20 April 2007

Mesjid Dian Al-Mahri

Posted under: at 23:44

Sejak awal tahun ini, setiap saya ke Bandung pasti saja ada keluarga atau teman yang menanyakan kesan-kesan tentang ‘mesjid berkubah emas’â„¢. Mesjid yang dimaksud tentunya adalah Mesjid Dian Al-Mahri di Limo, Depok.

Karena sering ditanya tapi tidak bisa menjawab karena memang belum pernah mengunjungi, maka sekitar dua bulan yang lalu saya beserta istri dan anak menyempatkan diri untuk mengunjungi mesjid ini. Kesan pertama saya sangat mengagetkan karena ternyata anak saya yang baru berusia satu tahun dilarang masuk, bahkan untuk ke pekarangan mesjid sekalipun. Petugas menyarankan kami untuk bergantian ke dalam. Tentunya kami menolak karena jarak antara gerbang ke mesjid cukup jauh.

Menurut petugas, anak kecil berusia di bawah 10 tahun tidak diperkenankan masuk ke lingkungan mesjid kecuali pada jam shalat Jumat. Dan ini adalah peraturan yang ditetapkan oleh pengelola mesjid. Baru pertama kali ini saya melihat anak kecil dilarang masuk mesjid. Kami hanya bisa berbalik dan pulang.

Tadi siang, saya menyempatkan diri untuk kembali ke mesjid tersebut untuk shalat Jumat. Kali ini mobil diperbolehkan parkir di dalam pada tempat parkir yang sangat luas (dalam kesempatan sebelumnya kami hanya diperkenankan parkir di luar). Di pintu mesjid disediakan minum gratis. Di dalam mesjid terasa sejuk walaupun dijubeli banyak orang. Yang jelas shalat Jumat di mesjid ini cukup nyaman. Satu-satunya hal negatif adalah jarak batas suci dan pintu masuk mesjid cukup jauh sehingga kaki saya hampir melepuh.

Seusai shalat Jumat, saya baru mengetahui ternyata banyak peserta yang merupakan wisatawan dari luar kota. Petugas keamanan berada di sekeliling mesjid bertugas salah satunya untuk mengingatkan pengunjung misalnya untuk tidak membuang sampah sembarangan atau menginjak rumput. Saya sendiri memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil beberapa foto.

Saya menyempatkan diri untuk bertanya kepada petugas apakah sekarang anak kecil masih dilarang masuk ke lingkungan mesjid. Petugas mengiyakan, tetapi kini anak kecil di bawah 10 tahun diperbolehkan untuk masuk ke kompleks mesjid. Beliau menambahkan anak kecil diperkenankan untuk masuk ke aula (bangunan beratap hijau), tetapi tetap tidak diperkenankan untuk memasuki mesjidnya sendiri.

Menurut saya seharusnya jangan sampai kita melarang anak kecil untuk masuk ke mesjid. Dan bahkan sebaliknya, justru mesjid harus menjadi lingkungan yang ramah untuk anak kecil. Beberapa mesjid lain tahu ini, misalnya dengan melengkapi mesjid dengan tempat bermain supaya si anak menjadi lebih betah di mesjid.

Beberapa foto:

Mesjid Dian Al-Mahri 1

Mesjid Dian Al-Mahri 2

Mesjid Dian Al-Mahri 3

Mesjid Dian Al-Mahri 4

Mesjid Dian Al-Mahri 5

Mesjid Dian Al-Mahri 6

Mesjid Dian Al-Mahri 7

Mesjid Dian Al-Mahri 8

Mesjid Dian Al-Mahri 9

Mesjid Dian Al-Mahri 10

155 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!