27 July 2006

Pisang Ponti Hanyalah Tren Sesaatâ„¢

Posted under: at 04:22

Membaca tulisan Benny tentang pisang ponti, saya jadi ingin sedikit membahasnya. Sepertinya di Surabaya tren ini baru dimulai, Benny sendiri baru menemukan sedikit penjual pisang ini di Surabaya. Sedangkan di Depok, saat ini bisa dibilang setiap dua ratus meter ada yang menjual pisang ponti.

Pertama-tama pisang ponti dijual di Depok adalah sekitar setahun yang lalu, di dekat ruko Pesona Khayangan. Harganya adalah Rp 4000 kalau tidak salah, dan untuk mendapatkannya kita harus mengantri tidak kurang dari satu jam. Karena banyaknya peminat, terkadang penjual ini memberi jatah maksimum pisang yang dapat dibeli, atau kadang-kadang antrian sudah panjang bahkan saat sebelum penjualnya datang.

Sepertinya pengalaman saya tentang pisang ponti ini sama dengan kebanyakan teman-teman yang lain. Karena penasaran dengan panjangnya antrian, maka saya pernah mengantri satu jam untuk membeli pisang ponti. Ternyata rasanya tidak seenak yang dibayangkan, apalagi jika mengingat usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkannya. Yang lebih penting lagi mungkin adalah kandungan minyak di makanan ini menurut saya terlalu tinggi dan mungkin berbahaya bagi kesehatan. Tapi pisangnya sendiri memang enak, untuk memakannya biasanya saya kelupas lapisan kremesnya dan hanya memakan pisangnya saja.

Beberapa bulan kemudian satu per satu mulai bermunculan penjual lain, beberapa di antaranya dengan tempat yang jauh lebih baik dan promosi yang besar-besaran. Sampai saat ini menurut perhitungan saya, di sepanjang Jalan Margonda ada tak kurang dari 11 penjual pisang ponti. Dan tentunya antrian sudah jarang ditemukan lagi. Bahkan salah satu gerai juga menawarkan buku cara membuat pisang ponti. Mungkin suatu saat nanti pisang ponti juga akan tersedia di penjual gorengan biasa.

Yang jelas, panjang antrian tidak berbanding lurus dengan kualitas makanan.

121 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!