‘Khasiat’ Air Heksagonal

Harry Sufehmi menyatakan [skeptismenya](http://harry.sufehmi.com/archives/2005-09-03-995/) terhadap khasiat air heksagonal dan air beroksigen. Saya sudah melihat demonstrasi tentang air heksagonal ini di beberapa mall. Demonstrasi ini dilakukan oleh orang-orang yang mengenakan jas berwarna putih seperti selayaknya seorang dokter atau peneliti. Sedangkan yang didemokan adalah alat yang katanya bisa mengubah air biasa menjadi air heksagonal. Sebenarnya saya ingin mengetahui kebenaran khasiat air heksagonal tersebut, yang katanya bisa memperlambat penuaan, menyembuhkan berbagai macam penyakit dan lain-lain. Tetapi selalu lupa melakukannya ketika berada di depan komputer.

Air heksagonal pertama kali diperkenalkan oleh [Dr. Mu shik Jhon](http://www.informatik.uni-trier.de/~ley/db/indices/a-tree/j/Jhon:Mu_Shik.html), seorang peneliti yang tulisannya sering dipublikasikan jurnal-jurnal ilmiah. Jhon mengklaim bahwa air mengandung kluster air dengan enam sisi (heksagonal). Air heksagonal ini stabil dan lebih berguna untuk tubuh manusia dibandingkan bentuk-bentuk kluster air lainnya. Sayangnya, Dr. Jhon sendiri telah meninggal tahun lalu sehingga kita tidak dapat melakukan verifikasi teori ini dengan beliau secara langsung.

Dr. Paul Shin, seorang peneliti dari [California State University Northridge](http://www.csun.edu) melakukan [penelitian terhadap air heksagonal](http://www.thelatestmagazine.com/Articles/0804waterwater.htm) dengan menggunakan eksperimen [NMR](http://en.wikipedia.org/wiki/NMR). Hasilnya ternyata tidak mendukung teori Dr. Jhon.

> As can be easily seen, the ultrapure (distilled & de-ionized or DDI) water has a 17O-NMR linewidth nearly identical to that for Hexagonal Water and similar to that of M-Water (another “hexagonal water” product). Figure 1 shows an example of actual 17O-NMR data. I conducted additional experiments comparing Hexagonal Water against ultrapure water and found no differences. Regardless of whether I added table salt or vitamin C or if I even diluted these samples of water with tap water, I saw no differences! I will leave it up to you to evaluate the data for yourself, but it is of interest to note that even a urine sample gives a 17O-NMR linewidth nearly identical to that for the Hexagonal Water.

> These results do not support Dr Jhon’s conclusions about the unique nature of his Hexagonal Water and this therefore casts a less than credible light on his claims of the therapeutic effects of Hexagonal Water.

Dr dr Septelia Inawati Wanandi dari Universitas Indonesia juga [menyatakan skeptismenya](http://www.kompas.com/kesehatan/news/0502/06/161759.htm) terhadap khasiat air heksagonal dari sisi kesehatan.

> Septelia secara halus mencoba menjawabnya dari logika ilmiah dasar. Air beroksigen susunan molekul tetap berbeda dengan air heksagonal. Kesamaan keduanya adalah sama- sama mencoba menyuguhkan air dengan kandungan oksigen lebih banyak dari air biasa.

> “Namun, pada kedua macam air itu kelarutan oksigen tambahan di dalamnya tetap mudah terlepas. Ada toleransi suhu tertentu, setidaknya sampai di atas suhu ruangan, oksigen terlarut mudah lepas. Kalau lepas, ya lalu menjadi air biasa kembali,” kata Septelia. Padahal, dalam keterangan iklannya, air heksagonal, misalnya, direkomendasikan untuk membuat dari susu bayi, minuman hangat hingga memasak.

> “Air heksagonal dan air beroksigen kalau dipanaskan ya pasti oksigen terlarutnya terlepas,” tandas Septelia.

> Kalau toh air beroksigen atau heksagonal itu dalam suhu normal diminum, potensi oksigen terlepas tetap besar. Suhu tubuh normal manusia, sekitar 37 derajat Celsius, disebutkan Septelia, memungkinkan oksigen terlarut dalam air terlepaskan ketika memasuki tubuh. Hal ini mirip dengan jika kita sendawa setelah minum air berkarbonat.

> Jika diandaikan kandungan oksigen terlarut itu mampu sampai di usus, tetap akan menimbulkan pertanyaan. “Apakah kapiler pada mukosa usus bisa menyerap oksigennya? Apakah daya serapnya lebih hebat dari alveoli pada paru-paru? Setahu saya, sampai sekarang organ yang didesain Tuhan untuk menyerap oksigen hanya paru-paru,” tutur Septelia.

Dari artikel yang sama, Prof dr Waluyo S Soerjodibroto, MSc, PhD, SpG(K) berpendapat lebih ekstrim lagi.

> Alih-alih menjadi sehat, produksi radikal bebas berlebih malah berpotensi destruktif pada tubuh. Radikal bebas merupakan molekul oksigen yang kesepian, sebab atom pada orbit terluarnya terdapat elektron yang tidak punya pasangan.

> Hal itu membuat si molekul menjadi liar, lalu secara radikal mencari pasangan dengan merampok elektron molekul lain dari berbagai sel-sel tubuh. Sebab itulah ia disebut radikal bebas. Keradikalan berantai terjadi ketika molekul yang terampok ikut-ikutan brutal merampas elektron molekul lain. Kondisi inilah yang lalu membuat sel-sel tubuh rusak.

> “Manfaat air beroksigen dan juga air heksagonal, sejauh ini belum terbukti secara ilmiah ataupun secara klinis. Paling hanya testimonial saja,” ujar Waluyo.

Sedangkan skeptisme beberapa staf Kalbe Farma yang mengikuti sebuah seminar tentang air heksagonal juga [kurang lebih sama](http://www.kalbe.co.id/index.php?mn=news&tipe=detail&detail=17979):

> Masih sulit untuk memastikan apakah fungsi air hexagonal jauh berbeda dengan air pentagonal, bahkan dalam beberapa hal justru diperkirakan memiliki efek samping. Seperti pembicara mengatakan bahwa untuk mendapatkan air hexagonal dibutuhkan alat untuk memutar air tersebut selama 7 menit, 14 menit, bahkan bisa sampai 21 menit. Makin lama proses pemutarannya makin kecil ukuran molekulnya, dan makin tinggi kadar mineral yang dapat diikat. Yang menjadi pertanyaan apakah benar pemutaran air yang lebih lama akan mengikat mineral yang lebih banyak ?

Produsen air mineral terkemuka, Aqua, juga menyempatkan diri untuk [menjawab pertanyaan tentang air heksagonal](http://www.aqua.com/id/aqua_sehat.html) ini, tentunya secara diplomatis:

> Dengan tehnologi magnetik, aerasi dan ozonisasi kandungan oksigen dalam air pun dapat meningkat dan memberikan kesegaran rasa air, tetapi karena perubahan itu tidak stabil maka kesegaran hanya sementara saja.

> Technology magnetic dalam proses pemurnian air belum diadopsi dalam keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No.705/MPP/Kep/II/2003 tentang persyaratan Teknis Industri Air Minum Dalam Kemasan dan Perdagangannya.

Sebuah publikasi berjudul [“Drinking Water and Water Treatment Scams”](http://www.aces.edu/waterquality/articles/new/WATER_SCAMS3-HD.pdf) dari Auburn University Alabama mencoba untuk melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penipuan yang berhubungan dengan air minum. Dari sekian penipuan yang dimaksud, di antaranya adalah air heksagonal.

