Mudik!

Saat ini saya sedang berada di Bandung untuk urusan mudik lebaran. Saya datang di Bandung kemarin pagi bersama [Nugi](http://nugraha.net), Nugi sendiri sekarang sudah melanjutkan perjalanan mudiknya ke Tasikmalaya. Perjalanan dari Jakarta ke Bandung tidak mengalami hambatan. Memang terlihat sudah ada cukup banyak kendaraan mudik menuju arah yang sama, tetapi tidak ada kemacetan. Mungkin karena kami pergi pada malam hari dan juga pada H-5 arus mudik belum begitu terasa.

Pada kesempatan yang lain, arus komentar, *posting*, dan bahkan spam atau *trolling* di blog ini dan blog-blog lainnya terasa mengalami penurunan sejak sabtu kemarin. Mungkin para pemblog ada yang sudah memasuki suasana mudik atau memang sedang sibuk membereskan pekerjaannya masing-masing sebelum harus mudik. Tetapi anehnya jumlah pengunjung ke blog ini malah mengalami peningkatan sekitar 10-20%.

Tahun ini saya dan keluarga tidak mudik ke Cirebon seperti tahun-tahun sebelumnya karena eyang saya kini berdomisili di Bandung. Tetapi pada lebaran tahun ini saya akan mudik ke Medan untuk pertama kalinya (mertua saya tinggal di Medan). Mudik ke Medan insya Allah akan saya lakukan pada minggu pertama Desember. Waktunya saya samakan dengan kepulangan istri saya dari Amerika Serikat. Kesan pertama sebelum mudik ke Medan: “Wah tiketnya mahal sekali”. Harga tiket pesawat sewaktu hari raya bisa lebih dari dua kali lipat hari-hari biasa.

Mohon maaf jika ada pesan *instant messaging* atau email yang belum sempat saya balas pada hari-hari ini. Email tidak saya ‘bawa’ sewaktu mudik :).

2 comments

  1. dear priyadi,
    u don’t know me, but i’m ros. i’m malaysian living in penang. whilst searching/surfing for the best mode of transportation from penang/kl to cirebon, your site came up. hence i’m here. as any good traveller would do, is to ask from a local for directions. don’t know how to get from bandung to cirebon. any suggestions? oh yea, i’m travelling on 28th oct and coming back 14th nov. great if u could help, if not, it’s ok too. thanks anyway! selamat berpuasa!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *