31 July 2011

Mengunjungi Gerai Mazda di IIMS 2011

Posted under: at 17:24

Selama dua hari, tanggal 27 dan 28 Juli yang lalu, saya diberi kesempatan untuk mengunjungi gerai Mazda Indonesia di IIMS 2011 dan mengulas kendaraan-kendaraan yang mereka pamerkan. Dalam ajang kali ini, Mazda menampilkan produk-produk Mazda2, Mazda2 Sedan, Mazda8, Mazda RX-8 dan Mazda MX-5.

Dari tempat pertemuan di Plaza Semanggi, kami dijemput oleh sebuah mobil Mazda2 Sedan berwarna merah. Ini adalah kali pertama saya menaiki kendaraan ini.

Nilai jual utama kendaraan sedan tentunya adalah kenyamanan, dan Mazda2 Sedan bukanlah pengecualian. Mazda2 Sedan merupakan kendaraan sedan kelas compact yang memiliki mesin 1500cc dan tersedia dalam dua tipe S dan R. Kedua tipe ini juga tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Menurut brosur, perbedaan tipe S dan R ini terletak pada ketersedia fitur-fitur lampu kabut, kaca spion yang dapat diliat secara elektronis, spoiler belakang, trip computer, indikator temperatur luar dan kontrol audio di setir pengemudi. Dalam pameran IIMS 2011 ini, Mazda 2 Sedan dibanderol dengan harga Rp 220 juta sampai dengan Rp 245 juta.

Kendaraan berikutnya yang saya lihat-lihat adalah jenis hatchback dari Mazda2 Sedan, yaitu Mazda2, tanpa embel-embel ‘sedan’. Perbedaan Mazda2 dan Mazda2 Sedan adalah Mazda2 berjenis hatchback. Jika kita jalan-jalan di Kota Jakarta, maka dapat dengan mudah kita perhatikan bahwa hatchback merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling populer. Ukurannya yang kecil memudahkan kendaraan ini melalui jalan-jalan sempit Kota Jakarta dan mendapatkan ruang parkir. Omong-omong mengenai parkir, baik Mazda2 dan Mazda2 Sedan memiliki fasilitas reverse parking camera. Jika gigi dalam posisi mundur, maka otomatis layar akan menampilkan situasi di belakang. Ini sangat memudahkan misalnya jika akan parkir paralel. Kekurangan jenis hatchback dibandingkan versi sedan adalah kapasitas bagasi yang lebih kecil. Mazda memberi solusi atas masalah ini dengan kursi belakang yang dapat dilipat rata.

Dalam IIMS 2011, tak kurang ada 4 mobil Mazda2 yang dipamerkan. Ditambah dengan brosur tebal 20 halaman, menunjukkan bahwa kendaraan ini merupakan andalan utama Mazda dalam perhelatan kali ini. Di pameran kali ini, Mazda2 ditawarkan dengan harga Rp 179 juta sampai dengan Rp 211 juta, ditambah dengan Limited Edition seharga Rp 230 juta.

Selanjutnya, Mazda juga menampilkan kendaraan sedan Mazda6. Kendaraan ini adalah sedan kelas atas yang dalam IIMS 2011 ditawarkan dengan harga Rp 485 juta. Sebagai sedan kelas atas, Mazda6 menawarkan berbagai kemewahan seperti electric sunroof, cruise control, dan sistem audio 8 speaker dari Bose. Mazda6 memiliki mesin 2500cc dan transmisi otomatis 6 kecepatan.

Kendaraan terakhir yang saya lihat adalah duo mobil sport Mazda RX-8 dan Mazda MX-5. MX-5 adalah kendaraan sport dua kursi yang atapnya bisa dibuka-tutup secara elektronis hanya dalam 12 detik. Sedangkan RX-8 dengan empat tempat duduk dan dua pintunya, adalah gabungan dari sedan sport dan fungsional. MX-5 memiliki mesin 2000cc. Sedangkan RX-8 memiliki mesin jenis Wankel rotary 2 x 654cc. Pada pameran ini, MX-5 dan RX-8 dibanderol dengan harga masing-masing Rp 590 juta dan Rp 659 juta.

6 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!