> There is a scam that you can treat water with far-
infrared light, which will cause special vibrations
and energize the water, mimicking what happens
when natural springs splash over rocks and natural
magnetic fields. This special form of water,
sometimes referred to as hexagonal water, is
purported to be living water that resonates with
the energetic vibrations of your body to amplify
your life force.

> …

> Water produced by
some machines is supposed to have a hexagonal
structure and energy memoryâ„¢, which is
advertised as being good for all living organisms.
Special magnetic filters can supposedly produce
water that is eight times as effective as most un-
structured water in terms of health benefits. If you
cannot afford a magnetizing machine, you can
purchase a magnetic drinking mug or magnetic
stirring rod that will do the trick.

Selain itu, Stephen Lower –mantan staf dari Simon Fraser University, Vancouver, Canada– juga memiliki [daftar penipuan yang berhubungan dengan air minum](http://www.chem1.com/CQ/clusqk.html). Air heksagonal juga termasuk dalam daftar ini.

> It turns out that M-S Jhon (who died in 2004) was a for-real scientist and author of numerous research papers having to do with water- and none (that I have seen) containing any of this hokum. It’s hard to believe that a reputable scientist would risk his reputation as a shill for junk science, and I wonder if the poor guy was even aware of this use being made of his name.

Walaupun demikian, ada juga yang mendukung teori air heksagonal ini. Misalnya [dr. Yayat Hadiyat](http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0405/04/0602.htm) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo:

> Sementara itu, dokter dari Bagian Rehabilitasi Medis RS Ciptomangunkusumo Jakarta, Yayat Hadiyat, menyebutkan, konsumsi air heksagonal sebenarnya sudah sangat diperlukan, bagi mereka yang ingin memurnikan bagian dalam tubunya. Pasalnya, bagian dalam tubuh manusia, kini semakin menjadi asam, di samping kebiasaan manusia mengonsumsi makanan berlemak, asap rokok, sayuran berbahan kimia, dll.

> “Ini mengakibatkan kandungan air heksagonal yang sejak lahir sudah ada dalam tubuh manusia, kemudian menjadi semakin berkurang. Jika presentasenya sudah mencapai 50 persen, maka secara teori manusia bersangkutan akan meninggal,” katanya

Sedangkan, Zeily Nurachman dari Jurusan Kimia ITB menegaskan pentingnya air heksagonal hanya bagi penderita penyakit.

> Jadi, pemberian air minum beroksigen tinggi pada orang berpenyakit atau mengalami gejala penyakit, merupakan langkah berguna. Sebaliknya, pada kasus orang sehat, pasokan oksigen dapat mencapai jaringan yang terjauh sehingga memakai air beroksigen tinggi adalah mubazir.

Saya sendiri bukan ahli atau peneliti air. Tetapi pencarian saya di Internet mengatakan bahwa khasiat dari air heksagonal atau air beroksigen diragukan kebenarannya. Kemungkinan besar khasiat yang dimaksud hanyalah berasal dari efek [placebo](http://en.wikipedia.org/wiki/Placebo). Sedangkan hampir semua pendapat yang mengatakan sebaliknya berasal dari orang-orang yang ‘ingin menjual sesuatu’.

**Tambahan**:

* [Caveat Emptor!](http://base.google.com/base/a/1372760/D4849439717545561072) oleh Paul Shin

176 comments

  1. sejak awal aku ndak percaya.. hanya karena CARA mereka menjual mesin pengaduk air tsb seperti menjual barang DRTV yg harganya pasti ada sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah di belakangnya :p

    kalo air heksagonalnya sendiri sih .. hanya Tuhan yg tahu. mau sehat? gampang! rajin olah raga teratur, makan makanan yg diolah dari mentah (bukan hasil olah pabrik / bahan kimia lainnya), dan jauh dari polusi.. ;)

  2. Mungkin ini teori yang mendasari mutasi “Deni Manusia Ikan”, jadi manusia bisa bernafas mengambil oksigen dalam air dari usus dan lambung. Proses mutasi ini bisa kita mulai sekarang dengan minum air hexagonal banya-banyak. Semoga 1 juta tahun lagi impian kita terwujud.

    Hati-hati, sebelum mutasi tercapai, efek samping yang cukup berbahaya mungkin timbul, yaitu ………. KENTUT beroksigen.

    Orang yang KENTUT-nya mengandung oksigen, akan dilarang naik pesawat, terbukti dari larangan membawa botol oksigen bertekanan tinggi di lembaran tiket pesawat, karena semua orang tahu, oksigen itu mudah terbakar.

    Kesimpulan :
    1. Minum air hexagonal, dilarang naik pesawat.
    2. Saya berhak mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dan Dokter Honorer Bulanan karena berhasil menelorkan teori secerdas ini.

    Salam Sehat :d

  3. bukannya air hexa dan beroksigen beda?
    hexa lebih mudah diserap (klaimnya)
    oksigen lbh banyak O2 terlarutnya.

    hexa != beroksigen

    saya sih gak tahu banyak. cuma ketika sy sdg menimbang2 food combining yg diusulkan anthony robbins, terlintas pikiran, jangan2 makan yg ‘ngawur’ lebih seimbang krn kita memang omnivora. mungkin air penta juga lebih natural bagi manusia.
    mungkin…
    (tapi kan kerjaan manusia skrg tak lagi natural.. iya ya..)

  4. sebetulnya Air Heksagonal ini di-klaim berkhasiat untuk apa sih?

    khasiat dan akibat buruk sesuatu sering di-lebih2kan tanpa memandang bahwa sehat dan sakit itu disebabkan oleh banyak hal.

    misalkan kita terkena Flu, lalu mengkonsumsi “obat flu paling top”. tapi tidak makan dan istirahat yang cukup. rasanya kecil kemungkinan untuk sembuh…

  5. #8: air hexagonal itu daya melarutkannya lebih tinggi. dan kebanyakan produsen air beroksigen bilang bahwa salah satu metoda untuk mengikat oksigen ini ya dengan air heksagonal.

  6. Air tetap air, biarpun di putar berkali2, karena setau gw tidak ada campuran dalam putaran itu maka secara logika gw tidak ada perubahan struktur, yang ada (mungkin) akan tambah panas karena efek berputar itu.

    Kenyataanya sekarang air lebih mahal dari premium, andaikan air bisa menjadi pengganti BBM maka itu baru cerita…

  7. wah..
    kemaren di carrefour ayah saya
    hampir membeli alat itu.
    kira-kira 2 jutaan lah..
    abis tak-liat-liat mesinnya
    cuma memutar sebuah magnet.
    dan magnet itu memutar air dengan
    bantuan sirip. jadi waktu tempat
    airnya dibuka, dimesinnya gak ada
    apa-apanya, polos. menurut saya
    mesin tersebut cuma memutar air saja.

    entahlah..

    –budiw

  8. Banyak orang yang punya kebiasaan buruk, yaitu jarang minum air putih.

    Nah, orang yang tadinya tidak biasa minum air putih, kalau jadi sering minum air hexagonal, tentu saja akan jadi lebih sehat. Itu karena dia jadi sering minum air putih.

    Hal ini juga akan berlaku untuk orang yang tidak biasa minum air putih lalu menjadi sering minum Aqua atau air putih matang biasa sekalipun.

