22 August 2006

Kemerdekaan Dalam Menulis Blog

Posted under: at 20:40

Menulis blog yang banyak dibaca dan dikomentari memiliki sisi baik dan buruk. Sisi baiknya, saya sering mendapatkan masukan dari banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tidak jarang ruang komentar di blog ini jauh lebih bermanfaat daripada isi tulisan saya sendiri. Selain itu, saya banyak mendapat masukan baik berupa komentar maupun email pribadi yang bisa menjadi inspirasi untuk tulisan-tulisan selanjutnya. Ini adalah hal yang sangat berharga bagi saya pribadi.

Sisi buruknya, tidak sedikit masukan yang bernada negatif. Yang saya maksud bukan komentar-komentar yang berbeda pendapat dengan tulisan saya. Juga bukan hate comment atau hate email yang biasanya tidak saya tanggapi, atau dalam kondisi tertentu bisa menjadi ‘hiburan’ tersendiri.

Yang saya maksud adalah komentar-komentar seperti berikut ini.

  • Bahwa tulisan saya tidak cukup penting atau tidak berguna baginya.
  • Bahwa saya terlalu banyak menulis tulisan pada topik tertentu.
  • Bahwa saya tidak menulis tulisan bertopik tertentu.
  • Bahwa tulisan di blog lain lebih bermutu daripada tulisan di blog saya.

Komentar-komentar semacam itu dapat dengan mudah meruntuhkan semangat untuk menulis blog, terutama penulis blog yang masih belum berpengalaman. Bagi para penulis komentar, saya sarankan untuk tidak memberi komentar seperti itu, di blog ini maupun di blog lain. Jika anda tidak menyukai tulisan tertentu, anda tidak perlu repot-repot untuk membacanya dan bahkan mengomentarinya. Jika tidak menyukai blog tertentu secara keseluruhan, silakan hapus blog tersebut dari program pembaca RSS anda, bye bye, we won’t miss you. Tidak ada yang memaksa anda untuk membaca blog tertentu, dan tidak ada yang memaksa anda untuk memberi komentar. Lebih baik tidak berkomentar sama sekali daripada membuat komentar yang meruntuhkan semangat untuk menulis blog.

Tapi seandainya masih ada yang berkomentar seperti itu, maka akan saya jawab dengan naskah proklamasi berikut ini:

Proklamasi

Kami penoelis blog dengan ini menjatakan kemerdekaaan penoelis blog.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Depok, hari 17 boelan 8 tahoen 06
Atas nama penoelis blog
Prijadi

Kemerdekaan adalah hak segala penulis blog. Tapi, apakah anda sudah menulis blog dengan merdeka, atau masih menulis sesuai tuntutan pembaca?

ps. tulisan ini harusnya dibuat tanggal 17 Agustus yang lalu, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :)

97 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!