13 October 2005

Layanan Informasi Halal dari LPPOM-MUI

Posted under: at 16:22

Pada bulan Ramadan ini, LPPOM MUI meluncurkan layanan Halal Guide Online. Layanan ini dapat diakses melalui Internet dari situs halalguide.info dan melalui SMS melalui nomor 2425.

Situs halalguide.info agak lambat diakses, hal ini mungkin disebabkan karena layanan pengecekan kehalalan produk baru dibuka pada hari ini. Selain itu tidak jelas bagaimana caranya melakukan cek kehalalan pada situs ini. Informasi dari situs tersebut mengatakan bahwa saya harus melakukan pendaftaran tersebut melalui SMS ke nomor 2425 dengan perintah ‘hg on’. Tetapi informasi yang saya dapat juga tidak jelas, sepertinya mereka memberitahu password tapi tidak memberitahu apa usernamenya :(. Lambatnya situs ini membuat saya tidak dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sedangkan layanan informasi melalui SMS jauh lebih baik. Pencarian dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 2425 dengan perintah ‘hg cari [nama produk]‘. Beberapa kali pencarian saya dijawab dengan instan. Walaupun demikian masih ada beberapa pencarian yang tidak terbalaskan.

Pencarian pertama saya tentunya berhubungan dengan beberapa produk terkenal yang disinyalir tidak memenuhi ketentuan halal beberapa waktu yang lalu. Hasilnya adalah bahwa BreadTalk sudah mendapat sertifikasi halal dan Hoka Hoka Bento belum. Sedangkan pencarian saya untuk produk ‘Bintang Zero’ sampai saat ini belum mendapatkan jawaban.

16 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!