19 February 2008

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Internet

Posted under: at 13:12

KBBI

Selama ini yang menjadi acuan kosakata Bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Setelah sekian lama tidak memiliki versi Internet, akhirnya pada awal bulan ini diluncurkan KBBI Daring yang dapat dilihat melalui Internet.

Dengan adanya versi Internet ini, semoga KBBI dapat diperbaharui terus menerus secara berkala tanpa harus menunggu rilis KBBI versi buku berikutnya yang mungkin baru terbit beberapa tahun kemudian.

Satu kekurangan adalah tidak adanya URL permanen. Karena menggunakan metoda POST, pengguna tidak mendapatkan URL yang merujuk ke definisi kata tertentu secara langsung. Untuk dapat mendapatkan definisi sebuah kata, pengguna harus menggunakan form yang terdapat pada situs KBBI Daring tersebut. Walaupun demikian, tentunya ini hanya sebuah kekurangan kecil yang sama sekali tidak sulit untuk diperbaiki.

Setelah ada KBBI versi Internet, kebutuhan berikutnya yang saat ini belum terpenuhi adalah:

  • Daftar lengkap seluruh kata yang ada dalam KBBI dalam lisensi yang bebas sehingga dapat digunakan oleh perangkat lunak pengecek ejaan. Saat ini, dukungan pengecekan ejaan dalam Bahasa Indonesia masih relatif minim dibandingkan dengan bahasa lainnya.
  • Kamus tesaurus Bahasa Indonesia versi Internet :).

100 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!