Layanan Informasi Halal dari LPPOM-MUI

Pada bulan Ramadan ini, [LPPOM MUI](http://www.halalmui.or.id) meluncurkan layanan [Halal Guide Online](http://www.halalguide.info). Layanan ini dapat diakses melalui Internet dari situs [halalguide.info](http://www.halalguide.info) dan melalui SMS melalui nomor 2425.

Situs halalguide.info agak lambat diakses, hal ini mungkin disebabkan karena layanan pengecekan kehalalan produk baru dibuka pada hari ini. Selain itu tidak jelas bagaimana caranya melakukan cek kehalalan pada situs ini. Informasi dari situs tersebut mengatakan bahwa saya harus melakukan pendaftaran tersebut melalui SMS ke nomor 2425 dengan perintah ‘hg on’. Tetapi informasi yang saya dapat juga tidak jelas, sepertinya mereka memberitahu password tapi tidak memberitahu apa usernamenya :(. Lambatnya situs ini membuat saya tidak dapat melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sedangkan layanan informasi melalui SMS jauh lebih baik. Pencarian dilakukan dengan mengirim SMS ke nomor 2425 dengan perintah ‘hg cari [nama produk]’. Beberapa kali pencarian saya dijawab dengan instan. Walaupun demikian masih ada beberapa pencarian yang tidak terbalaskan.

Pencarian pertama saya tentunya berhubungan dengan [beberapa produk terkenal](https://priyadi.net/archives/2005/03/10/status-halal-breadtalk-dan-hoka-hoka-bento/) yang disinyalir tidak memenuhi ketentuan halal beberapa waktu yang lalu. Hasilnya adalah bahwa BreadTalk sudah mendapat sertifikasi halal dan Hoka Hoka Bento belum. Sedangkan pencarian saya untuk produk ‘Bintang Zero’ sampai saat ini belum mendapatkan jawaban.

16 comments

  1. :( padahal kita sebagai ummat benar-benar membutuhkan informasi penting ini baik secara transparan,akurat, dan shahih. :-)

    Btw,.. Hokben sampai hari ini masih belum mendapat sertifikat halal kan? sampai belum mendapatkan keterangan dari MUI, halal atau tidaknya Hokben lidah saya masih sabar menunggu. :-)

    Kaping Pisanâ„¢ :d

  2. sekilas info dari halalguide.info bagi yang kesulitan mengakses

    #1
    Fitur pencarian melalui web telah dapat dimanfaatkan mulai hari ini (13 Oktober 2005). Silakan bagi pengguna HalalGuide yang telah memiliki userID dan password untuk log-in terlebih dahulu.

    #2
    Pemberitahuan

    Mohon maaf kepada pengunjung dan pengguna HalalGuide LPPOM-MUI fasilitas http://www.halalguide.info belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan. Berikut adalah jadwal peluncuran fitur-fitur http://www.halalguide.info:

    1. Pencarian Produk Halal mulai bisa dimanfaatkan Kamis, 13 Oktober 2005.
    2. Muhasabah Online mulai bisa dimanfaatkan Senin, 17 Oktober 2005.
    3. Artikel dan Konsultasi Halal mulai bisa dimanfaatkan Senin, 17 Oktober 2005.

    Fitur SMS HalalGuide LPPOM-MUI bisa dimanfaatkan seperti biasa.

    Menantikan paduan untuk halal dan thoyib

    Kaping Pindo :d

  3. selamat lah buat LPPOM MUI …
    tapi 2 Thumbs UP untuk solusi kali ini …

    dulu teman saya si Michsan pernah bikin web service halal finder (zaman salamui.org masih ada), tapi sepertinya teman saya ngga bisa mempresentasikan dengan baik apa gunanya web service, makanya sampai sekarang aplikasi itu ngga pernah officially diterima MUI. padahal teman saya waktu itu ikhlas membuatnya tanpa niat minta bayaran :d

  4. Semoga layanan ini bermanfaat.. Amieenn..
    Untuk launching nyah memang dibuat dalam bulan Ramadhan biar berkah kali yah!

    Hmm.. What a Happy Ramadhan! Happy Fasting Everyone! :)>-

  5. Oh tambahan @jesie: Makan aja Ichibento atau bento – bento yang sejenis, banyak kok :). Eh tapi mereka udah dapet sertifikasi belom sih?

  6. Kalo SMS HG ON ke 2425 itu bakal dapet username dan passwordnya koq, dalam format username:password. Jadi misalnya dapet string “J1XX:YYYY”, maka J1XX adalah usernamenya dan YYYY adalah passwordnya.

    Tapi kata temen saya yang developer versi webnya, emang loginnya masih bermasalah. Dan juga menurut saya sih sebaiknya user loginnya nomer HP aja (tapi tidak dipublish, seperti user login di friendster).

    Tapi two thumbs up lah buat terobosannya. :)>-

    Oiya, Kan tiap hari kita tuh dikirimin info dari halalguide. Itu setiap kali dikirim, kena charge berapa yah? Saya kebetulan pake nomer pasca bayar yang gak bisa liat perhitungan tagihannya secara realtime.

  7. hmm sayang yaa ga bisa via websitenya..yaa ..mesti lewat HP yaa kan ga semuanya..punya pulsa !

    masa di setiap restoran yang belum ada sertifikatnya, kita kirim sms sih?

  8. LPPOM MUI pernah mempromosikan STIKERISASI halal, alias beli stiker untuk memperlihatkan produk halal (niru ide stikerisasi minuman ber-alkohol di bali dulu, ide dari anaknya Suharto). hmmmmm, masalah umat kok dikomersialisasikan. lihat: “Departemen Agama Batalkan Stikerisasi Halal” (http://www.tempo.co.id/hg/ekbis/2005/06/21/brk,20050621-62773,id.html ). seharusnya kan SERTIFIKASI halal tuh yg penting. menurut ku, kalah MUI ama MUIS (S’pore) or JAKIM (Malaysia). dan ku nggak respek ama LPPOM MUI karena suka meras pengusaha.

  9. mayoritas kita agamanya Islam, tapi saya bingung masih banyak produk-2 makanan kita, restorant-2 masih belum mencantumkan sertifikasi halalnya.. gmana dong dengan peran MUI and pemerintah kita tercinta ini….

  10. mang org indonesia blm gitu prhatian ttg halal-haram, pa lg buat selain mkanan, exp:lipstik.hrsnya kan semua produk wajib mncmtumkan status halalny ya!!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *