22 September 2006

Kesalahan Logika Kegiatan Sosial

Posted under: at 05:51

Melakukan kegiatan sosial adalah hal yang positif. Memberi sumbangan kepada korban bencana gempa misalnya, akan membantu meringankan penderitaan korban, dan tentunya itu adalah hal yang baik. Tetapi kegiatan sosial jika dipublikasikan juga memberikan efek lain. Disadari atau tidak, diinginkan atau tidak, dilakukan secara ikhlas maupun tidak, kegiatan sosial akan meningkatkan citra di mata masyarakat. Dengan melihat sebuah kegiatan sosial, masyarakat cenderung untuk menilai kegiatan lain dari entitas yang melakukannya hanya dari aksi kegiatan sosial tersebut.

Sebagai contoh:

PT Acme Sejahtera membuang limbah sembarangan. Selain itu PT Acme Sejahtera juga menyumbangkan Rp 2 milyar untuk korban bencana alam. Karena menyumbang korban bencana alam adalah tindakan yang baik, maka membuang limbah sembarangan adalah tindakan yang baik.

Tentunya itu adalah kesimpulan yang salah. Tindakan kegiatan sosial haruslah ditinjau secara terpisah dari tindakan membuang limbah sembarangan. Dalam hal ini kegiatan sosial adalah hal yang terpuji dan membuang limbah sembarangan adalah tindakan tak terpuji.

Tahun 2001, Philip Morris beriklan dengan cara menonjolkan jumlah dana yang dikeluarkannya untuk kegiatan sosial. Apakah dengan demikian menjual rokok ke masyarakat menjadi hal yang baik?

Tahun 1930-an, gangster Al Capone sering memberikan makanan gratis untuk kaum miskin. Apakah dengan demikian ‘profesi’ Al Capone sebagai gangster menjadi dapat dibenarkan?

Kegiatan sosial adalah hal yang positif. Tetapi hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaku kegiatan sosial tersebut harus ditinjau secara terpisah. Jika seorang koruptor melakukan kegiatan sosial, maka aksi kegiatan sosial dan aksi melakukan korupsi adalah dua hal yang harus ditinjau secara terpisah. Korupsi tidak lantas menjadi benar hanya karena pelakunya melakukan kegiatan sosial.

Menarik kesimpulan berdasarkan kegiatan sosial yang dilakukan adalah termasuk kesalahan logika ignoratio elenchi, tidak jauh berbeda dengan “Karena Chewbacca tinggal di Endor, maka terdakwa tidak bersalah.”

91 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!