30 January 2006

PixelAds Cuma Tren Sesaat™

Posted under: at 11:04

Pertama-tama Alex Tew –sorang anak muda 21 tahun dari Inggris– membutuhkan biaya untuk keperluan pendidikan. Dia dengan kreatif membuat situs “The Million Dollar Homepage” yang dipenuhi dengan gambar berukuran 1000×1000 piksel. Kemudian dia menjualnya $1 per piksel, dengan minimum 10×10 piksel. Pembeli kemudian dapat menempelkan gambar apapun dan membuat taut pada piksel-piksel yang dibelinya.

Alex dapat menjual seluruh ‘kavling’ tersebut pada 1 Januari 2006 dan mendapatkan satu juta dolar. Aksi Alex Tew ini menarik perhatian sebagian besar blog dan media massa di Internet. Dan mungkin salah satu kesuksesan Alex adalah ekspos yang diberikan oleh blog dan media massa ini.

Kesuksesan Alex membuat banyak orang yang ingin mengikuti langkahnya. Dari pencarian di Google dengan keyword “pixelads”, “pixel ads”, dan “pixel advertising” menunjukkan ada ratusan dan mungkin ribuan situs yang berangan-angan untuk mengikuti jejak langkah Alex Tew.

Komunitas Pixelads ini berkumpul di forum yang bernama “Pixeladstalk”. Sepertinya fenomena Pixelads sudah menjadi industri tersendiri bagi para penjual script Pixelads, walaupun tentunya tidak untuk para pemilik pixelads itu sendiri. Script-script Pixelads ini dijual mulai dari $50 sampai sekitar $200-an dan bahkan ada yang gratis. Salah satu daftarnya dapat dilihat pada thread ‘list of scripts’. Sekilas melihat aktivitas Pixeladstalk, perangkat lunak ini laku keras seperti kacang goreng.

Jika script-script tersebut memang laku keras, bagaimana dengan situs Pixelads-nya sendiri? Rasanya sulit membayangkan semua situs-situs tersebut akan sesukses Alex Tew:

  • Alex Tew membuat “The Million Dollar Homepage” untuk membiayai kuliahnya. Sehingga bisa jadi sebagian besar dari pengiklan pertama adalah orang-orang yang memang ingin membantu Alex dan orang-orang inilah yang menyebarkan berita keberadaan situs ini ke seluruh Internet. Sedangkan niat para peniru mungkin hanyalah ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat.
  • “The Million Dollar Homepage” dipublikasikan di banyak media massa dan blog, sedangkan situs-situs Pixelads milik para peniru tidak mendapat publikasi sebanyak itu.
  • “The Million Dollar Homepage” memiliki pagerank yang tinggi, sedangkan para imitator tidak.
  • Penyebab kesuksesan “The Million Dollar Homepage” yang utama kemungkinan adalah bahwa ini adalah sesuatu yang baru, yang membuat orang penasaran dan berbondong-bondong mengunjungi “The Million Dollar Homepage”.
  • Situs-situs Pixelads tidak memiliki isi yang dapat menarik pengunjung untuk berulang-ulang mengunjungi situs tersebut.
  • Tidak seperti iklan banner konvensional, dalam Pixelads terdapat ratusan atau bahkan ribuan pengiklan yang berkompetisi untuk mendapatkan klik dari pengunjung.
  • Situs-situs Pixelads –termasuk milik Alex Tew– hanya ramai di awal-awal peluncurannya. Setelah itu jumlah pengunjung akan terus menurun. Sebagian besar para imitator ini memang menjamin situs Pixelads akan tetap ada sampai 5 tahun ke depan, tetapi mereka terkadang membuat asumsi jumlah pengunjung yang berlebihan seperti 10 ribu atau bahkan 100 ribu pengunjung per hari!

Walaupun demikian, konsep Pixelads mengalami evolusi untuk diterapkan sebagai media iklan. Misalnya pada blog Neville’s Financial Blog, Neville menjual ruang iklan piksel pada pojok kanan atas. Jadi tidak seperti kebanyakan situs Pixelads, blog Neville selain memiliki ruang piksel juga memiliki isi :). Sekarang juga telah ada jaringan iklan Pixelads seperti PixelPPC dan PixelBannerAds. Hanya saja peminatnya tidak begitu banyak.

Di Indonesia bahkan sudah ada paling tidak dua buah situs Pixelads, dan keduanya mengklaim sebagai yang pertama di Indonesia :). Ada yang ingin mengikuti jejak langkah mereka? Harga script-nya tidak mahal, lho. Tapi rasanya terlalu berlebihan jika anda mengharapkan akan menjadi sesukses Alex Tew, apalagi jika hanya meniru mentah-mentah ide dari Alex.

31 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!