20 June 2006

MythTV

Posted under: at 02:54

MythTV frontend

Tulisan saya yang terakhir tentang iklan Extra Joss memuat banyak komentar dari yang penasaran bagaimana saya dengan tepat bahwa peringatan tersebut ditampilkan tepat 1/5 detik. Sekadar informasi, ini hasil perhitungan bukan perkiraan dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, bukan 68% :). Pertama-tama, saya menonton siaran televisi dengan menggunakan komputer, sedangkan perangkat lunak yang saya gunakan adalah MythTV.

MythTV adalah salah satu perangkat lunak personal video recorder (PVR). Berikut adalah beberapa kelebihan menonton siaran televisi dengan menggunakan MythTV jika dibandingkan dengan televisi biasa.

**Pause danRewind*

Dengan MythTV, siaran televisi bisa dihentikan sementara (pause). Dalam kondisi dihentikan, MythTV akan terus menerima siaran dan menyimpannya ke dalam harddisk sampai batasan tertentu. Setelah tayangan dilanjutkan kembali, penonton bisa melanjutkan siaran dari pada saat siaran dihentikan, dan penonton juga dapat melakukan fast forward sampai ke tayangan terkini. Dengan fasilitas ini, penonton juga dapat melakukan rewind. Jika ada momen yang luput diperhatikan, penonton dapat melakukan rewind untuk melihat tayangan yang telah tersimpan di dalam buffer.

Dengan ini saya bisa menghitung dengan tepat berapa lama peringatan pada iklan Extra Joss tersebut ditayangkan. Jika penonton melakukan pause dan setelah itu melakukan rewind atau fast forward, maka MythTV akan melakukan step frame by frame. Dari sini saya mengetahui bahwa hanya ada 5 frame yang berisi peringatan tersebut. Karena format tayangan televisi PAL memiliki 25 frame per detik, maka peringatan tersebut ditayangkan selama 1/5 detik.

Jadwal Tayangan

Pada beberapa negara, MythTV dapat menggunakan jadwal tayangan melalui XMLTV. Jadwal tayangan ini akan diunduh secara berkala melalui Internet dan penonton dapat memilih acara dengan menggunakan jadwal ini dalam antarmuka MythTV. Sayangnya sampai saat ini belum tersedia jadwal tayangan untuk negara Indonesia (tv_grab_id).

Sebagai informasi, skripsi saya dulu sewaktu kuliah adalah membuat MythTV mendukung jadwal tayangan televisi di Indonesia. Tetapi karena kesulitan untuk mendapatkan sumber informasi acara televisi dengan mudah dari Internet dan tidak mungkin bagi saya untuk melakukan entry data secara manual, maka saya tidak dapat menyediakan layanan ini.

Merekam Acara Televisi

MythTV menyediakan fasilitas untuk merekam acara televisi, baik secara praktis dengan menggunakan jadwal tayangan, maupun secara manual. Acara televisi yang telah direkam dapat ditonton dari dalam MythTV dengan antarmuka yang memudahkan pencarian acara televisi.

Mendukung Beberapa Tuner

MythTV mendukung penggunaan lebih dari satu TV tuner. Dengan demikian, satu tuner bisa melakukan tugas yang berbeda-beda, satu sistem MythTV akan dapat merekam/menayangkan dua atau lebih acara televisi yang ditayangkan pada waktu yang bersamaan.

Arsitektur Client-Server

MythTV menggunakan arsitektur client-server: sistem yang menangkap siaran televisi (backend) bisa saja berbeda dengan sistem yang menampilkan tayangan ke penonton (frontend), dan keduanya saling berkomunikasi melalui jaringan. MythTV mendukung penggunaan beberapa frontend sekaligus, dan bahkan juga mendukung penggunaan beberapa backend sekaligus. Saya sendiri menaruh backend pada komputer server rumah, tetapi menyaksikan tayangan televisi pada notebook.

Frontend bawaan MythTV hanya bekerja pada komputer Linux, UNIX dan semacamnya. Tetapi pengguna Windows dapat menggunakan WinMyth atau TapeWorm sebagai frontend bagi MythTV.

Dukungan Tambahan Melalui Plugin

MythTV mendukung plugin. Dengan plugin, kita bisa menambahkan fasilitas seperti web browser, pemutar musik dan DVD, laporan cuaca, games, dan sebagainya.

***

Informasi lebih lanjut:

77 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!