26 July 2011

Proton Exora Star yang Nyaman dan Terjangkau

Posted under: at 11:59

Selama dua hari saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi gerai Proton Indonesia yang mendominasi area Gambir Expo di  Jakarta Fair 2011.

Pada kali ini, gerai Proton Indonesia menampilkan mobil MPV Proton Exora. Proton Exora sendiri terdiri dari empat tipe, yaitu Star, Executive MT, Executive AT dan Supreme. Sedangkan yang diandalkan oleh PT. Proton Edar Indonesia dalam perhelatan kali ini adalah Proton Exora Star. Proton Exora merupakan produk MPV pertama yang diproduksi oleh Proton. Terlihat Proton juga ingin masuk ke pasar MPV yang menjadi pasar mobil paling populer di Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Walaupun Proton Exora Star merupakan kelas entry dari mobil MPV keluaran Proton, kendaraan ini masih menawarkan sesuatu yang lebih daripada kendaraan lain yang sekelas.

Proton Exora Star dilengkapi dengan audio head unit yang mendukung radio FM/AM, CD audio, MP3, WMA dan Bluetooth. Unit ini berukuran double DIN yang lebih nyaman dioperasikan dibanding unit single DIN yang ditawarkan mobil-mobil lain yang sekelas. Bahkan Proton Exora tipe lainnya juga dilengkapi dengan setelan audio yang terletak di setir.

Walaupun kelasnya adalah entry level, Proton Exora Star dilengkapi dengan AC double blower. Berbeda dengan kebanyakan kendaraan lain sejenis, blower untuk penumpang di bagian tengah dan belakang kendaraan diletakkan di bagian sisi. Desain ini memberi kesan interior yang lebih lapang dan lebih rapih. Tak mengesankan kelas entry level, Proton Exora Star juga dilengkapi dengan kontrol kaca spion elektronis, power window dan pengatur ketinggian kursi pengemudi.

Satu hal yang menjadi favorit saya adalah kursi tengah dan belakang dapat dilipat rata sehingga bagian belakang dan tengah kendaraan dapat disulap seketika menjadi tempat mengangkut barang yang relatif luas. Pada kendaraan saya yang sekarang, biasanya saya harus terlebih dahulu melepaskan kursi belakang untuk melakukan hal yang sama. Fitur ini sangat berguna bagi saya yang tak jarang memiliki keperluan untuk mengangkut banyak barang. Sayangnya fitur sepele namun penting seperti ini biasanya tidak begitu diperhatikan kebanyakan produsen kendaraan lainnya.

Proton Exora Star dilengkapi mesin 1600cc 4 silinder DOHC 16V. Dan yang paling menarik tentu adalah harganya. Proton Exora Star dibanderol dengan harga Rp 154 juta saja. Menurut saya, dibandingkan mobil lain yang sekelas, harga Rp 154 juta untuk mobil 1600cc sangatlah kompetitif. Selain itu, Proton juga menawarkan program Buy Back Guarantee untuk 3 tahun atau 60000 km.

Saat menuju area Jakarta Expo, saya sempat menaiki mobil Proton Exora. Walaupun hanya sebagai penumpang, saya merasakan secara umum mobil ini nyaman untuk dikendarai. Padahal saya duduk di kursi belakang yang umumnya tidak begitu nyaman bagi kendaraan MPV kelas entry level.

Selain Exora Star, Proton juga menampilkan mobil balap Lotus Exige S. Mobil ini adalah produksi dari Lotus Cars di Norfolk, Inggris. Lotus Cars sendiri merupakan anak perusahaan Proton melalui akuisisi yang dilakukan pada tahun 1994. Pada acara Jakarta Expo 2011, mobil balap ini tentunya hanya ditampilkan, dan tidak dipasarkan. Kabarnya, mobil Exige S ini dibawa sendiri oleh pembalap penguji tim Lotus Renault F1 Fairuz Fauzy.

Pada tanggal 10 Juli 2011 yang merupakan hari terakhir Jakarta Expo, saya kembali lagi ke gerai Proton Indonesia. Tak lama setelah saya tiba, ternyata Proton menghadirkan Puteri Indonesia Pariwisata. Setelah acara bincang-bincang, ternyata dilanjutkan dengan sesi foto dengan latar mobil-mobil produksi Proton. Kesempatan ini tentunya tidak saya lewatkan begitu saja, walaupun harus bersusah payah berebut tempat berfoto bersama puluhan fotografer lainnya.

20 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!