7 December 2005

Didikgate

Posted under: at 00:56

Didik & Bambang

Sudah pernah melihat gambar ini? Jika sudah pernah (dan anda tidak ikut milis ID-Gmail, maka kemungkinan besar anda mendapatkannya dari sebuah milis atau dari email yang di-forward oleh teman anda. Bahkan mungkin anda sudah ikutan ‘berpartisipasi’ mem-forward gambar tersebut tetapi sampai sekarang tidak tahu cerita di balik gambar tersebut.

Milis ID-Gmail, atau lazim juga disebut Kampung Gajah adalah milis yang dipenuhi oleh guyonan-guyonan antar anggotanya. Salah satu jenis guyonan yang populer adalah retouching citra digital dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Ketika skandal Mayangsari-Bambang merebak di Internet, tentunya hasil jepretan mereka berdua tidak luput dari tangan-tangan jahil anggota ID-Gmail. Seorang anggota yang menamakan dirinya Pendekar Photoshop memodifikasi wajah Mayangsari dalam foto tersebut menjadi wajah salah seorang anggota dan kemudian mengirimkannya ke milis. Thread ini menjadi populer dan tentunya ada beberapa anggota yang meneruskannya ke luar milis.

Di luar Kampung Gajah, gambar ini beredar dengan cepat. Foto hasil modifikasi ini dikirim dari milis ke milis, di-forward secara berantai dan bahkan dari ponsel ke ponsel. Tak jarang ditemukan kejadian “Eh, sudah lihat skandal Bambang Trihatmodjo terbaru?” sambil menunjukkan ‘foto’ yang dimaksud.

Puncaknya yaitu pada acara Insert TransTV hari Minggu tanggal 20 November pukul 11.00-11.30. Ketika itu sang Pakar Pornomatika sedang satu per satu menunjukkan foto-foto skandal Mayangsari-Bambang di komputernya. Tiba-tiba yang muncul adalah foto hasil rekayasa ini! Mungkin sang pakar gadungan ingin menunjukkan kepada para wartawan ‘keahlian’nya dalam membedakan mana foto yang asli dan mana yang tidak.

Lalu siapakah anggota kami yang ‘beruntung’ tersebut? Beliau adalah Didik Achmadi, tinggal di Semarang. Pernah memiliki blog dengan alamat achmadi.blogsome.com yang kini sudah berpindah alamat ke achmadi.net. Yang bersangkutan juga pernah beberapa kali berkomentar di blog ini dengan nama ‘Achmadi’. Sedangkan foto sumber yang dijadikan bahan rujukan untuk rekayasa kemungkinan besar berasal dari Kopdar Semarang yang diselenggarakan pada awal bulan November.

Di Kampung Gajah, ‘skandal’ ini populer dengan nama Didikgate.

Jika nantinya masih ada rekan anda yang berkata “Sudah lihat foto skandal Bambang Trihatmodjo yang terbaru?” kini anda bisa menjawah “Oh, itu si Didik.” :) Dan jangan sampai lupa untuk mengirim ucapan selamat ke Didik :).

Masih Dicari: rekaman acara Insert di TransTV pada tanggal 20 November.

Tak sepenuhnya berhubungan, tetapi ada versi lain dari rekayasa skandal Mayangsari-Bambang yang beredar di Internet. Yang menjadi ‘korban’ pada versi ini adalah Roy Suryo, SBY, Surya Paloh, Yusril Izha Mahendra, Armand Maulana dan Rhoma Irama. Sumber dari versi ini adalah blog milik Herman Saksono.

63 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!