10 April 2006

“March of the Penguins”

Posted under: at 23:39

March of the Penguins

Ini memang film tahun lalu, tetapi baru minggu kemarin saya menonton film March of the Penguins, sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang perjuangan spesies penguin kaisar dalam memperoleh keturunan.

Demi memperoleh seekor keturunan, sepasang penguin kaisar ternyata perlu melakukan hal-hal yang tidak terbayangkan sebelumnya:

  • Berjalan kaki dari tepi es ke lokasi perkawinan sampai sepanjang 100 km.
  • Bersusah payah memindahkan telur dari penguin betina ke penguin jantan, dengan meminimalkan kontak dengan permukaan es. Jika gagal, maka telur akan membeku dan mereka gagal memperoleh keturunan.
  • Menjepit telur di antara kaki penguin jantan selama kurang lebih satu bulan lamanya.
  • Berjuang bersama-sama menghadapi tiupan badai Antartika yang berasal dari kutub selatan.
  • Menghindari pemangsa seperti anjing laut dan burung petrel raksasa.
  • Tidak makan sama sekali selama berminggu-minggu. Sedangkan sumber air satu-satunya adalah salju.

‘March of the Penguins’ secara apik mendokumentasikan hal-hal tersebut melalui pengambilan gambar yang memukau dan narasi dari Morgan Freeman.

Hal yang membuat kagum adalah persistensi Luc Jacquet dan kawan-kawan dalam meliput rombongan penguin. Pembuatan film ini membutuhkan waktu selama satu tahun penuh melawan dingin dan cuaca tidak bersahabat Antartika. Beberapa orang kru juga perlu dirawat selama satu bulan penuh setelah terjebak badai Antartika.

Film ini meraih penghargaan sebagai film dokumenter terbaik pada Academy Award 2006. Film yang dirilis di bioskop-bioskop Amerika Utara pada bulan Juni 2005 ini meraup keuntungan sebesar $77 juta. Angka ini bahkan melebihi pendapatan film-film yang dinominasikan sebagai film terbaik pada Academy Awards tahun yang sama. ‘March of the Penguins’ adalah film dokumenter tersukses kedua setelah Fahrenheit 9/11. Walaupun demikian, penikmat film di Indonesia rasanya tidak perlu berharap terlalu banyak film ini akan diputar di bioskop-bioskop :).

Film ini menceritakan kehidupan penguin di benua Antartika. Tetapi bukan hanya itu, this is a story about love.

57 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!