errmm…telkomnet@flexi di Surabaya sini sering putus2 /:) Makanya lebih banyak yg pake StarOne :)
    N3105 dah lumayan buat dipake nge-net.

  2. wte320 susah cari kabel datanya?
    wah… tadinya mau ganti ke hape itu…
    gak jadi ah….

    om, kalo udah nyobain… kasih opini ye…
    mau nyoba juga ah, tapi tunggu inpo dulu…

    abis, telkom crut sih…

  3. #1, di tempat gw justru yg sering putus itu star1, nyambungnya juga lbh susah ketimbang flexi. oh ya, gw pake n 3105 juga :)

  4. hmmm.. lebih cepat pakai FREN terus konek ke VPN Jala/CBN/Centrin/RAD

    itu bisa sampai kecepatan 17KBps untuk UP ma Down streamnya.

    cuman bayarnya agak mahal, Rp.160,- per menit W/O PPN

    ohya, kalau mau stabil koneksinya pakai modem yang versi PCMCIA.
    PCMCIA CDMA Modem yang saya pakai, merek Skycom! lbh bagus dr Growell.

  5. flexi sama starone bagusan mana?

    btw pri, di daerah depok situ kan ada isp wireless tarifnya 250rb/bulan/flat.

  6. StarOne kalo lagi rese’, bener-bener rese’, tiap menit mati :((
    Tapi kalo lagi bagus, bisa seminggu ngga putus :D

  7. #12: rumah lo depok sebelah mana seh? big.net masih nyampe di daerah margonda.

    Temen gw make flexi dan katanya speednya cuma 2.7 KBps? masih mending GPRS donks??

  8. Wah gak STARONE,gak Flexi juga MATRIX sama-sama payah,udah gw coba semua gak ada yang cepet,waktu pertama2 starone bisa 7-12 kbps,tapi sekarang cuman 1-3 kbps

  9. hmm, btw gw pake flexitrendy, pesawatnya N 2112 di semarang wadohhhh lelet banget…. car cek speednya dari mana seh???

  10. Saya juga pakai flexi netter yang setiap 3 menit putus itu…… pikirnya telkom ini serius atawa becanda…. setiap 3 menit putus itu sudah berjalan selama sebulan sejak kakak saya coba di daerah menteng, saya cobanya di daerah cempaka putih…ternyata flexi netter memang jagonya putus. Starone sering tergantung dengan jarak antara tempat pakai dan relay stationnya. Saya denger2 Matrix 1 GPRS lebih OK…. beli card MAtrix 1 yang tanpa abodemen terus beli paket C untuk netting dengan harga 200 ribu/bulan , unlimited.

    Jadi jangan buru2 beli phone CDMA, check dulu performancenya Matrix 1 itu. Yang jelas Flexi Netter itu paling dodol, Star1 mendingan cuman tergantung tempat.

    GPRS kan sudah tersedia dikebanyakan Hp GSM. Ngak perlu beli kabel data lagi. Cukup pakai bluetoothnya untuk komunikasi dengan PC.

    Telkom Tbk yang udah listed di BEJ and New York…. pelayanannya seperti perusahaan pemerintah yang pada umumnya…. dengan semangat EGP.

    Eddy

  11. INI PRIYADI YANG DARI SMU 3 BANDUNG KHAN? YANG MASUK IF-ITB (kalo nggak salah)? :-?

    Btw, Pake Matrix udah rada bagusan kayaknya. Saya pake beberapa jam, download sampai puluhan MB pake FlashGet, nggak ada masalah. Apalagi kalo browsing pake firefox. Nggak kalah ama centrin (yang suka putus mulu).

    Oke deh, met sukses deh Pri. melawan para spammer. Menggugat para pakar “aspal” he he he. Hi Roy :)

  12. Butuh kabel data modottel ? Gw kebetulan jual.. bisa untuk wte320 & 300… lengkapnya email aja ke blueballzz[at]gmail dot com… thx

  13. bagusan matrix, gw udah pake 2 tahun terus maju tak gentar.. matrix itu cuma lelet kl pas malam minggu ato ada hari libur, sisanya maju terus. ya transfer ratenya 3-5 kbps. oh iya kl boleh gw saranin gak ada gunanya pake kabel data kalo pake matrix, soalnya sama aja kecepatannya dengan yang pake bluetooth, malah kadang2 putus….kalo mau pake starone, pakenya di tempat yang kira2 banyak pelanggan indosatnya, contoh lippo karawaci n cikarang, jakpus yang bener2 jakpus

  14. Mas Pri,
    sebelum saya bener-2 hengkang dari Modottel WTE-320, saya mau make sure dulu nih. Apa bener sih menu ‘browsing’ di handset itu tidak aktif? demikian juga BREW nya? kalau aktif (karena menu nya khan sebenernya ada, tapi di manual gak ada). bisa kasi tau cara aktifasi nya?
    kalau bener-2 gak bisa ya apa boleh baut, saya terpaksa hijrah ke Nokia. Yang saya suka dari modottel adalah karena resolusi scren nnya yang ‘tiada duanya’:)….aku tunggu dong bantuannya…
    thanks temans. bisa ke japri lah ya…

  15. #35: seinget saya, saya pernah mencoba browsing dan berhasil, tapi web browsernya gak gitu bagus. kalau BREW gak pernah coba. kalo dibandingin nokia kayanya sih jauh lebih bagus nokia, saya gak suka interface dari modottel ini.

  16. mas aku make wte300 modottel bisa kok make linux aku coba make mandrake 10,fc2,knoppix36 make kpppnya kabele data make yg bukan original dan ga ngecharge cipsete prolific kalo ga salah dah ada drivere bawaan linux yg pl 0203 itu , aku make flexi kalo malam lancar tp kl siang kadang putus2 aku daerah bintaro.

  17. Hi, smuanya pa kabar?
    GW mau tanya nich, ada gak produk pcmcia cdma yang bisa di jadikan faximille untuk terima dan kirim (boleh juga di bantu ama winfax tau software sejenisnya)
    Thank q
    regards

  18. Is anyone kind enough to give me ways to connect the internet/email using flexy, Nokia 6235 CDMA and Toshiba Pocket PC e310 (using infrared)?

  19. boleh nimbrung yah …
    saya pake flexi juga dng pesawat n6015, saya hanya kepingin ngasih report aja bahwa selama ini saya tidak ada keluhan apa2 dan dari semua kegagalan yang ditulis diatas dng menggunakan flexi sudah pernah saya bahas dengan beberapa milis, yaitu disebabkan oleh kurangnya signal menyangkut coverage area pada daerah kalian semua. justru saya, karena seringnya mendownload (p2p) yang sering rusak dan minta ganti terus malah “cooling fan” saya ….

    well, itu tadi cuma sekedar berbagi pengalaman saya saja, yang saya sampai sekarang belum dapatkan infonya juga adalah “sampai kapan promo flexi ini berlangsung ?? (menyangkut flat tarif Rp.199.000,- per bulan)”, karena kebetulan saya juga pengguna starone yang pada bulan juli lalu sudah saya hentikan sehubungan dengan pemberitahuan dari mereka mengenai habisnya masa promo.
    yang saya takutkan adalah pemberhentian masa promo sepihak dari telkom yang bisa menyebabkan pelanggan merasa terjebak dalam suatu situasi harus membayar lebih dari pada flat tarif yang sedang di promosikan selama ini.
    karena telkom flexi yang saya hubungi (baik hotline, flexi center, maupun 147) tidak ada yang dapat menangkap apa yang saya tanyakan, bahkan mereka tidak tahu-menahu mengenai FDN/netters/promo flat tarif itu sendiri.
    mohon bantuannya, trim’s

  20. uhmmm….gue lagi butuh saran nih :(

    Gue lagi nyari isp yg bagus di daerah cimanggis-depok, kira-kira apa yah? ada yg tau ngga?

    Abis gue kesel pake matrix suka lemot, walaupun kadang-kadang kenceng juga..Flexi lagi dodolnya minta ampun, sinyal aja suka ngga dapet! 8-|

    Gue denger dari temen sih Big.net bagus untuk di daerah depok..ada yang pernah tau?

    Give me some information please…

    Help me!!!! :d hehehehe

    Thanks Yall ;)

  21. **== Hiiiiiiiiiiiiiiiiii semua?????? sory nehhhhhhh saya kan pengguna flexi,saya pakai kartu prabayar di jakarta,klu saya mau plg ke cepu(JATENG)yang pasti flexi saya kan gak bs tuhhhhh,ada nyang bs kasih petunjuk gak semuaaaaaaaaaa?thk’s ya semua????????????????

  22. :)hiiiiiiiiiiiii semua…..gw gatel jadi pgen nimbrung disini.*-:) gw pengguna flexi dah kira2 6 bulan en gw ngerasa gw betah ma dia,dia ngerti yang gw mau soalnya untuk ukuran gw yang tiap ari rindu ma pcar gw,gw ngerasa asik aja gak byk mkan pulsa,alhasil biar tiap ari gw telpon-telponan ma pcar gw,kantoong gw gak buntung..he..he..he…Klo msalah2 yg dah gw baca dari temen2 yg dah nulis diatas kyknya gak pernah gw alamin tuh flexi gw gak pernah ada gangguan,so………gw msih tetep cinta aja ma’ flexi gw=;

  23. matur nuwun……..b-)saya mo tanya apa ada yng mo ngasi jawaban gak ya?sekarang harga pasaran nokia 2280 brapa yahhh?bingung neh klo terlalu murah ya gak saya jual…<:-p

  24. hi semua… haloo om priyadi. saya di bandung pake internet flexi pra-baya dengan headset 6015 and kabeldata dku-dku an yg cuman 80rebuan hehe koneksi bagus koq… download max ampe 5.7an kbyte ps byte bukan bit. Saya biasa pake buat chatting doang biasanya. tapi dari tgl 18 oktober ada yang aneh:
    SAYA CEK PULSA TERNYATA NGGAK NGURANGIN… pertama saya nggak percaya tapi saya coba browsing terus CEK LAGI TERNYATA nggak NGURANG_NGURANG juga.. ALHASIL
    SAYA AMPE DETIKINI uudah ngabisin sekitar 350MB tanpa KURANG pulsa SEDIKITPUN….
    NGGAK SELAMANYA ERROR BIKIN KESEL :p HIDUP Flexi!!!

  25. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ada ngga driver modem flexi home buat linux mandrake 10?
    Terimakasih atas bantuannya
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  26. #46 Ati-ati, pernah ada kasus gitu trus tiba2 *jder* minus satu juta! Akhirnya dibuang deh nomernya :D
    Kalo udah didata kyk ketentuan sekarang bisa diusut tuh ;)

  27. Salam cyber dulu dah.
    gw bener-bener pemain baru ngenet pake modem n6585. ada ‘gak yah yang mau tolongin gw?…masalahnya setiap kali gw coba melakukan setup driver dku-5 selalu muncul pesan “the installshield engine (ikernel.exe) could not be installed. The system cannot find the file specified” abis itu yanh gak bisa ngapa2in.
    pliss deh gw orang balikpapan yang lagi klimpungan.
    salam lagi n trim’s
    regis.

  28. Salam.
    Saya dah lama pake Matrix, kayanya sih asik2 saja, palagi pake paket unlimited 200rb. Speed ok aja, koneksi lumayan,kalo lagi eror bisa change ke im3. Tapi start jan`06 200rb limited 50mb,7hari quota abis. Ada saran untuk yang lebih murah? cari flexi yang unlimited susah banget. Tinggal di bogor. Salam netter….

  29. hallooooooo
    para flexi netter pada klenger!
    masak gw baru lemparin soal ikernel aja belom ada yang nyaut….gimana tuh?
    cepetan kebutru tenggelam kapal gw.

  30. Nimbrung lagi, stlh tenggelem…he..he..he.
    gw sukses online ngenet pake n6585 + flexi setelah ganti dku-5 non ori dengan infra red IRDAyang dibeli dari http://www.indogrosiran.com/produk/bluetoothinfrared.html, yah itu juga harus berjuang selama 2 jam baru bisa nyambung dan langsung online….tapi gw kaget setengah mabok begitu lihat pulsa gw kesedot 12rb dalam waktu 1 jam….buat temen flexi mania apa ada solusi terbaik buat ngenet murah meriah…bantuannya pasti diberi oleh-oleh dari balikpapan..he..he..he

    salam sukses deh.
    —————————————————————————————————-
    Invest e-gold aman dan terus membayar 5% perhari dengan pengalaman 12 tahun sebagi pengolah investasi, percayakan pada dua bersaudara CROFT bersaudara http://www.*********.com/?ref=********

  31. Assalamu’alaikum,
    Ikutan Nimbrung
    Saya tinggal di komplek pertanian Citayam, depok lagi cari ISP wireless dengan tarif Flat yang murah, ada yang bisa bantu gak ?
    Trim’s
    Wassalam

  32. :”> klo saya sih ngenet gratis terus :x karna saya punya net. tp klo sekarang mo ngenet gratis pergi aja ke kafe2 yg ada hotspotnya kan enak tuh modah 5 000 buat beli copy ngenet sepuasnya :)

  33. saya ingin mencari hp cdma nokia yang pasarannya dbwh rp.1 jt-an tapi yang berfitur kamera, radio,dan video klo bisa.:d tolong bantuannya mencarikan pasarannya. bila ada informasi. hubungi. email saya. (chily_y2000@yahoo.com)
    :-c
    trmksh atas prtsipasinya. :-“

  34. gw di malang (0341)
    lho saya make NOKIA-8585 via FLEXI dgn DKU-5 Ori. bisa tuh gak pernah masaalah
    kapan pun saya mo konek….. kecepatannya juga ampe 95 Kb lebih…, beda jauh kalo make telkomnet instan, lebih cepat browsing nya make Flexi…
    trus masalaahnya dimana….?

  35. Ohya, udah ngarasain Flexi Combo, yang bisa dibawa ke luarkota dengan satu no asal?…..
    wah rugi bo, kalo gak make ini pas kita mo keluar kota…..
    taripnya murah……
    malah kalo mo disiasati lagi, kita bisa bikin virtual no lawan, misalnya kita punya anak kuliah di bandung (022) trus kita aktipin no bandung sementara kita ada di Jkt (021) trus kasih tuh no virtual ke anak di bandung….he…he….si anak bisa berlokal ria ama bokap di jakarta….., cuman si bokap kena charge lima ratus repes permenit, bandingin coba kalo sianak interlokal dari bdg ke bokapnya di jkt, satu menit bisa seribu repes…..sssttttttttt….. tapi ini jangan bialang sapa** yah….

  36. enakan pake esia!
    Saya sudah coba flexi, fren, dan esia. ternyata si esia walaupun u/ ngomong suka putus2 tp u/ ngenet paling kenceng & stabil. Saya pake nokia 6265, koneksi bluetooth.

  37. emang esia dengan wifone nya itu cepet gak sih ??
    telponnya kl gak salah kemarin lihat di kompas ditawarn sekitar 499rb ya ??

  38. hwahahaha. ak denger seh Modottel wte320 mang bagus banget. katana speedna ampe 1Mbps (download) hehehe. tapi lum muktiin. soalnya d madura dan surabaya sulit carinya. tapi ak pake Nokia 6585 enak kok. bisa speed +20Kbps. udah ak coba slama 24 jam nonstop. masih asyik2 ja. tapi mang kabel datanya pake CA42 yang Original (Rp 250.000), asyik. lagian ak bisa nge-net gratis, 24 jam cuma kurang dari 50 rupiah:d:d:d:d:d:d:d:d:d:d:d:d:d:-“:-“:-“:-“:-“:-“:-“:-“:-“

