10 August 2005

Hujan Meteor Perseids

Posted under: at 12:14

Perseids, oleh Dirk Obudzinski, 12 Agustus 2004

Perseids adalah hujan meteor yang dimulai dari pertengahan Juli, dan mencapai puncaknya pada tanggal 12-14 Agustus. Perseids terjadi dari partikel yang berasal dari ekor komet Swift-Tuttle. Hujan meteor ini dinamakan Perseids karena hujan meteor ini terlihat seakan-akan berasal dari rasi Perseus.

Hujan meteor ini dapat diamati dengan baik dari belahan bumi bagian utara dan sulit diamati dari belahan bumi bagian selatan. Di Indonesia –yang berada di ekuator–, hujan meteor ini harusnya masih dapat diamati walaupun tidak sebaik dari belahan bumi bagian utara. Tentunya saudara-saudara kita yang berada di utara Indonesia dapat mengamati Perseids dengan lebih baik.

Untuk mengamati hujan meteor sebaiknya hindari berada di tengah-tengah kota yang penuh dengan polusi cahaya. Waktu terbaik untuk mengamati Perseids adalah jam 1 malam sampai dengan jam 4 pagi. Pada jam 1 malam, Perseus baru muncul dari horizon pada arah Timur Laut. Rasi ini kemudian akan bergerak ke atas dan mencapai puncaknya pada sekitar pukul 6 pagi pada arah Utara dengan sudut kurang lebih sebesar 30 derajat di atas horizon. Tanpa memperhitungkan faktor lain seperti cuaca, maka waktu terbaik untuk mengamati Perseids adalah sekitar pukul 4 pagi, di saat cahaya matahari belum mempengaruhi pengamatan dan sudut pengamatan berada pada posisi paling tinggi, yaitu sekitar 20 derajat di atas horizon.

Selain Perseids, hal lain yang dapat diamati adalah planet Mars. Saat ini Mars dan Bumi sedang saling mendekat dan akan mencapai puncaknya tanggal 30 Oktober tahun ini.

Berikut adalah gambar langit hasil KStars yang ditambahi tanda lokasi Mars dan asal dari hujan meteor Perseids.

Jakarta, 12 Agustus 2005, 01:00:

Perseids and Mars dilihat dari Jakarta, Indonesia pada 12 Agustus 2005, pukul 0100

Jakarta, 12 Agustus 2005, 02:00:

Perseids and Mars dilihat dari Jakarta, Indonesia pada 12 Agustus 2005, pukul 0200

Jakarta, 12 Agustus 2005, 03:00:

Perseids and Mars dilihat dari Jakarta, Indonesia pada 12 Agustus 2005, pukul 0300

Jakarta, 12 Agustus 2005, 04:00:

Perseids and Mars dilihat dari Jakarta, Indonesia pada 12 Agustus 2005, pukul 0400

34 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!