19 December 2006

Seleb Blogâ„¢

Posted under: at 23:36

Dua minggu yang lalu, Fany menceritakan salah seorang temannya yang menutup blognya hanya karena blog tersebut tidak dikomentari oleh seseorang yang disebutnya sebagai seleb blogâ„¢.

Dan di sisi lain, empat hari kemudian, saya mendapatkan sebuah email dari Mas Ahmad Rusli ID-SIRTII yang isinya ucapan terima kasih karena saya adalah komentator pertama di blog barunya. Saya sendiri bisa menemukan blog tersebut hanya karena beliau meletakkan saya dalam blogroll-nya dan sudah menjadi rutinitas saya untuk mengamati tulisan blog yang melakukan taut ke blog saya maupun tulisan di blog saya.

Dari dua kejadian ini saya berkesimpulan bahwa komentar adalah salah satu hal yang dapat menyemangati seseorang untuk menulis blog, terutama bagi penulis blog baru. Walaupun demikian, karena keterbatasan waktu dan tenaga, saya tidak memiliki kemampuan untuk mengomentari semua blog milik orang-orang yang pernah berkomentar di blog saya ini.

Tetapi sebenarnya siapa yang mengomentari tidaklah terlalu penting. Yang lebih penting adalah komentar yang disampaikan. Seseorang –seleb blogâ„¢ atau bukan– dapat mengikuti pembicaraan pada blogosfer sesuai topik tertentu dan berkomentar pada blog yang membahas topik tertentu tersebut, dan tentunya terlepas dari apakah blog tersebut blog milik seleb blogâ„¢ atau bukan.

Kalau saya lihat, tidak sedikit komentar di blog ini yang kualitasnya melebihi tulisan saya sendiri, dan ini terlepas dari siapa yang berkomentar, seleb blogâ„¢ atau bukan. Dan bahkan tidak jarang yang memberi komentar yang berkualitas justru yang berkomentar secara anonim.

Dan yang sebaiknya dihindari tentunya adalah berkomentar pada sebuah blog hanya karena blog tersebut adalah milik seleb blogâ„¢.

ps. Saya sendiri tidak ge-er merasa sebagai salah satu seleb blogâ„¢ yang dimaksud. Menurut saya seleb blogâ„¢ itu misalnya Andry atau Paman Tyo atau Budi Putra atau Pak Amal atau masih banyak yang lainnya.

pps. Walaupun demikian, ternyata ada yang menganggap saya seleb blogâ„¢. Karena sekarang sedang musim gerakan jangan komen di blog seleb, maka saya perkirakan tulisan saya ini tidak akan mendapat lebih dari 20 komentar.

158 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!