6 February 2006

Tampilan Web Pada Layar Beresolusi Tinggi

Posted under: at 03:12

Kemarin Fajri dengan bangganya mengirim tangkapan layar beberapa blog jika dilihat dengan resolusi 2560×1600 pada monitor pinjaman. Ah, cuma 2560×1600, bagaimana kalau 4000×3000?

Priyadi.net pada layar lebar

Pada layar dengan resolusi setinggi ini debat tata letak fixed lawan fluid tidak lagi relevan. Keduanya sama-sama tidak nyaman untuk digunakan. Tata letak fixed sulit digunakan karena tidak dapat mengakomodasi pembesaran ukuran huruf. Sedangkan tata letak fluid sulit digunakan karena pada ukuran huruf standar, ukuran kolom akan menjadi terlalu lebar. Dari sisi pengguna juga tidak mudah, memperkecil ukuran browser tidak dapat dilakukan karena pada ukuran monitor standar, ukuran browser akan menjadi beberapa sentimeter saja.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memperbesar ukuran huruf. Beberapa sistem operasi dan aplikasi akan menyesuaikan ukuran huruf berdasarkan besaran DPI (dot per inch) yang terdeteksi. Pada KDE misalnya, huruf akan menjadi sangat besar setelah DPI saya ubah dari yang saya biasa gunakan 85×85 DPI menjadi 400×400 DPI. Perubahan ini juga terjadi pada hasil rendering browser Konqueror.

Masalahnya, satuan ukuran untuk gambar adalah pixel. Berapapun DPI dari layar, satu pixel tetap satu pixel. Jadi walaupun ukuran huruf bertambah besar, ukuran gambar dan elemen lainnya yang menggunakan satuan pixel tidak bertambah besar. Akibatnya tata letak halaman web menjadi kacau.

Web browser Opera memiliki fitur zoom untuk memperbesar halaman web termasuk elemen gambar, bukan cuma ukuran huruf seperti pada kebanyakan browser lainnya. Hanya saja, fitur ini harus digunakan secara manual dan tidak melihat besaran DPI layar. Selain itu pembesaran maksimum hanyalah 200%.

Mungkin seharusnya satuan ukuran pada halaman web adalah satuan fisik seperti sentimeter. Khusus untuk gambar, web browser perlu juga memperhatikan resolusi gambar ketimbang hanya melihat ukuran piksel dari gambar. Dengan demikian, sebuah halaman web akan terlihat sama baik pada resolusi rendah maupun tinggi.

***

Beberapa blog lain jika dilihat pada ‘monitor’ dengan resolusi 4000×3000:

Indrani.net:

Indrani.net pada layar lebar

Hericz.net:

Hericz.net pada layar lebar

Enda.goblogmedia.com:

Enda.goblogmedia.com pada layar lebar

Direktif.web.id:

Direktif.web.id pada layar lebar

Andri.andriani.web.id:

Andri.andriani.web.id pada layar lebar

Andika-lives-here.blogspot.com:

Andika-lives-here.blogspot.com pada layar lebar

51 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!