21 December 2006

Penipuan Tagihan Domain

Posted under: at 12:41

Salah satu klien kantor saya minggu lalu menerima sebuah fax yang misterius. Fax ini berisi sebuah tagihan pembayaran domain sebesar $966! Yang mengirim tagihan untuk domain co.id ini menamakan dirinya CRS, Central Registration Service. Jika klien saya tidak membayar $966 dalam jangka waktu 21 hari, maka mereka mengancam untuk menghapus domain klien saya tersebut.

Mereka memberi instruksi untuk mengirim balik isian pada lembar kedua melalui nomor fax +1.212.627.8877, lengkap dengan keterangan bahwa +1 adalah kode Amerika Serikat dan 212 adalah kode New York City. Menurut Google, nomor telepon ini dimiliki oleh Peter C Newton dan berlokasi di sebuah gedung apartemen di Manhattan, New York.

Sedangkan untuk melakukan pembayaran, pelanggan korban dapat menggunakan cek, kartu kredit atau transfer bank. Untuk pembayaran melalui cek mereka memberikan alamat yang mungkin merupakan sebuah gedung kantor di Manhattan. Sedangkan untuk pembayaran melalui kartu kredit, mereka memberikan URL central-registration-service.com yang saat ini sudah tidak dapat diakses. Untuk pembayaran melalui transfer bank, mereka memberikan kode SWIFT LOYAVCVX. Berdasarkan situs web SWIFT, dapat diketahui bahwa ini adalah kode Loyal Bank Limited di Saint Vincent dan Grenadines, sebuah negara kepulauan kecil di Karibia.

Dari pencarian di Google, ternyata sudah banyak yang menerima ‘tagihan’ yang serupa. Apa ada orang Indonesia lain yang mendapatkan ‘tagihan’ seperti ini?

’Tagihan domain’

66 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!