  39. hp aku nokia 6265.aku download di nokia.filenya rtt gt.caranya nginstall modem ke ponsel caranya gimana siy?kalo aku masukin k ponsel pasti file not supported.pliz help me :(

  40. Gw Gold Flexter, komunitas flexi di Bekasi, gw gak pernah masalah ama Flexi,bisa Combo kalau lo mau keluar kota, bentar lagi botabek migrasi ke Frekwensi 800 tambah OK aja, perlu gw kasih tau ama kalian diatas semua, sekarang ada program Flexi Strike Back All About 49 artinya kalian bisa ngobrol cuma Rp 49 Perak ke seluruh Jawa Barat, Banten,Botabek. Murahkan ?
    BUUUUUUUKAAAAAAAANNNNNN JEBAKAN kayak yang itu tu !!!!!
    Tks ” Fleximania “

  41. numpang nanya nih….mang n6015 bisa dipake internetan ya??
    punyaku ko ga bisa….

    makasih..aku bingung…..

  42. Fuih, layanan combo flexi ternyata hanya omong besar.

    Troubleshoot-nya apalagi, kelewat kosong.

    Saya pemakai flexi 021-688xxx37 terakhir kali minta combo 14-1-08.

    Sementara saya berada di Situbondo-Jatim dan gagal minta combo via

    sms sekitar sebulan yang lalu dan beberapa kali via 147 tidak

    sukses maka saya mendatangi Plasa Telkom terdekat. Karena kesorean

    CS membantu saya untuk hubungi 147 untuk permintaan tadi

    (belakangan CS yang sama ngasih tahu kalau ada trouble sejak 2 hari

    lalu.Ini mah obrolan classy..). Dari 147 (14/1) diproses dan

    disuruh tunggu. Sampai kapan? Operator 147 yang berinisial Dwi

    menjawab dengan obrolan trendy, “Kami akan melakukan secepatnya.”
    Pukul 21-an hari itu juga 147 (Dwi) saya konfirmasi lagi dengan

    jawaban classy, “Sedang ada trouble.”

    Hari ini (15/1) kembali saya datangi CS. Sistem (sistem yang mana

    lagi?) untuk pengomboan di plasa tersebut gangguan. Minta support

    ke 147 lagi dan disuruh nunggu 15 menitan. Seperempat jam lewat

    combo belum jalan juga.”Yach gimana lagi?” kata CS, solusinya ya

    menunggu saja. Sistem pengomboan plasa ndak jalan, dukungan 147

    ndak datang-datang. Itung-itung untuk mengombo ternyata saya musti

    memproses sebulanan bahkan bisa-bisa lebih. Flexi Combo mudah? Iya,

    ketika diobrolkan saja.

    Sebulan lewat mobilitas saya tidak terdukung oleh layanan operator

    yang berjargon Commited 2 U. Tersedia layanan di ratusan kota,

    katanya. Nyatanya tak bisa mengcover area Surabaya, Malang, Madura

    dan Situbondo. Kelewat somse’ omongnya.

    Bulan-bulan sebelumnya untuk mengombo saya jarang dapat ‘sukses’

    via sms. Kalo ke 147 harus berlama-lama ngobrol detil dengan

    operatornya supaya bisa kelar, tak jarang harus mengetusi

    supervisornya. Kalau ndak gitu, mana bisa dapat layanan yang serius

    dari Telkom. Lumayan bisa diikuti progresnya kalau dengan

    bersusah-susah datangi plasa terdekat. Sayang yang terakhir –

    kemarin, mbulet juga urusannya. Flexi Combo mudah? Iya, ketika

    diobrolkan saja.

    Karena tak ada solusi dengan segera saya menolak antri diproses.

