Marketshare Software Blogging

Saya melakukan investigasi kecil mengenai perangkat lunak yang digunakan pada blog dari teman-teman yang ada pada sisi navigasi situs saya. Hasilnya adalah sebagai berikut:

* [WordPress](http://www.wordpress.org): Big, Ananda, Arif, Benny, David, Eko, Idban, Mdamt, Nofie, Nugi, Aris, Ronny, Trias, Jay
* [MovableType](http://www.movabletype.org): Boy, Enda, Amal, Thomas
* [Blogger](http://www.blogger.com): Andi, Pak Andika, Pak Budi, Rani, Sireno, Bimo
* [Multiply](http://multiply.com): Tomita, Henry
* Lain-lain atau buatan sendiri: Firman, Bayu, Harry

Skor sementara adalah: WordPress 13, MovableType 4, Blogger 6. Untuk sementara WordPress memimpin dengan sangat jauh. Sedangkan MovableType walaupun cuma 4 orang, tetapi keempat orang itu adalah tokoh *blogging* Indonesia :). Multiply tidak dedesain untuk blogging, tetapi ada beberapa teman yang menggunakan Multiply untuk itu.

Investigasi ini sangat tidak ilmiah sama sekali. Perkiraan saya, di kalangan pemblog Indonesia, yang paling populer adalah Blogger. Mungkin karena teman-teman saya termasuk pengguna yang suka mengutak-atik, mereka lebih suka WordPress atau MovableType.

16 comments

  1. wah wah ralat, bila yang dimaksud dalam WordPress: Big, Ananda, Arif, Benny, David, Eko, Firman, Idban, Mdamt, Nofie, Nugi, Aris, Ronny, Trias, Jayadalah saya. bila tidak ya maap. karena saya bukan lah WP user, dan hingga saat ini masih berkutat untuk menghasilkan sebuah XML based software blogging yang sampe saat ini masih berjalan. silahkan lihat current demo. Anw, karena saya lebih suka file-based software blogging, maka sampe saat ini blog di kampus masih ngandalin MT.

  2. Waks, saya diberi kehormatan sebagai tokoh blogging Indonesia? Ngeri kali pun! :) Tadi malam setelah konferens dengan Priyadi dan Thomas dikasih tahu dapat gelar “pakar” juga cengar-cengir.

    Alhasil, MT tetap top! Hakakakaka, suwer deh pernyataan ini untuk Benny. ;)

  3. ikutan ngeri sama mas amal hii hekehke.. anyway coba liat di http://www.blogbugs.com/ yg seharusnya jadi direktori blog indonesia, walaupun ga menjamin tapi ada statistik blog engine yg digunakan (WP ga kesebut, nanti gue marahin heheheh): B2(26), Blogger(494), Greymatter(11), MovableType(31), PMachine(36), Lain-lain(184)

  4. B2(26), Blogger(494), Greymatter(11), MovableType(31), PMachine(36), Golput(184)

    itu yang golput ada berapa yang pendukung WP ya… :) (gusdur mode) lihat aja, biar saya gak masuk jadi calon presiden juga yang penting rakyat milih saya, coba liat aja berapa tuh yang golput, itu artinya kan rakyat pilih saya. (/gusdur mode)

  5. pake MT alasannya simple. mengelola 2 blog utama dan 1 blog pendukung dan sistemnya udah MT-based banget karena ketiga-tiganya saling bergantung satu sama lain. Ganti ke engine weblog lain males banget deh. Lagipula udah lumayan kenal sama tokoh2 utama MT :)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *