12 February 2008

Uji Buta Warna

Posted under: at 13:29

Uji Ishihara

Anak saya genap berumur 2 tahun pada bulan Januari kemarin. Dia sudah bisa menghitung dan mengenali bilangan 1 sampai 10 serta alfabet dari A sampai Z. Keduanya dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Yang menjadi masalah, dia masih juga belum bisa mengidentifikasi warna. Kedua orang tuanya mulai khawatir anaknya menderita buta warna.

Untuk itu saya coba mencetak beberapa lembar uji warna Ishihara. Uji ini terdiri dari beberapa lembar gambar yang menyamarkan angka atau huruf dalam titik-titik yang tidak beraturan. Jika memiliki penglihatan yang normal, seseorang harusnya bisa mengidentifikasi angka atau huruf tersebut. Hasilnya? Ternyata anak saya masih kesulitan mengidentifikasi angka dalam uji tersebut.

Tak mudah menyerah, orang tuanya kembali ke Internet dan menemukan uji warna Ishihara versi lain, kali ini versi khusus untuk anak kecil. Berbeda dengan uji Ishihara yang ada di Wikipedia, versi ini tidak menggunakan angka, tetapi menggunakan bentuk-bentuk seperti bintang, bujursangkar atau lingkaran. Walaupun anak saya sudah bisa mengenali bilangan maupun alfabet, tapi tidak ada salahnya mencoba yang ini juga. Hasilnya ternyata masih negatif :(.

Dokter mengatakan bahwa anak kecil baru bisa mengenali warna dengan normal pada saat berusia tiga tahun. Jadi mungkin saya masih harus bersabar :).

Bagi yang sudah punya anak yang sudah besar: umur berapa si anak mulai bisa mengidentifikasi warna?

123 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!