19 December 2005

SMS vs. Instant Messaging

Posted under: at 01:23

Agilemessenger

Ukuran maksimum sebuah paket SMS adalah 140 byte. Pesan sepanjang ini dapat memuat 160 karakter 7-bit, 140 karakter 8-bit (misalnya pesan dengan karakter ber-umlaut), atau 70 karakter UCS-2 (misalnya pada pesan dengan karakter CJK). Sedangkan biaya pengiriman SMS adalah sekitar Rp 250 per SMS. Perhitungan kasarnya, untuk mengirim data sebesar 1 KB melalui SMS dibutuhkan biaya sekitar Rp 1828.

Bandingkan dengan tarif layanan data GPRS. Untuk mentransfer 1 KB melalui GPRS, dibutuhkan biaya paling mahal hanya sekitar Rp 30. Sebuah perbedaan yang sangat jauh.

Setelah melihat fakta tersebut, yang ada di pikiran kita tentunya adalah bagaimana caranya menggantikan fungsi SMS dengan menggunakan GPRS. Salah satu cara adalah dengan menggunakan teknologi instant messaging seperti misalnya Yahoo! Messenger, MSN Messenger atau Jabber.

Salah satu aplikasi instant messaging populer yang tersedia untuk beberapa ponsel adalah Agile Messenger. Dengan aplikasi ini saya biasa berkomunikasi dengan rekan saya dengan menggunakan jaringan GPRS, dan bukan SMS yang sebenarnya jauh lebih mahal.

Kelebihan-kelebihan menggunakan instant messaging melalui GPRS ketimbang SMS adalah:

  • Jauh lebih murah
  • Penyedia layanan selular yang digunakan oleh lawan bicara tidak perlu memiliki perjanjian interkoneksi dengan penyedia layanan yang saya gunakan. Ini penting untuk mengirim dan menerima SMS dari luar negeri.
  • Agile Messenger memiliki fitur pengiriman gambar dan suara pada beberapa ponsel populer tertentu.

Sedangkan kekurangan-kekurangannya adalah:

  • Instant messaging memiliki overhead untuk mempertahankan koneksi. Pengalaman saya, jika sama sekali tidak dipakai untuk mengirim dan menerima pesan, akun Yahoo! dengan daftar kontak sebanyak 6 orang akan membutuhkan transfer data kurang lebih 5-10 KB/hari menurut catatan yang ada pada Agile Messenger. Walaupun demikian, 10 KB hanyalah setara dengan satu kali pengiriman SMS.
  • Sinyal GPRS tidak tersedia di semua tempat.
  • Tidak semua ponsel bisa menggunakan instant messaging
  • Ketidakbiasaan menggunakan aplikasi yang berbeda untuk berkomunikasi

Berikut adalah beberapa tips dari saya bagi anda yang ingin mencoba berkomunikasi dengan cara ini.

  • Gunakan Yahoo! Messenger. Yahoo! Messenger adalah layanan yang paling populer digunakan di Indonesia. Rekan-rekan anda tidak akan kesulitan jika ingin mendaftarkan akun baru.
  • Pisahkan akun untuk keperluan digunakan di komputer dan akun untuk digunakan pada ponsel. Anda tidak perlu menggunakan akun Yahoo! yang sudah penuh itu untuk keperluan ini.
  • Sebaiknya rahasiakan akun ini dan hanya anda berikan ke rekan-rekan yang menggunakannya pada ponsel juga. Daftar kontak yang panjang akan memperbesar overhead koneksi anda, sehingga biaya yang akan anda keluarkan akan menjadi lebih mahal. Selain itu, ini juga untuk menghindari pengiriman pesan masal dan undangan ‘arisan’ setiap jam 4 sore ;).
  • Periksalah status koneksi dari waktu ke waktu. Pada beberapa ponsel tertentu (misalnya Nokia 9300), terkadang Agile Messenger tidak dapat mengulangi koneksi secara otomatis jika terputus.
  • Bawalah sebanyak mungkin installer Agile Messenger untuk bermacam-macam jenis ponsel, terutama versi untuk ponsel-ponsel populer seperti Nokia Series 60 & Nokia Series 80. Ini penting jika anda ingin mengajak rekan anda berkomunikasi dengan cara ini. Anda cukup mentransfer versi yang dibutuhkan oleh rekan anda melalui infra merah atau Bluetooth dan tidak perlu menyuruh rekan anda untuk mendownloadnya sendiri.

Anda punya tips lain?

56 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!