    Saya minta sebuah bukti lapor dari CS karena sudah di depan mereka

    sendiri layanan ini tidak sesuai komitmennya. Inipun tak bisa

    didapat karena yang berwenang menerbitkan adalah atasan CS. Minta

    ke atasan tak bisa saat tersebut, sang atasan sedang kunjungan ke

    kantor pemda.Sekian jam lagi, kata CS, atasan tadi akan menghubungi

    saya dan meminta saya meninggalkan nomer kontak alternatif. Kabar

    dari Surabaya, kata CS lagi, nomor saya sedang diluruskan karena

    sering dicombo. Tak jelas dan tak detil obrolan CS ini. Kira-kira

    kalau pemakai flexi ini sering atau bahkan rutin bercombo maka

    sistim layanan menjadi ‘hang’? – Flexi Combo mudah? Iya, ketika

    diobrolkan saja.

    Sampai keluhan ini saya tuliskan, belum satupun atasan CS yang

    menghubungi saya. Dan si-fleqi tetap tak mau jadi sahabat sejati.

    Alias: bo-‘ong terus…

    Jadi, ati-ati sama janji pete telkom indonesia tebeka. Meski urusan

    sertifikasi kinerjanya sudah bertumpuk. Kinerjanya sendiri tak

    lebih dari menumpuk pekerjaan.
    Jadi, telkom sendiri mesti tahu kalau jualannya ternyata mengandung

    barang busuk. Kagak bisa dimakan kalau dimakan seringnya bikin

    eneg.

    Gangguan kok permanen? Nggak becus kok dipelihara? Trouble kok

    keterusan?
    Capek.. deh,-
    ============

    Belum sempat mosting tulisan ini, dari 0338-676003 (CS Plasa

    Telkom) datang kabar kalau combo saya sudah sukses. Jadi,

    pertanyaannya sekarang bertambah. Apa musti berliku begini urusan

    mengombo flexi? Sms ke 777 masih efektif? Bantuan 147 apakah bukan

    sekedar pelengkap di matrial promo? (Terutama Hari Sabtu-Minggu,

    hari libur dan cuti bersama). Tak perlu dijawab jika sudah tak lagi

    berkoar tentang ini dan itu pada urusan flexi Combo.

    Terus terang saya sendiri siap-siap ‘neg’ lagi bila akan bercombo

    di lain waktu. Sebab harus bawa catatan alamat plasa telkom

    terdekat dalam sebuah kota dan antre di bangku ruang

    layanannya.Flexy Combo mudah? Iya, ketika diobrolkan saja.

  43. Saya sudah kali ke-2 untuk nomer yang sama (0761-7023123)hangus karena kegagalan pengisian elektronik… dimana letak rasa Kemanusian TELKOM, PERTAMA : pulsa saya Rp. 100.000 lebih hilang, saya diharuskan membayar Rp.35.000,- . Apa musti saya bayar Rp. 35.000 untuk nomor saya akibat terlambat isi ulang menurut versi TELKOM, Entah sdh berapa orang yang dirugikan karena TELKOM makan pulsa pelangganya….. untuk kehilangan saja musti bayar Rp. 27.500,- sedangkan di TELKOMSEL yg katanya saudara kandung tidak perlu bayar…. saya tidak rela dengan perlakuan ini…

    Berhati-hati mengunakan TELKOM, untung saham perdana sudah saya jual, kalo tidak saya turut menikmati pulsa-pulsa yg dimakan PT.TELKOM YG BERGEMBIRA DIATAS PENDERITAAN ORANG LAIN..

    Kejadian aneh : Tidak bisa mengetahui masa tenggang & pemblokiran di 147 padahal di Starter Packnya bisa, & beberapa bulan yang lalupun saya masih bisa cek masa tenggang….

  44. telkom flexi bener2 ngaco. saya pake flexi home sampai hari ini belum ada kejelasannya. menyebalkan. 2 minggu lebih tidak ada penggantian telepon karena berubah frekwensi.

  45. heiii, mas yang di comment no 65, Modottel wte320 mang bagus banget yaaah??..
    itu handphone nya kaaan?? trus providernya pake apaan????

    thx yaaaah… :x

  46. :)>-
    gw pake modottel wte 300. punya kabel data 2 pcs: USB & Serial + driver, mo dijual.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *