1 May 2007

Di Balik Ribut-Ribut Ngadutrafik 2007

Posted under: at 22:34

Ngadutrafik lagi? Ini memang topik basbang. Semuanya sudah sepakat untuk tidak melanjutkan lagi ribut-ributnya, tetapi sepertinya masih ada yang belum puas. Tulisan ini dibuat untuk ‘tidak melanjutkan’â„¢ ribut-ributnya :).

Omong-omong soal kegiatan ini, sejak beberapa hari yang lalu, saya menerima beberapa email dari seseorang, sebutlah namanya Dian. Keterlibatan Dian dimulai dari kasus dibajaknya blog Wadehel. Saat itu, Dian adalah salah satu yang melaporkan pembajakan blog tersebut kepada pihak WordPress.com.

Dian melaporkan pembajakan tersebut melalui fasilitas Report as spam yang berada di bawah menu Blog Info yang ada di kanan atas setiap blog WordPress.com. Dian memberikan alasan bahwa blog hasil pembajakan tersebut adalah hasil ‘balas dendam’ dari sebagian kecil peserta Ngadutrafik 2007 setelah mengetahui blog mereka ditutup oleh WordPress.com. Dalam laporannya, Dian juga menyebut-nyebut soal kontes Ngadutrafik 2007. Efek samping laporan tersebut, bukan hanya blog bajakan Wadehel yang ditindak, tetapi WordPress.com juga memburu blog-blog lain yang merupakan blog kontestan Ngadutrafik 2007.

Ironisnya, bisa dibilang kenyataan bahwa WordPress.com saat ini relatif bersih dari blog peserta Ngadutrafik 2007 justru karena tindakan balas dendam yang dilakukan oleh seorang peserta.

Dalam korespondensi antara Dian dan WordPress.com, WordPress.com juga sempat menanyakan mengapa blog Nenda mengalami lonjakan dan mengapa ada kata kunci ngadutrafik 2007 di tulisan-tulisannya. Dian diminta untuk menerjemahkan isinya karena mereka mengira Nenda adalah salah satu kontestan. Dian kemudian menjawab dengan cerita tentang segala hal mengenai duduk perkaranya.

Dalam salah satu laporannya ke tim WordPress.com, Dian menceritakan kasus Nenda yang melaporkan dua blog kontestan ke WordPress.com. Laporan ini dibantah oleh tim WordPress.com. Mungkin karena masalah teknis, laporan Nenda ternyata tidak sampai ke pihak WordPress.com. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ditutupnya blog-blog tersebut bukanlah karena laporan dari Nenda. Pihak WordPress.com menambahkan bahwa blog-blog tersebut ditutup berdasarkan cukup banyak laporan dari anggota WordPress.com.

Salah satu blog non-kontestan yang disebut-sebut ditutup karena laporan Nenda dan/atau Wadehel adalah abahapis.wordpress.com. Dalam emailnya ke Dian, pihak WordPress.com membantah hal tersebut. Abahapis.wordpress.com ditutup karena terdapat taut afiliasi spam pada sidebar-nya, dan penutupan sama sekali tidak berhubungan dengan kontes Ngadutrafik 2007. Sedangkan untuk blog honestthought.wordpress.com, blog tersebut dihapus dengan sengaja oleh pemiliknya.

Dian menambahkan bahwa tim WordPress.com mengandalkan laporan dari pengguna lewat fasilitas Report as spam. Untuk kasus Ngadutrafik 2007, Dian menyerahkan kata kuncinya kepada tim WordPress.com untuk membantu mereka supaya bisa menindaklanjutinya sendiri. Namun pada kenyataannya Dian masih menemukan banyak akun WordPress.com yang dipakai untuk mengikuti kontes. Untuk ini, Dian terpaksa melaporkannya secara manual. Menurut Dian, pada hari Sabtu kemarin, masih ada tiga blog kontestan yang masih aktif. Saya tidak tahu apakah saat ini blog-blog tersebut masih aktif atau sudah ditindaklanjuti.

Mengenai tindakannya ini, Dian berkomentar:

Saya hanya mencoba membantu secara diam-diam. Soalnya setelah saya baca komentar-komentar di blog yang “ramai”, ternyata masih banyak penulis blog dengan gaya berpikir yang “nyeleneh”.

Membaca email dari Dian, saya pribadi terkesan dengan keseriusan pihak WordPress.com dalam memerangi penyalahgunaan layanan blognya. Kemungkinan besar ini sebabnya sangat sedikit blog spam (splogs) di WordPress.com jika dibandingkan dengan layanan lain seperti Blogger. Kedekatan dengan komunitas juga bisa menjadi faktor yang mendukung hal tersebut.

***

Ini adalah tulisan saya yang terakhir tentang Ngadutrafik 2007. Dian bukanlah nama sebenarnya dan tidak ada hubungannya dengan Dian-Dian yang lain. Dan sebenarnya saya tidak mengetahui identitas yang bersangkutan. Beliau menggunakan akun email anonim untuk menghubungi saya.

68 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!