3 April 2006

Mein Kampf versi Israel: “Samson Blinded: A Machiavellian Perspective on the Middle East Conflict”

Posted under: at 23:25

Samson Blinded

Hari ini saya menerima berkali-kali spam melalui ICQ tentang buku yang satu ini. Karena penasaran dengan nada yang sangat keras, maka saya beranikan untuk mengunduh dan membaca buku ini, walaupun tentunya tidak dari sampul ke sampul :). Mungkin karena tulisannya yang keras dan kontroversial, penulis tidak berani mencantumkan nama pribadinya dan menggunakan nama samaran ‘Obadiah Shoher’.

Buku ini memuat pendapat dari kelompok garis keras di Israel, yaitu bahwa konflik Israel-Palestina hanya dapat diselesaikan melalui jalan peperangan. Dari judul bab seperti “Cruel measures are sometimes the kindest”, “The feasibility of conquering the Arab states”, “Israel does not need peace”, “The creation of a Palestinian state would not bring peace”, “Annexation will not necessarily impede peace” dan sebagainya sudah menunjukkan ‘kekejaman’ buku ini.

Singkatnya, ini adalah Mein Kampf versi Israel, walaupun mungkin bukan hanya buku ini yang bernada sama. Penulis buku ini bisa saja mengklaim bahwa ia tidak bermaksud menyebarkan kebencian, tetapi sangat mungkin isi buku ini akan menyinggung perasaan kaum Muslim, keturunan Arab, aktivis perdamaian atau bahkan orang Israel sendiri. Saya yakin buku ini akan dapat mempengaruhi pendapat sebagian orang Israel yang membacanya. Jika sebagian orang Israel seperti ini, rasanya tidak heran jika perdamaian Timur Tengah masih jauh dari harapan.

Buku yang baru naik cetak awal bulan lalu ini dapat diunduh melalui situs SamsonBlinded.org atau dapat dibeli melalui Amazon.com. Uniknya, buku ini menganjurkan pembacanya untuk meninggalkan ulasan di Amazon, tapi sampai saat ini bagian ulasan dari buku ini masih bertuliskan “Be the first person to review this item.” Oh ya, jangan lupa untuk membubuhkan tag ‘spam’ jika anda adalah pelanggan Amazon :).

Catatan: Buku ini bisa menjadi referensi mengenai pendapat kelompok garis keras Israel, tetapi pembaca tidak perlu menanggapi buku ini dengan penuh perasaan™. Gunakan buku ini sebagai referensi hal-hal apa saja yang harus kita hindari dalam menanggapi konflik Timur Tengah. Sadari juga bahwa pandangan yang ada dalam buku ini tidak mewakili pandangan seluruh orang Israel dan jangan gunakan buku ini sebagai bahan bakar kebencian. Dan ini mungkin seharusnya tidak perlu disebutkan secara eksplisit, tetapi saya pribadi tidak setuju dengan apa yang ada di buku tersebut.

44 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!