4 December 2005

Press Plagiarist of the Year Award

Posted under: at 11:24

Sekitar dua minggu yang lalu, Guido Fawkes mencanangkan sebuah ‘penghargaan’ yang bertajuk Press Plagiarist of the Year Award. Para nominator adalah tujuh jurnalis mainstream yang gemar melakukan plagiat terhadap blog. Pemenang ditentukan dari voting yang dilakukan pengunjung blog Guido Fawkes.

Tanggal 1 Desember kemarin, Guido mengumumkan pemenangnya, yaitu Peter Wright, editor dari mingguan The Mail on Sunday. Sedangkan juara kedua adalah Marina Hyde dari The Guardian. ‘Selamat’ kepada para pemenang!

Penghargaan ini tentunya adalah reaksi penulis blog terhadap beberapa jurnalis profesional yang tidak memberikan penghargaan terhadap tulisan di blog. Bagaimana di Indonesia?

Pemberian ‘penghargaan’ seperti ini memang belum ada, tetapi bukan berarti Indonesia bersih dari plagiarisme blog. Ikhlasul Amal dan Idban Secandri pernah berselisih dengan salah satu jurnalis akibat tulisan-tulisan mereka dimuat tanpa izin dan referensi yang memadai.

Selanjutnya, pada bulan Agustus 2005, JaF mencanangkan gerakan yang dinamai “Jangan Asal Copy Paste”.

“Jangan Asal Copy Paste” adalah sebuah ajakan moral untuk mulai menghargai hasil karya para blogger, karena apapun isinya, apapun wujudnya, blog adalah juga sebuah hasil karya cipta.

Tentunya, gerakan anti plagiarisme ini seharusnya juga berlaku pada arah yang sebaliknya. Penulis blog tidak dapat begitu saja menyadur mentah-mentah materi yang berasal dari media mainstream.

Informasi dari Slashdot.

Obligatory Disclaimer: Tulisan ini tidak bermaksud menyinggung jurnalis secara pribadi maupun secara keseluruhan. Jika merasa tersinggung, silakan baca lagi dengan lebih seksama. Terima kasih :).

19 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!