26 June 2007

Blogroll dan Kebijakan Pertukaran Taut

Posted under: at 21:30

Saya sering mendapat permintaan untuk melakukan pertukaran taut melalui berbagai media komunikasi. Bentuk kerjasama yang ditawarkan biasanya adalah sebagai berikut: saya membuat taut menuju situs web mereka, dan mereka membuat taut menuju blog saya ini. Rata-rata, saya mendapat sekitar dua kali permintaan pertukaran taut setiap minggunya.

Jika hal ini terjadi hanya beberapa kali mungkin tidak akan menjadi masalah, tetapi jika sangat sering terjadi tentunya akan menjadi masalah besar karena secara teknis tidak mungkin semuanya bisa saya layani. Jika saya memaksa untuk meladeni semuanya, maka sebagian besar blog saya hanya akan berisi taut ke situs web lain.

Lalu bagaimana cara saya menangani permintaan-permintaan seperti itu? Sampai saat ini, biasanya saya hanya bisa mencoba untuk menghindari mereka. Setelah berkonsultasi dengan beberapa penulis blog lain, rasanya cara yang mereka tempuh juga kurang lebih sama, yaitu menghindari mereka.

Tapi menghindar saja tentunya tidak cukup. Kadang-kadang saya juga ‘tertangkap basah’ dan terpaksa untuk memutuskan saat itu juga apakah akan menambahkan blog teman saya ini atau tidak. Ini adalah keputusan yang sulit, jika saya menolak tentunya saya merasa tidak enak. Di sisi lain, jika saya menerima, itu hanya akan menambah panjang deretan taut pada blogroll saya yang sudah kelewat panjang tanpa memberi nilai tambah kepada pembaca.

Untuk itu, dalam tulisan kali ini, saya akan membuat penegasan tentang kebijaksanaan saya soal blogroll. Jika ada yang meminta pertukaran taut atau semacamnya, di masa yang akan datang saya cukup berikan jawaban dalam bentuk tulisan ini.

Jadi, kebijaksanaan pertukaran taut saya adalah sebagai berikut:

  • Saya tidak melakukan perjanjian pertukaran taut dengan tujuan untuk menaikkan peringkat mesin pencari.
  • Saya akan menambahkan taut pada blogroll saya atas inisiatif pribadi, sesuai dengan minat saya, dan tentunya tanpa menuntut blog tersebut untuk membuat taut balik menuju blog saya.
  • Silakan menambahkan blog saya di blogroll anda, tetapi sebaiknya jangan mengharapkan saya melakukan hal yang sama terhadap blog anda. Sebaliknya, saya akan menambahkan blog-blog tertentu di blogroll saya tanpa mengharapkan timbal balik dari blog yang bersangkutan.
  • Jika anda ingin memperkenalkan blog anda kepada saya, silakan saja, tetapi sebaiknya anda tidak terlalu berharap bahwa saya akan membuat taut menuju blog anda di blogroll saya, walaupun saya tidak menutup kemungkinan tersebut.
  • Jika anda benar-benar menginginkan saya membuat taut menuju blog atau situs web anda, maka ini sudah termasuk dalam ranah iklan. Silakan hubungi saya untuk informasi lebih lanjut atau lihat halaman tentang beriklan.

Semoga kebijaksanaan saya ini tidak dianggap sebagai bentuk eksklusivitas seleb-blog atau semacamnya. Mohon dipertimbangkan jika semua tuntutan pertukaran taut saya penuhi, maka saat ini blog saya hanya akan dipenuhi oleh taut semata.

Blogroll adalah komponen blog yang memberikan warna pada identitas blog yang bersangkutan. Kualitas blog ditentunyakan salah satunya dari kualitas blogroll-nya. Dalam pandangan saya, sebaiknya blogroll digunakan untuk menunjang isi dari blog tersebut. Dan bukan digunakan semata-mata sebagai ajang pertukuran taut untuk mendapatkan manfaat sesaat berupa kenaikan peringkat mesin pencari.

Menurut saya, blogroll yang berkualitas bukanlah blogroll yang banyak isinya, melainkan blogroll yang memiliki taut-taut berkualitas tinggi. Pembuatan taut menuju blog lain sebaiknya dilakukan atas dasar kualitas taut tersebut, dan bukan semata-mata karena kesediaan pemilik blog yang bersangkutan untuk membuat taut balik.

111 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!