26 June 2005

Mencoba Jembatan Pasupati

Posted under: at 15:27

Pasupati

Sabtu kemarin, 25 Juni 2005, jembatan Pasupati dibuka untuk umum pertama kalinya. Saya sendiri telah mencobanya siang tadi. Pasupati menghubungkan Jalan Surapati dan Jalan Pasteur, dengan beberapa keluaran (exit) di Cikapayang, Sukajadi dan Cihampelas. Pasupati dibangun sejak bulan Oktober 2001 dengan biaya kurang lebih Rp 278 milyar.

Karena saya mencobanya pada hari Minggu, maka saya harus menerobos kemacetan akibat pasar kaget di seputaran Gasibu. Setelah bersusah payah melewatinya baru saya dapat menaiki Pasupati. Saya juga melihat pada arah berlawanan terjadi kemacetan karena kondisi di Gasibu cukup macet. Saya rasa jika tidak ada pasar kaget Gasibu maka kondisi tidak akan semacet ini.

Karena jembatan ini, Surapati-Pasteur bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 5 menit (tentunya tidak termasuk macet Gasibu). Sebelumnya, rute yang sama harus ditempuh melalui Siliwangi atau Wastukencana, dan dapat memakan waktu 10-20 menit. Sayangnya di ujung Pasupati yang satunya lagi juga terjadi kemacetan akibat putaran balik (U turn). Sepertinya kendaraan yang dari Pasirkaliki belum bisa melanjutkan secara langsung ke Sukajadi tanpa melalui putaran ini.

Beberapa foto:

Kemacetan pada lajur yang menuju Surapati:

Kemacetan pada lajur yang menuju Surapati

Dari arah Pasteur:

Dari arah Pasteur

Bagian Pasupati yang merupakan jembatan cable-stayed:

Bagian jembatan cable-stayed

27 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!