7 January 2011

Gelang Power Balance dan Bisnis Placebo

Posted under: at 15:59

Jika seseorang diberi obat palsu yang sebetulnya sama sekali tidak ada khasiatnya, tetapi orang tersebut diberi informasi bahwa obat tersebut dapat menyembuhkan, maka kondisi orang tersebut bisa jadi akan membaik. Ini disebut efek placebo. Kondisi orang tersebut membaik bukan karena obatnya, tetapi karena efek placebo.

Beberapa ‘pebisnis’ sangat mengerti fenomena ini. Salah satunya adalah Power Balance. Model ‘bisnis’ mereka kira-kira seperti ini:

Pertama-tama, buatlah sebuah alat, obat, terapi, sistem pengobatan atau bahkan perhiasan atau sesuatu yang dapat dikenakan. Apakah barang-barang tersebut benar-benar mengobati atau menyehatkan bukan sesuatu yang penting. Yang penting barang-barang tersebut harus terlihat indah dan meyakinkan.

Kemudian, buatlah klaim bahwa barang-barang tersebut menyembuhkan, mengobati atau menyehatkan. Jangan lupa beri bumbu bagaimana barang tersebut dapat memperbaiki diri kita. Tidak perlu masuk di akal, yang penting terdengar ‘wah’ dan meyakinkan. Jangan lupa gunakan istilah-istilah ‘canggih’ seperti energi, frekuensi, resonansi, medan energi dan semacamnya, walaupun sangat tidak pada tempatnya. Semakin banyak penggunaan istilah-istilah canggih ini, maka semakin banyak orang-orang yang tidak mengerti. Dan itu artinya semakin bagus!

Setelah itu yang diperlukan hanyalah memasarkan ‘produk’ tersebut. Keinginan korban untuk menjadi lebih sehat akan mengalahkan akal sehatnya. Kebanyakan korban tidak akan menyadari bahwa barang yang dijual hanyalah tipu-tipu semata.

Kondisi sebagian pemakai produk tersebut memang akan membaik. ‘Untungnya’, orang-orang ini tidak tahu bahwa kondisi mereka membaik bukan karena produk yang mereka gunakan, tetapi hanya karena efek placebo. Orang-orang akan mulai ‘bersumpah’ bahwa produk-produk tersebut ‘bekerja’, dan mulai mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Bukan hanya itu, jika orang-orang ini diberi tahu bahwa dia tertipu, besar kemungkinan mereka akan balik membela habis-habisan produk-produk palsu tersebut.

Soal harga, barang-barang ini tidak perlu dijual terlalu murah. Orang-orang ini akan mengeluarkan uang berapa saja untuk apapun yang diklaim dapat memperbaiki kesehatannya. Pasang harga dengan profit margin 90%? Tidak masalah! Setelah melalui proses produksi masal, gelang karet Power Balance mungkin harga produksinya tidak mencapai Rp 50 ribu, tetapi dapat dijual sampai dengan Rp 500 ribu!

Pengeluaran untuk riset pun nihil. Satu-satunya riset (jika ini ingin dibilang sebagai ‘riset’) adalah mengarang cerita indah tentang bagaimana produk ini dapat memperbaiki diri kita!

Selama manusia memiliki keinginan untuk memperbaiki kondisinya dengan cara yang instan, maka produk-produk ini akan tetap ada. Selama ‘pangsa pasar’-nya masih ada, produk-produk seperti Power Balance bukanlah yang terakhir.

58 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!