10 October 2005

Layanan Email 30Gigs.com yang Tidak Meyakinkan

Posted under: at 23:36

30Gigs.com

Terimakasih kepada Iang, akhirnya saya mendapat undangan untuk menjadi pengguna layanan email berbasis web berkapasitas 30 GB, 30Gigs.com. 30 GB adalah kapasitas yang cukup besar untuk email, berlipat-lipat kali kapasitas dari Gmail, sang pelopor email berbasis web berkapasitas besar.

Namun kapasitas 30 GB hanyalah menjadi satu-satunya penarik layanan ini dibandingkan layanan email berbasis web lainnya. Kesan pertama setelah mencobanya: layanan ini sangat tidak meyakinkan.

Setelah melakukan login, layanan ini memberikan antarmuka yang sangat mirip dengan aplikasi webmail Squirrelmail. Tentunya tidak ada yang salah dengan penggunaan aplikasi Squirrelmail pada layanan seperti ini, namun perlu diingat bahwa Squirrelmail adalah aplikasi webmail berbasis IMAP yang memiliki keterbatasan jika mereka ingin mengimplementasikan sebuah layanan webmail yang lebih daripada hanya sekedar sebuah frontend IMAP.

Layanan ini memiliki timeout yang tak lebih dari 10 menit! Setelah 10 menit tidak melakukan apa-apa, saya harus melakukan proses login kembali. 10 menit adalah waktu yang terlampau singkat. Terkadang bahkan tidak cukup untuk menulis sebuah email.

Mengikuti tren saat ini, mereka juga memiliki sebuah blog. Tetapi sepertinya mereka tidak tahu bagaimana caranya membuat sebuah blog. Yang mereka sebut sebagai sebuah blog hanyalah sebuah halaman HTML yang berisi daftar fitur-fitur apa saja yang akan mereka terapkan. Dan bahkan ‘blog’ tersebut tidak memiliki sindikasi.

Kutipan dari ‘blog’ tersebut:

We are in the process of moving from our servers to the ev1servers.net data center, where we will be grabbing up 2 dedicated racks, with all the storage and bandwidth we could ask for.

Sulit membayangkan layanan seperti ini hanya membutuhkan dua buah rak. Saya tidak yakin bahwa layanan serupa dari Yahoo, Google atau Hotmail hanya menggunakan dua buah rak. Walaupun demikian, mereka memiliki kemampuan untuk membatasi jumlah pengguna, yaitu dengan cara undangan, sama seperti layanan Gmail dari Google.

Penggunaan istilah ‘GD2′ secara berkali-kali menandakan bahwa mereka adalah pemrogram PHP yang tidak banyak mengerti hal-hal di luar PHP. Mereka memilih untuk menggunakan istilah spesifik PHP seperti ‘GD2 security’, dan bukannya istilah umum seperti ‘Captcha‘ atau ‘Turing test‘.

Halaman about mereka mengatakan:

Our main goal is to increase our space even further, to 50 gigs, or maybe 100 as time goes on. 30Gigs.com is still in a very heavy beta, and if you are a member, please help us to make it the best mail server there is. We will be offering a section for personal file storage (up to 30 gigs) and a GD2 signature maker to keep your email safe from spam robots.

Kalau begitu mengapa mereka menamakan layanan ini 30Gigs?

A big issue with people is how we are paying for all of this. Well, thats simple. People have donated to the service. Up until this point, all funding for the site has come from friends and family. We are hoping to create a self sustaining service, which will take care of itself. We promise that we will NEVER end up like some mail services ( m@il.com ) for example. We strive on being as ad-free as possible.

Mereka bisa saja bilang begitu, namun saya tidak yakin mereka dapat bertahan lama, apalagi tanpa penghasilan apapun seperti saat ini. Saya memang sudah menjadi anggota layanan ini, namun sepertinya belum saatnya bagi saya untuk bergantung kepada layanan email dengan kondisi seperti ini. Layanan email gratis lainnya seperti Gmail, Yahoo! Mail dan Hotmail jauh lebih meyakinkan walaupun kapasitasnya jauh lebih kecil.

Gratisan itu Norak!™ :)

47 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!