15 July 2006

Fungsi Modem pada Treo650 Paket Mobile-8

Posted under: at 10:45

Palm Treo 650

Dr. Erik Tapan kemarin bertanya-tanya mengenai paket Palm Treo 650 yang ditawarkan oleh Mobile-8. Mobile-8 menawarkan paket Palm Treo 650 dengan harga Rp 5.999.000, sudah termasuk biaya paket MaxSurf 1000 selama 12 bulan. Paket MaxSurf sendiri bila dijual tersendiri harganya adalah Rp 500 ribu/bulan dengan kuota 1 GB transfer data/bulan, sedangkan untuk setiap kelebihan transfer data dikenakan biaya Rp 2/KB. Sebagai pengguna Treo 650 versi GSM, saya memang sempat tertarik dengan layanan ini karena jika dihitung dengan harga layanan Fren MaxSurfnya, maka Treo 650-nya praktis gratis.

Yang menjadi masalah, menurut laporan dr. Erik Tapan, ternyata Treo 650 versi Fren tersebut tidak menyediakan fasilitas dial up networking, yang artinya tidak dapat dimanfaatkan sebagai modem. Berikut adalah transkrip pembicaraan Erik Tapan dengan petugas layanan pelanggan Mobile-8:

P: “Ok, kalau begitu bagaimana caranya mengakses internet dengan TREO sebagai modem?”
CC: “Untuk saat ini belum bisa Pak. Kita mesti mendownload dulu drivernya di situsnya Treo dengan membayar biaya puluhan ribu.” (kalimat terakhir di atas sudah disingkat, karena sebelumnya lebih berbelit-belit dari ini jawabannya)
P: “Puluhan ribu Rupiah?”
CC: “Dolar Singapura Pak”
P: “Bisa tolong tahu eksaknya berapa rupiah yha?”
CC ke belakang untuk nanya2. Setelah kembali: “Ternyata 34 dolar Amerika Pak”
P: “Koq drivernya nggak disediakan saja sekalian (mungkin ditambah nilai jualnya) agar pembeli bisa langsung menggunakan TREO sebagai modem?”
C: ” Wah Pak, nanti jatah 1 GB-nya cepat habis”

34 dolar? Jangan-jangan ‘driver’ yang ditawarkan ini adalah perangkat lunak PdaNet?

Di Amerika Utara sendiri memang paket-paket semacam ini juga menonaktifkan fasilitas dial up networking-nya. Sedangkan Treo 650 yang dijual terpisah sudah memiliki fasilitas ini. Untuk mengatasi ‘masalah’ tersebut, June Fabrics Technology membuat perangkat lunak PdaNet ini.

Tidak ingin membayar 34 dolar? Ada Bluetooth Dial Up Networking Hack. Catatan: saya sama sekali belum pernah mencobanya.

58 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!