31 August 2005

Satu Minggu Dengan GoogleTalk

Posted under: at 19:14

GoogleTalk

Setelah menggunakan GoogleTalk selama kurang lebih satu minggu, saya mulai membanding-bandingkan GoogleTalk dengan pengalaman saya menggunakan layanan Jabber biasa. Ternyata GoogleTalk memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan layanan Jabber biasa yang saya pakai sehari-hari.

Multiple Login

Protokol Jabber/XMPP mendukung multiple login. Artinya, saya bisa login dari komputer kantor, pulang kantor tanpa log out, dan login dari rumah tanpa memutuskan koneksi Jabber di kantor. Jika saya mendapat pesan, maka pesan tersebut akan dikirim ke login yang memiliki prioritas paling tinggi. Atau pengirim pesan juga dapat menggunakan resources untuk mengarahkan pesan ke login yang dikehendaki. Misalnya saya login dari kantor dengan priyadi@priyadi.net/Kantor dan dari rumah dengan priyadi@priyadi.net/Rumah. Maka pengirim pesan dapat mengirim pesannya ke priyadi@priyadi.net/Kantor untuk diterima oleh login saya yang di kantor. Jika pesan dikirim ke priyadi@priyadi.net, maka pesan tersebut akan dikirim ke login yang memiliki prioritas tertinggi.

Google sepertinya tidak mendukung multiple login. Jika saya sudah melakukan login, maka saya tidak dapat melakukan login kedua. Koneksi kedua sepertinya diputus begitu saja oleh server Google. Hal ini berbeda dengan Yahoo Messenger, dimana login kedua akan memutuskan login yang pertama.

Konektivitas Antar Server

Pada email, kita bisa mengirim email ke rekan kita yang tidak menggunakan provider yang sama. Sebagai contoh, pengguna CBN dapat saja mengirim email ke rekannya yang menggunakan Indosat. Pada dunia IM hal ini tidak ditemukan. Sebagai contoh, pengguna MSN Messenger tidak dapat menghubungi pengguna Yahoo! Messenger. Standar protokol XMPP/Jabber mencoba untuk mengatasi masalah fundamental tersebut.

Pada protokol XMPP/Jabber, penamaan user mengikuti kaidah user@domain seperti pada email. Saya sendiri sebelumnya sudah memiliki alamat XMPP priyadi@priyadi.net. Dengan diluncurkannya GoogleTalk, maka saya memiliki alamat kedua priyadi@gmail.com. Menurut standar XMPP, seharusnya kedua alamat ini dapat saling berkomunikasi. Namun pada kenyataannya account priyadi@gmail.com tidak dapat menghubungi priyadi@priyadi.net dan demikian pula sebaliknya. Hasil penyelidikan mengatakan bahwa port server to server dari server GoogleTalk (pada talk.google.com, gmail.com maupun google.com) tertutup atau terfilter firewall.

Mudah-mudahan ini hanya karena GoogleTalk masih dalam tahap beta.

Groupchat

GoogleTalk juga tidak menyediakan fasilitas multi-user chat atau yang lebih dikenal dengan conference.

Transport ke Layanan IM Lain

Server Jabber memiliki fasilitas transport, yaitu fasilitas untuk menghubungi layanan IM asing seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan bahkan SMS. Saat ini Google tidak memiliki fasilitas-fasilitas tersebut. Hal ini dapat dimengerti karena jika GoogleTalk memiliki transport Yahoo! dan MSN, maka kedua layanan tersebut kemungkinan besar akan memblokir server Google. Server Jabber jabber.org juga pernah mengalami hal yang sama.

Voice Chat

Satu-satunya fasilitas GoogleTalk yang tidak ada pada layanan Jabber biasa adalah voice chat. Fasilitas ini untuk sementara adalah fasilitas spesifik dari program client resmi GoogleTalk yang sampai saat ini hanya dapat dijalankan di Windows. Hal ini dapat dimengerti karena voice chat memang tidak termasuk dari spesifikasi XMPP/Jabber. Namun kita semua tidak perlu kuatir karena Google berjanji untuk merilis spesifikasi dari protokol voice chat ini.

35 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!