    Kenapa? Karena air memang bisa dipergunakan untuk mencuci.

  9. Klo gue sih lebih suka kemasannya(botol) dari Air kemasan yg ngaku ada O2 nya :)
    Kebanyakan kemasannya enak di pandang dan di bawa ..
    heheheh :d

  10. sekarang logikanya ketika kita membuka-menutup botolnya pastilah O2 yang ada dalam minuman akan beraksi dengan O2 dari udara maka secara otomatis sama aza dengan air biasa…terus apa bedanya sekarang! :o ono-ono wae gole duit! mending minum es campur airnya dah ada vitamin,mineral,cendol dan teman2nya

  11. waktu itu saya skilas lewat di mall ditawari untuk minum air hexagonal ini yang dibuat dengan alat. saya langsun g minum dan ngibrit. Ada hal yang aneh terjadi pada diri saya, jadi lebih segar, tidak mengantuk selama dua hari. dan air seni saya berwarna bening/putih padahal hari itu saya jarang minum. Menurut saya efeknya terlalu ekstrim. minum segelas kok bisa segar selama 2 hari tanpa tidur sedikitpun.

  12. apapun katanya, it still tastes like water…:-w

    akibat ketidakcukupan informasi. akhirnya mau aja dijualin macem2, padahal sebenernya gak guna2 banget.

    yg jelas air heksagonal sgt bermanfaat untuk menyembuhkan rasa haus, dehidrasi, maupun tenggorokan seret waktu lagi makan. trust me, “i drink it all the time in my office..” -T, Karyawan Swasta, Jakarta- ;)

  13. Meskipun khasiat air hexagonal masih diragukan, tidak ada salahnya membiasakan diri minum air putih (yg bersih).
    Kalau minum air isi ulang kira2 efeknya apa ya 8-|? Mungkin menarik juga dibahas disini

  14. #13: saya punya ‘kebiasaan buruk’ tersebut, sejak kecil hingga sma saya minum air teh (dari bangun pagi, hendak tidur, hingga kalau kecapean maen bola di siang terik), saat itu aneh buat saya jika meminum air bening.

    dari jaman kuliah hingga sekarang saya minum air yang berasa (air teh, es teh manis, teh botol, coca cola, segala macam jus dll).

  15. Tulisan mengenai air zamzam yang kalo dilihat di microscope bentuk molekulnya hexagonal gak ada ? Apa tulisan itu termasuk hoax ?

  16. Hmm, jadi berpikir waktuhendak minum aer di mug deket monitor (bukan karena deket monitornya), aer putih bsia dibahsa segini panjang. satu hal yang saya inget, kadangkala saya minum aer putih tapi gk ialng-ilang hausnya, tapi ada kalnya hausnya bsia kerasa ilang. ada perbedaan pada aernya ataukah waktu itu saya dekat AC dan lain waktu saya tidak dekat AC?

    *rada ngaco, haus ah*

  17. #21: artikelnya dimana?

    IMHO, belum ada mikroskop yang bisa melihat susunan molekul, mungkin yang dimaksud bentuk kristal. tapi saya gak tahu apa air bisa mengkristal dalam bentuk cair. yang saya tau air cuma mengkristal dalam bentuk padat.

  18. Apapun makannya, minuman saya air putih :)>-
    Mau yang heksagonal, pentagonal ataupun diagonal (ngawur.net), air putih memang sangat baik untuk tubuh. Sejak sekitar 5 bulan yg lalu, sy biasa menkonsumsi air putih sekitar 10 gelas/hari, hasilnya jadi makin gemuk :-“

  19. Lebih baik minum air dingin/es daripada air hangat karena struktur air (H20) pada waktu dingin/es lebih stabil dibangin air panas/hangat. Begitu yg saya tau dan saya baca. Hehehee…

  20. Mungkin Placebo. Saya adalah peminum air Hexagonal, dan pengemar air putih ketimbang kopi atau teh didepan komputer. Air disetiap daerah memiliki rasa yang berbeda-beda(mungkin karena kandungan mineral yang berbeda-beda).

    Air Bandung, air Jakarta, Air Biak, Air Sorong, dan Air Jayapura rasanya berbeda-beda, dari kesemuanya saya paling senang dengan Air Biak(tempat saya sekarang) bila di puter-puter dengan maknet setelah di purifikasi. Karena tanpa mengunakan mikrosop, rasanya jadi jauh lebih enak dan segar, dan itu terasa worthed.

    Sedang air di jakarta, diminum sebanyak apapun, diolah macam apapun tetep susah bikin seger dan tahu-tahu sudah kembung.

  21. Saya engga pernah melihat alatnya dan bagaimana mutar2nya, kalo ada batang magnet yg memutar2 di bawahnya dan menghasilkan bentuk kaya tornado di airnya, bukannya itu mirip2 alat2 di lab kimia kuantitatif yang fungsinya memang cuma buat ngaduk2 air selagi ditambahin tetes demi tetes bahan kimia lain, sehingga kita engga perlu ngaduk2 pakai sendok dan mengurangi volume airnya karena kadar dan volume di kimia kuanti sangat penting. Apa Pri punya link ke website bentuk alatnya? Jadi saya bisa lihat alatnya kaya apa dan apa yg memutar2.

  22. Air kendi yg diangin-anginin semaleman bentuk molekulnya (atau bentuk kristalnya?) kayaknya hexagon, soalnya jadi seger…

    Pernah baca di artikel kesehatan sebuah majalah, air bisa berubah bentuk molekul (bentuk kristalnya) hanya gara2 ditempelin sebuah kertas bertulisan. Bila tulisannya bermakna positif, maka air akan cenderung ke hexagon. Sebaliknya, bila tulisannya bermakna negatif (misal : Adolf Hittler) maka molekul air cenderung tidak beraturan.

    Air yg didoain juga cenderung berubah ke arah bentuk hexagon. Di film kan banyak dukun/kyai yg nyembuhin orang cuman pakai air… mungkin airnya jadi hexagon dan air hexagon bisa menyembuhkan sakit

    Ya.. who knows?
    :)>-

  23. udah yang penting, biasakan minum aer putih 8 gelas sehari, apalagi untuk para karyawan yang biasa kerja terus terusan dengan posisi dudut dari jam 8 sampe jam 5. Salah seorang kawan saya meninggal karena kerusakan pada ginjalnya :(, setelah di runut ternyata almarhum memang jarang sekali minum aer putih, paling hanya beberapa teguk sehari setelah makan. Juga karena almarhum terlalu memforsir diri dalam bekerja…

    Jadi….biasakanlah minum aer putih:)>-

  24. Itu alat yg di http://www.tradeline.nl/images/actimo.jpg
    bentuk tornadonya mirip dengan yg di lab kimia kuantitatif yg diputar pakai magnetic stirer. Kalo air hexagonal diklaim mempunyai kelarutan yg lebih besar dibanding air biasa, bisa2 hukum2 di kimia kuantitatif kacau semua dan mahasiswa2 bisa ketiban bikin hitungan2 ruwet kali [-(
    Tapi saya engga tao pasti dalamnya alat itu bener ada magnetic stirer-nya yg seperti di kimia kuanti atau engga.

  25. gak usah ikut-ikutan deh kalo gak biasa, seperti kata pribahasa alah bisa karena biasa, kalo biasanya minum air putih biasa atau kopi atau teh ya dijalanin aja terus… gak usah ikut-2an………..
    gak perlu sampe harus 8 gelas sehari,( itu juga belum tentu bermanfaat) yang bener minumlah disaat haus….dijamin nikmat…..

  26. hm…:-?:-?

    tapi emang bener juga klo di daerah cina sana(nama darahnya lupa) dimana pendududuknya berumur panjang dan terhindar dari penyakit berat
    konon air yangmereka minum itu beasal dari sungai dan molekul airnya itu berbentuk heksagonal(menyerupai dimond)
    tapi apa air yg mengggunakan mesin itu sudah di teliti jenis molekulnya juga….

  27. :)>-
    sekarang dipasaran, banyak supermarket sudah jual air hexagonal lho, yang warna botolnya biru itu. saya sih gak tau apakah benar hexagonal apa tidak tapi kalau mesinnya saya ogah belu abis mahal, karena itu saya coba ajah beli air hexagonal yang botolan besar, setelah saya minum sesuai satu botol setiap pagi ternyata tadinya saya setiap hari suka pusing kepala jadi hilang lho ( suwer….) hebat juga tuh air dari pada beli mesinnya mendingan kalau teman2 mau cobain beli aja yang botolan udah banyak dijual dimana-mana kok

  28. dari pada beli mesinnya muaaahal belum tentu ada manfaatnya coba deh yang botolan ajah, siapa tau juga bermanfaat buat sohib2 yang ada keluhan kesehatan,mungkin air yang ada digunung2 yang bersih dan belum tercemar adalah air hexagonal ya
    coba deh buka http://www.hado.net ada gambar kristal air yang kayak diamond

  29. Setiap minum air hexagon yang beli 1.5Lt atau yang diputar di mall, saya merasa segar. Tapi sayangnya, penjualan mesin tidak disertai money back guarantee. Saya khawatir spt suplemen2 kesehatan lain hanya cocok untuk 1-2 minggu lalu tak manjur lagi. Mesin tsb menggunakan magnetic dan ditambah mineral yang harus diganti secara reguler. Entah saya segar karena heksagon atau karena mineral yang ditambahkan. Tapi saya lebih baik yang 1.5Lt walaupun sekarang nyaris discontinue.

  30. \:d/
    percaya tidak percaya ibu saya yang asam urat dan hipertensi setelah rutin minum hexagonal 1,5 L setiap pagi, katanya merasa lebih sehat dan bersemangat sebagai anak saya senang juga melihat ibu saya lebih sehat secara alami, dengan air putih, saya kasihan melihat dia setiap hari musti minum obat2an, bisa gak ya obatnya pelan2 dikurangi

  31. #47 lebih sering merupakan sugesti ya, mas!
    dan memang persepsi positif akan membangun sikap positif baik secara zahir maupun secara batin.

  32. yaa… saya orang bodoh yang tidak tahu apa2, tetapi saya berpikir begini: kalau tidak tahu persisnya bgmn air heksagonal, saya tidak boleh kasih komentar baik buruknya. Kalau memang saya tidak percaya ya sudah, tidak usah menjelek2kan, tidak etis itu. Biar mereka yang jual berpromosi sampai berbusa, ga ada urusan… lebih baik diam dan menyikapi diri sendiri daripada banyak komentar ga berdasar

  33. #49 tapi ingat, konsumen berhak atas informasi yg benar, jelas, dan jujur mengenai suatu produk, dan itu merupakan kewajiban pelaku usaha untuk menyediakannya. jadi kalo tau sesuatu, lebih baik dibagi ke yg lain, klarifikasi/konfirmasi gitu… :)

  34. Saya termasuk yang belum paham tentang khasiat air hexagonal ini. Tapi saya sedang mempertimbangkan untuk mulai mengkonsumsi air hexagonal. Dari salah satu produsen alat pembuat air hexagonal, disebutkan bahwa beberapa cara untuk membedakan air hexagonal dengan air biasa adalah sebagai berikut:
    1. Minum sekaligus 3 gelas air hexagonal. Karena sifatnya yang mudah terabsorbsi (instantly absorbed), maka peminumnya tidak akan mengalami rasa kembung.
    2. Masukkan seekor ikan ke dalam wadah berisi air hexagonal, masukkan seekor ikan lainnya dalam wadah lain berisi air biasa. Pada kedua wadah jangan diberi gelembung udara (aerator). Seminggu kemudian ikan yang berada di dalam wadah air biasa akan mati (karena kehabisan oksigen), sedangkan ikan dalam wadah berisi air hexagon tetap hidup. Cara kedua ini agak ‘kejam’ ya?

    Berhubung saya sendiri masih dalam tahap penjajagan untuk mulai mengkonsumsi air hexagon, jadi saya belum mencoba salah satu metode pengujian tadi. Mungkin beberapa hari lagi saya akan coba. Mungkin di antara rekan-rekan ada yang mau mencoba duluan? Kasih kabar hasilnya ya?

  35. kalo cuma aer, sama aja dengan air putih…….yg penting banyak minum. ya gak… Kok sekarang gampang ya nyari duit…tinggal ambil air, ditaruh dibotol, dikasih label, terus dikasih komentar macem2 yang orang awam kaya saya gak ngerti, turs dijual. Duitnya memang seger, seperti air, ya gak om ???

  36. mo minta ijin untuk nampilin link ke sini. aku posting ttg air minum beroksigen di blog-ku, ternyata pas lg ‘jalan-jalan’ nemu posting ini disini. berguna banget buat jadi referensi (lebih lengkap pula :p) makasih sebelumnya yaaa…

  37. Heksagonal memang air putih biasa, banyak orang yang salah persepsi dengan masalah air heksagonal karena banyak hal yang sering dilebih-lebihkan.
    Seperti yg di jelaskan para peneliti air minum di Korea, menerangkan bahwa air heksagonal itu merupakan bentuk air alami yg belum tercemar,(bermolekul halus, berbentuk segi enam ) jd apabila sebuah air yg tercemar, seperti contohnya air di Jakarta, dan kota2 besar lainnya di Filterisasikan dengan benar maka air tersebut akan berubah menjadi air heksagonal, pengertiannya bukan seperti air minum isi ulang yang sering kita temui di jalan,atau sistem RO mereka hanya menyaring kotoran dan membunuh bakteri saja, namun yang di butuhkan untuk air heksagonal adalah proses pemecahan dan penyusunan molekul, tidak di putar namun air tersebut harus mengalir secara perlahan seperti layaknya mata air yang mengalir di daerah pegunungan. Karena itu Untuk membuat air heksagonal bukan mesin yg dipakai tapi Filter Air yg sempurna.

  38. Air hexagonal yang saya tau itu air yang cluster-nya lebih kecil dari air pentagonal,sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh kita,karena air hexagonal juga mengandung oksigen yang sangat tinggi,sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh kita jadi lebih banyak.Kelebihan lain air hexagonal adalah pH-nya 7,2,itu adalah pH darah,kalau pH-nya terlalu asam,kurang sehat buat ginjal kita,karena makanan yang kita makan,polusi,dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh kita bersifat asam sehingga kita butuh air hexagonal untuk menetaralisir pH-nya,kalau terlalu basa juga kurang bagus,karena bisa menyebabkan kita sesak nafas.Selain itu,air hexagonal juga tidak mengandung klorin,seperti yang kita ketahui,klorin itu sangat berbahaya bagi tubuh kita karena sifatnya yang karsinogenik.Bagaimana kalau kita mencuci beras dengan air biasa?Klorin-klorin akan meresap kedalam beras sehingga 3 klorin membentuk Superhalomethans yang sifatnya super-karsinogenik,bisa dibayangkan berapa zat racun yang masuk ke dalam tubuh kita kalau air pentagonal.Air hexagonal juga ber-bioenergy,artinya energinya alami yang dihasilkan oleh FIR.Kejernihan air hexagonal juga lebih jernih dari pada air pentagonal,itu bisa dilihat dari pemantulan cahaya di permukaan airnya.Seperti kita ketahui,tubuh kita 60-70% adalah air,sehingga jika kita mengkonsumsi air yang kurang sehat,akan menyebabkan tubuh kita sakit.
    Sekian info tentang air hexagonal yang saya ketahui.Thanks:)>-

  39. itu saya dapatkan dari website2 ttg hexagonal water dan buku karangan Dr.Mu Shik Jhon yang peraih 2 nobel.Saya juga seorang yang menekuni bidang biotechnology,jadi saya cukup tau banyak.Dan saya juga menjual filter air hexagonal,demo produk bisa saya tunjukan jika tidak ada yang percaya omongan saja.laboratory report dari Keosan saya juga ada,dan filter air yang saya jual juaga sudah mendapatkan ISO 14001,yaitu tentang ramah lingkungan.

  40. #61: justru itu, yang dipermasalahkan adalah teori dari Mu Shik Jhon. pendapat yang mainstream adalah bahwa teori tersebut junk science. tapi kalau anda bisa membuktikan sebaliknya, mungkin sebaiknya anda publikasikan hasil penelitian anda.

  41. menarik juga membaca apa yang mas pri temukan di internet dengan apa yang terjadi di sekitar kita :)

    tentunya kl suatu saat hal ini benar (pembuktian tentang khasiat heksagonal) artinya teruji secara klinis / ilmiah akan sangat berarti bagi orang2 yang hidup di kota besar yg penuh dengan polusi dan pola hidup yang tidak sehat :)

    para ilmuwan di negara2 maju juga tengah mencoba meneliti mengenai sistem penyerapan “oksigen” oleh tubuh yang menyebabkan kandungan O2 dalam darah dapat meningkat, baru pagi ini aku baca di nova :-??
    yang merupakan ulasan dari Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian, IPB,. Dr. Rimbawan.

    Dan yang lebih parah lagi, ada produk air heksagonal yang mencantumkan logo halal (tanpa ada tulisan arab) tapi ternyata aku cari di situs mui.or.id tidak ada sama sekali tentang jenis, nama maupun produsen atas produk tersebut #:-s

    btw, slam kenal mas Priyadi :)>-

  42. Air tidak menyehatkan, Alloh yang menyehatkan, air menyehatkan berhajat kpd Alloh, Alloh menyehatkan tidak berhajat kpd air, jika Alloh berkehendak dengan air orang sehat, jika Alloh berkehendak tanpa air pun orang bisa sehat, la ilaha illalloh…^:)^

  43. Beneer kata bung ataw mba strife dan bung michael, air hexagonal itu cuma air biasa tapi kandungan ph yang ada dlm air hexagonal itu lebih baik dari pada air yang selama ini kita minum ( Dan juga ngga sembarang air tanah bisa di sterilkan untuk menjadi seperti air hexagonal harus air yang kadar ph nya berapa gitu gw lupa ) seperti contoh yang pernah kita minum aqua, vit , isi ulang atau lainnya apalagi air tanah di jakarta yang sudah tercemar duh sereem banget. Tahu ngga pas di test semua air tsb hitam semua, kotorannya / zat2 yang membahayakan badi tubuh kita kelihatan menggumpal naik keatas permukaan air, apa model air itu yang mau kita minum??? ngga deh . dan gw juga sudah seminggu ini minum air hexagonal dan harga alatnya sekitar 4 jutaan product dari APPLE , yang biasanya bangun pagi pegel2 badan dan rada pusing sekarang udah ngga lagi dan selama minum air tsb kepingin buang air seni terus dan bedanya lagi air seni jadi rada bau ngga seperti sebelum gw minum air hexagonal mungkin karena zat2 / racun2 yang ada di tubuh gw ikut terbuang, dan satu hal lagi yang biasanya badan lesu, cape dan ngantuk kalo gawe sekarang alhamdulillah ngga lagi. Bagi gw sih bukan masalah O2, ph atau apanya kek gw ngga gitu paham dengan kandungan yang ada dalam air hexagonal tsb yang lebih penting adalah air yang kita minum itu lebih steril dan bersih untuk tubuh kita apalagi buat anak , sayang badan apa duit?!#$*:):) yang penting jangka panjangnya buat kesehatan kita dan keluarga . nah itu aja testimony gw selama seminggu ini nyoba air hexagonal jangan lupa juga makan2nan yang bergizi yang tidak mengandung zat2 yang membahayakan bagi tubuh kita dan tentu saja olah raga juga ikut membuat tubuh kita jadi sehat.

  44. :-? kata orang-orang air hexagonal dapat mengurangi penyakit diabetes. di mana sih tempat penjualannya diindonesia/ di jakarta?? please dong kasih tau. bapak saya perlu banget tuh!

  45. #66: coba beri air putih biasa ke bapak anda, kemudian anda bilang kalau itu air sakti yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk diabates. suruh dia minum 3-4 liter sehari. efeknya akan sama jika anda menggunakan air ‘heksagonal’.

  46. :d ngomong-ngomong tentang air heksagonal.obrolan ringan ja deh orang-orang dah susah-susah buat air bero2 kenapa kita gak coba,kan gak ada salahnya.:-?. trus menurut saya klo minum air itu akan lebih sht or not ya harus trial dong jangan asal ngomong sebelum mencoba kan kasian yang jualan, klo kena hukum karma kualat lho.Ikatan o2 yang ada pada H20 emang secara teori akan mudah lepas tapi klo heksagonal dia kan membentuk ikatan dgn struktur yg beda& struktur ini terbentuk karena ikatan hidrogen yang ada pada ikatan sebelumnya putus karena pasokan o2 tadi so secara teori ya… bener donk, hanya saja untuk khasiatnya dari struktur baru ini ya harus dibuktikan dulu, begitcu…….semoga gak ada istilah KENTUT beroksigen lagi deh& semoga gak ada juga MASUK ANGIN karena minum air ini9…….SEMOGA…… \:d/

  47. *air diciptakan oleh allah untuk kita minum dan untuk dimanfaatkan, jadi gunakanlah air itu sepuas2nya karena allah telah memberikannya untuk kita gunakan dengan sebaik2nya..Wassalam, From:Ahdiat Jumaidi,(Banjarmasin)
    :)>-:d:)\:d/:x

  48. Ooooooooooo………..air bewroksigen??????????
    bener ga sih??????
    :o
    keapa ya BPOM belum berkomentar apapun tentang hal ini????????????
    BPOM…..kemana dikau??kami bingung nihhh????

  49. BPOM???[-([-(
    Air beroksigen???
    Aku bingung….semua air pada susu tertentu khan pasti mengandung oksigen???
    Katanya semakin dingin suhu, kandingan oksigen semakin tinggi???Semakin tinggi kadar oksigen, katanya semakin bagus buat tubuh.Kalau gitu orang eskimo badannya ga pernah sakit dunk???Mereka setiap hari minum es khan???

  50. ngomong ngomong mas pri udah nyoba minum air hexagonal belum, yang dari actimo, NOP, atau yang merk hexagonal ?

  51. Aku ikut nimbrung nih, sudah 5 tahun dirumah aku minum air RO yang kepadatan airnya /TDS nol, sehingga air tersebut katanya air murni, karena yakin akan baiknya air tersebut ke kantor/dimobil, bekal air minum sekolah anak semuanya RO, bahkan air tempayan untuk masak aku isi dengan RO. Bagi anda pengguna air Ro mungkin pernah mengetahui bahwa memasak dengan air RO lebih enak rasanya, dan mempunya daya tahan (tidak mudah basi)

    Pernah aku di presentasikan alat air hexagonal dan aku tanyakan, bagaimana TDS air murni yang aku punya jika di putar dengan alat tersebut?, jawabannya adalah TDS akan bertambah, kalau TDS nya bertambah maka ada zat/partikel padat yang keluar dari hasil putaran atau gesekan mesin tersebut, dari situlah aku berasumsi bahwa hasil dari putaran tersebut mengakibatkan air tidak murni lagi alias terkontaminasi.

    Untuk asupan mineral dan zat-zat lain aku sekeluarga konsumsi buah,sayuran,susu.telur dan daging(pasti sama dengan rekan-rekan di milis ini).

    Menurutku air murni adalah yang terbaik.

    Dalam kehidup memang penuh Resiko, tapi kita dapat menghindarinya semampu kita dan utamakan kejujuran dalam berusaha.

    Salam.
    Jd

  52. pak judi, kebetulan saya juga baru beli mesin ro, setelah dua hari ini hasil air ro tsb saya tes dengan tds , tapi hasil nya 014-016 , tidak 000 spt om judi punya , ngomong ngo,ong om judi belinya dimana , sory agak oot.

  53. mas pri yang “benci” dengan air hexagonal,,,,,itu artikel2nya uda dibuktiin kebenarannya??saya uda pernah kasi air hexa ke orang yang sakit tanpa saya kasi tau itu air apa dan mereka sembuh juga,,,,padahal mereka uda sakit lama dan juga uda berobat denagn minum air biasa,,,,,dan yang paling penting penemuan tentang air hexa itu uda melewati proses yang panjang,,,,emg mas pri uda lewatin proses apa buat kasi sangkalannya???berapa lama?uda pernah bikin penelitianya?hanya data2 dari internet aja uda yakin kalo air hexa sama aja kaya air biasa???o ya,,,,hargai la yang uda kasi testi ttg manfaat air hexa,,,,jangan lgs dibilang kl dikasi air biasa bakal sama aja,,,,,

  54. #76: ok, kalau begitu mana ‘penemuan tentang air hexa itu uda melewati proses yang panjang’? anda kan sudah tahu, jadi bisa tolong kasih tahu saya?

  55. Pak Gogon, sorry saya baru buka millis ini lagi jadi telat jawab pertanyaan anda.

    Merk mesin RO tersebut Purity kata penjualnya barang tersebut mempunyai komponen dari Jepang dan USA harganya 5Jt, kalau Pak Gogon minat kirim email ke saya(yudi_loanda@yahoo.com) dan akan saya balas dengan contact person sales Purity, lokasinya di Jakarta Pak. TDS yang dihasilkan dari mesin tersebut nol jika menggunakan 2 digit dan 002 atau 003 jika menggunakan yang 3 digit.

    Saya mau tanya nih sama para pengguna/penjual mesin air Hexagonal, bagaimana kita mengetahui secara kasat mata perbedaan air Hexagonal dengan air lainnya, apakah ada alatnya ? kalau ada dimana saya bisa membeli ?. bagaimana dengan hasil uji dari Depkes apakah ada informasi yang dapat membuat kami percaya dengan kehebatan air hexagonal. Kalau hal ini dapat dibuktikan dengan jelas dan kasat mata, saya yakin akan banyak orang yang menggunakannya.

    Kalau air RO kita bisa buktikan secara kasat mata kemurniannya dengan TDS atau Electrolisa dan hasil dari depkes.

    Jika air Hexagonal dapat dibuktikan kehebatannya secara kasat mata saya akan membeli alat tersebut.

    Penjual yang bijak tidak akan menipu konsumennya.

    Salam.

  56. Assallamu’allaikum Millis…ada info pentingg nii

    sekarang memang dimana2 ada polusi dari udara,tanah,air, bahkan hati pun juga bsa terjangkit polusi…( ini yg paling bahaya )..ok sekarang lgi bahas masalah air yg kita minum..sebenarnya Allah menciptakan air sudah bersih dan murni krna kerusakan bumilah yg tlah membuat air jadi nga murni lagi..nga bsa langsung kita minum kecuali yg di gunug yaa…. bagi kita yang hidup di lingkungan padat (kota2 besar) alangkah baiknya hati2 bila mengkonsumsi air sbg kebutuhan pokok. Trus air yang sehat tuu gimana donkk??
    air yg sehat adalah air yang tulen (Tidak berwarna,Tidak bau,Tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan tubuh)sekarang memang ada alat yg dirancang untuk menghasilkan air tulen TDS OO00-0006 mendekati tulen lahh.. yaitu air melalui proses RO (Reserve Osmisis) Tehnologi Jpang dan amerika.. alat ini di gunakan waktu gempa sunami di aceh smua air disana berubah menjadi payau smua untung lah ada bantuan dari negara adi kuasa itu alat penyaringan air yang meng klaim dirinya menciptakan penyaringan air no 1 di dunia dengan penyaringan 0.0001 mikron, waahh hebat yaa… jadii untuk info saja mungkin sodara2 kita punya masalah air kenapa nga coba pake alat ini sekarang malah ada yg jual air ini dgn harga lebih murah dan terjangkau dari pada air mineral.ada tambahan lagi dikit u info jga… sebenarnya tubuh kita nga bsa menyerap mineral yg ada dalam air yg kita minum krna sifatnya yg non biotik sedangkan tubuh kita hanya menyerap mineral yg sifatnya biotik yang berasal dari sayur2an dan buah buahan saja jadii buat apa kita minum air mineral klo nga murni dan tulen air itu hannya membuat ginjal kita kotor..jadi saya merekomendasikan pilih lah alat penyaring air yang bsa menghasilkan air murni..Insya allah amann..

  57. Betul sekali Pak Yanto, secara logika jika air murni yang kita konsumsi maka kerja ginjal akan lebih ringan dan air murni tentunya akan mudah diserap oleh tubuh.

    Hidup akan lebih bahagia jika dapat berbagi kesehatan.

    Salam.
    Jd

  58. :-? hmmmmmm… pak judi, alat filter itu sekitar 5jt ya? penggantian media filternya berapa lama? alatnya seperti apa? apa ada gambarnya pak? debit air yang dikeluarkan setelah proses filtrasi berapa? (ltr/jam)

    maaf banyak tanya

    terima kasih

  59. Maaf telat respon nya.

    Alat tersebut kalau saya lihat dari komponen dalamnya ada made in Jepan dan made in USA.

    Mengenai debit airnya saya kurang mengerti, tapi sebagai gambarannya, setiap pengisian satu galon/19 ltr dibutuhkan 2 s/d 3 galon air baku dan lama pembuatan air murni 45 s/d 60 menit.

    Kalau dari 3 galon air baku dihasilkan satu galon air murni maka 2 galon sisanya adalah sebagai air limbah.

    Air limbah ini dapat digunakan untuk mencuci baju,mobil,siram taman dll yang tentunya tidak berhubungan dengan makanan.

    Filter alat ini ada 7 buah 4 dalam mesin 3 diluar mesin.

    Filter yang diluar mesin 2 merupakan housing filter 10″ transparan dan satu filter setinggi 70 cm yang dalamnya berisi pasir atau arang.

    Yang sering saya ganti adalah 2 filter housing 10″ sedangkan yang isi pasir/arang hanya di backwash.

    Harga filter 10″ 0.1/0.5 micron sekitar 10 ribu rupiah s/d 12 ribu rupiah setiap satu bulan saya ganti satu.

    Penggantian filter dalam mesin ada yang enam bulan, setahun, dua tahun( tergantung pemakaian ).

    Banyak bertanya Menambah Ilmu, Banyak menjawab membagi ilmu dan menambah pahala.

    Salam,
    JD

  60. maaf sebelumnya saya mempunyai masalah tentang air mineral yang kadar dinolkan, apakah baik untuk tubuh kita semua atau ada zat kimai yang untuk memakai kadar menjadi nol !
    trims

  61. salam mas pri, ternyata posting saya mengenai mendapat jawaban, saya cuma ingin sharing informasi, sampai dengan saat ini saya percaya sekali dengan air merek hexagonal, terserah mas pri bilang ” junk Science” atau apa, saya gak perlu penjelasan science, saya melihat sendiri mama saya tambah sehat dan sampai hari ini tetap minum air hexagonal yang dapat dibeli di carrefour, saya juga pernah minta mama mencoba minum air lain( aqua, vit,2 tang,super o2,oxy,nop,hio2,Reverse osmosis,mineral, evian,perier,equil, dll)ternyata mama saya cuma cocok minum air hexagonal, karena katanya minum air lain sebanyak 1,5 menyebabkan kembung diperutnya sampai bikin sesak, kadang maksimum cuma 1 liter, dan tidak merasakan manfaat yang berarti terhadap kesehatan, sedangkan kalau minum 1,5 liter air hexagonal ( terapi) dia bisa merasakan enak pada saat dimunum, mampu menghabiskan 1,5 liter, dan perutnya tidak kembung. sampai dengan saat ini mama saya tetap maunya minum hexagonal, dan alhamdulilah sekarang dia sudah sama sekali tidak minum obat dokter untuk asam urat dan hipertensinya, dokternya juga bingung kok kesehatan mama saya bisa tambah baik setelah melepas obat dokter sama sekali mama saya masih rajin kontrol ke dokter, saya tidak mau promosi buat perusahaan yang memproduksi air hexagonal, tapi kenyataannya mama saya begitu yakin dengan air hexagonal dan faktanya memang ada, mungkin mas pri kalau tertarik untuk melakukan penelitian fakta, bisa wawancara langsung dengan mama saya sekarang beliau berumur 62 tahun, medical recordnya lengkap, hasil labnya juga lengkap dengan catatan mama saya sebelum minum hexagonal dan setelah minum hexagonal, mungkin kalau mas pri mau mewawancarai dokter mama saya juga akan saya tanyakan ke dokternya, saya tidak percaya pada teori,ilmu,sugesti,atau apa tapi saya percaya fakta mama saya tambah lebih sehat sampia sekarang tidak perlu minum obat dokter karena hipertensi dan asamuratnya normal, sekian wassalam

  62. #85: boleh tahu merk air ‘hexagonal’ yang anda beli? jika ada manfaat, kemungkinan besar bukan karena ‘hexagonal’-nya. dan belum tentu ibu anda sembuh gara2 minum air itu.

  63. mereknya HEXAGONAL Bio Resonance Water PT Artha Bio Tirtas, botolnya biru ada relief hexagonal, tulisan hexagonalnya warna emas, ada hanger warna birunya, saya pernah beli di agennya dan sekarang lebih gampang ditemui di carefour, hypermart, hero,alfa, saya paling sering beli di carefour karena dekat rumah, dari penjelasan di label air tersebut mengandung mikro mineral, oh ya bulan juni kemarin saya juga ada di undang untuk mengikiti seminar ” True Power of Hexagonal Water” dengan mendatangkan DR Emoto ( kalau gak salah) saya gak bisa hadir karena ke luar kota di wakili saudara saya, katanya seminarnya bagus dan sebagai pembicara juga ada Ibu Menteri Kesehatan dan Bpk AA GYM sebagai pembicara juga.
    mungkin bukan “hexagonalnya ” yang membantu kesembuhan mama saya tapi Air Merek Hexagonal Bio Resonance water ini cocok dengan mama saya dan dia merasa air inilah yang membuat dia sembuh dan merasa lebih sehat. gitu lho

  64. #87: ya, itu yang saya perkirakan, mungkin bukan ‘hexagonal’-nya. hexagonalnya itu cuma merk dagang saja. tapi nanti saya coba cari dan rasakan sendiri.

  65. Seminarnya bagus gara2 ada AA Gym dan Menteri Kesehatannya? Curiga jgn2 mereka ada saham di salah satu perusahaan produsen. :-?
    Kayaknya sekarang kalau mau kaya gampang, tinggal nipu aja asal pinter ngubar teori pada percaya dah..

  66. Wah lama engga ngikutin sudah rame lagi nih, saya pikir apapun minumnya yang namanya sugesti akan mengalahkan isi dari minuman tersebut. buat Pak /mas/bu Kendi di no 84 air Ro biasanya mempunyai TDS diatas Nol jika di test dengan Alat TDS 3 Digit dan jika di test dengan TDS 2 digit akan Nol. untuk air RO TDS nya bisa dibuat Nol jika air bakunya dengan TDS dibawah 20. Sekarang ini banyak dipasaran ada yang jual air murni dengan TDS nol, jika air tersebut diproses dengan RO tidak masalah, akan tetapi jika di proses dengan metode pembuatan air aquades/DEMINERALISASI maka air tersebut tidak boleh diminum, karena prosesnya menggunakan bahan kimia, yang katanya kalau air tersebut diminum akan membahayakan ginjal dan jantung. Biasanya pembuatan air tersebut untuk air ACCU,mesin produksi,pencucian bahan baku baja,produksi, chrom, pokoknya yang tidak berhubungan dengan kesehatan manusia.

    APAPUN MINUMNYA YANG PENTING ANDA PERCAYA MAKA SEMUANYA AKAN MENJADI OBAT.

    Salam.

  67. :x:):d
    kalau saya pribadi sangat setuju dengan hexagonal water. saya mengkonsumsinya dan ternyata tubuh samakin sehat, segar dan daya tahannya semakin baik. Kalau mau liat air hexagonal. baca saja di THE TRUE POWER OF WATER( Masaru Emoto)

  68. Abis baca ini aku coba minum yang botolan. Aku sering bergadang, tidur subuh. kl bangun badan pegel2. Tapi setelah minum air itu pegel2 nya nggak terasa lagi.. gak tau deh krn sugesti ato apa.. yang pasti sekarang lebih enakan.

  69. saya orang yang sering mengalami pusing dan sakit kepala, selalu minum paracetamol untuk menghilangkan sakit kepala gue, aneh bin ajaib setalah saya minum “hexagonal” botolan yang dijual di hypermart tiga hari dengan cara terapi pagi2 sudah dua minggu tidak kumat lagi sakit kepala dan pusing2nya, thanks banyak utk air hexagonal, pertama saya gak percaya juga tapi penasaran coba,, ehh ternyata memang manjur

  70. pri udah coba minum blum ? gue minggu lalu beli 6 botol hexagonal 1500 ml dan minum pagi hari perut kosong, gue perokok berat dan sering batuk dan sesak dada setiap bangun pagi banyak reak, baru 2 kali gue minum pagi ini gue meresa lebih fit bangun paginya, napas lebih panjang, gak sesak dan reak gue berkurang banyak, hebat juga air tuh hexagonal, padahal gue sering minum vipro g yang vitamin perokok itu tapi tidak terasa apa2, dengan hexagonal gue langsung terasa khasiatnya

  71. AIR HEXAGONAL MENYEMBUHKAN PASIEN CUCI DARAH … NAH LHOOOOO !!

    Ada beberapa macam produk air Hexagonal, yang baru aja saya ketahui adalah Air BIO (apa sama dengan yg anda kenal sebelumnya ??), dengan molekul lebih kecil dari molekul air biasa, dan mempunyai vibrasi getar yg tinggi, khasiatnya sdh terbukti dengan ribuan mantan pasien mereka

    Air itu masuk ke inti sel yg paling kecil, yg tidak dapat dimasuki oleh molekul air biasa, kmudian membuang sel-sel rusak yg tercemar atau sel2 asing yg merugikan, termasuk kanker & tumor bisa dibuang tanpa operasi

    Pasien teman saya yg menjadi agen air BIO yg telah menjalani cuci darah selama lebih dari 1 tahun, Alhamdulillah bisa disembuhkan dengan air BIO ini, saat ini sudah 2 bulan dia tidak cuci darah … Dan masih banyak penyakit kronis lainnya yg bisa diembuhkan

    Buat teman2 yg apriori, gak ada salahnya membuktikan dulu .. Memang sih mungkin ada yg memberikan janji palsu, tapi jika di antara mereka ada yg benar2 terbukti berhasil menyembuhkan penyakit kronis .. why not ??

    :)

  72. tnya nnii
    :d em apa si karakteristik radikal bebas tuu?? binun niiiiiii:((
    dapet tugas lom kelar
    bantuin yyaahhh:)

  73. Ha..ha..ha.
    salam kenal mas pri.
    saya pas baru mau beli Actimo, alat puter2 itu.
    untung saya antisipasi dulu cari2 informasi di internet, eh ketemu blog nya mas pri dan baca comment nya mas pri tentang hexagonal water.
    saya mau datangi kantor pusatnya ah, mau saya suruh mereka menunjukkan bagaimana membedakan air yang sudah jadi hexagonal dan air biasa.
    Saya sih tidak menuduh si penjual menipu, cuma saya berpikir alat ini kan buatan manusia, kadang2 bisa rusak. Siapa tahu alat itu muter2 terus dan airnya tidak berubah jadi hexagonal. nah gimana saya bisa tahunya. Kalau mereka sudah menjawab nanti mas pri saya beritahu ya. Kalau ndak jawab ya artinya mereka sendiri gak tahu, gimana kita bisa yakin tuh alat puter. saya gak jadi beli. gitu aja kok repot.. !!:o

  74. #101: wah kebetulan, sekalian deh. dulu waktu saya didemoin actimo, mereka pakai air yang warnanya agak kekuning2an. tapi setelah dicampurkan air ‘heksagonal’ warnanya jadi jernih. seandainya perkiraan saya kalau heksagonalitas itu hanya bohong2an, maka harusnya ada sesuatu yang ditambahkan alat itu ke air yang diputer2, jadi saya tanya sama salesnya: “maintenancenya gimana, apa ada yang harus diganti setiap berapa waktu sekali?” dia jawab “ada”, cuma waktu saya tanya salesnya, dia gak ngerti apa persisnya yang harus diganti secara berkala.

    nah, kalau beneran mau ke kantor actimo, bisa gak sekalian tanyain yang ini? :D

  75. Om Pri, kalo cuma efek Placebo (98), paling-paling cuma nyembuhin penyakit2 ringan macam flu, batuk, sakit mules dsb ..

    Tapi kalo sakit kronis (salah satunya pasien cuci darah) bisa disembuhkan dengan seijin Allah melalui air Hexagonal .. apakah itu “sekedar efek Placebo” yg lebih banyak karena sugesti aja ??

    Asal tau aja, pasien mereka sudah ribuan dengan keberhasilan 95 %, kecuali penyakit lupus & ayan serta urat syaraf terjepit aja yg gak bisa disembuhkan melalui air ini

    Bersikap adillah, karena Adil lebih dekat dengan Taqwa, dan ingatlah bahwa kita ini manusia biasa, sehingga kebenaran bukan monopoli persepsi kita sendiri, sementara persepsi kita pun (kalo mau jujur nih) masih ada unsur subyektifnya

    Semoga membawa kebaikan bagi kita semua

  76. #104:

    Tapi kalo sakit kronis (salah satunya pasien cuci darah) bisa disembuhkan dengan seijin Allah melalui air Hexagonal .. apakah itu “sekedar efek Placebo” yg lebih banyak karena sugesti aja ??

    bisa saja, kenapa tidak?

    Asal tau aja, pasien mereka sudah ribuan dengan keberhasilan 95 %, kecuali penyakit lupus & ayan serta urat syaraf terjepit aja yg gak bisa disembuhkan melalui air ini

    dimana bisa saya baca hasil penelitiannya?

    Bersikap adillah, karena Adil lebih dekat dengan Taqwa, dan ingatlah bahwa kita ini manusia biasa, sehingga kebenaran bukan monopoli persepsi kita sendiri, sementara persepsi kita pun (kalo mau jujur nih) masih ada unsur subyektifnya

    saya sudah cukup adil. kalau memang ada bukti klinisnya, silakan sampaikan di sini.

  77. Saya pernah mencoba untuk membuktikan sebagaimana yang penjual tersebut uraikan khasiatnya.
    Kenyataannya,
    Tidak seperti apa yang mereka gembar-gemborkan. artinya khasiatnya tidak jauh berbeda dari air putih(minum) biasa.
    :)

  78. saya gak tau mau ngomong apa nih.. karena saya setuju sama pak priyadi awalnya.. I don’t believe it walau nama saya iman yang seharusnya berarti ‘percaya’ :( emang tipe saya yang pemberontak..

    tapi ada orang yang bawa satu alat, yang katanya bikin air biasa jadi air ‘kontroversial’ hexagonal walaupun ada kekurangannya yaitu tidak bisa membuang pollutant.. tetap saja saya gak percaya.. gila kali saya pikir!

    dia praktekin didpn saya ke beberapa air.. pertama ke coffe mix, saya buat, terus dari sumber yang sama saya bagi dua kopinya, yang satu dikenai ke kaca 13 mineral tersebut, yang satu tidak… saya gak tau mau ngomong apa, saya lebih suka yang original.. yang dikenai ke kaca tersebut jadi gak enak!! terus ke susu bear brand dengan metoda yang sama, yang kena kaca tersebut jadi lebih enak, tidak amis dan tidak berbau.. ini baru enak! terus seemprit :d biasanya sprit agak nusuk rasanya pas pertama kali minum.. yang kena kaca kok tidak ya.. terus beberapa liquid lain seperti jeruk nipis, green tea dst… emang beda, aneh saya pikir!

    saya mulai agak percaya, dan saya pelajari.. dan sampai sekarang saya yakin, tidak akan ada asap kalau tidak ada api.. kalaupun dr sopo itu namanya? gak kasih dan gak berani.. mungkin bukan itu kali? takut diduplikasi orang? dia tersaingi.. maybe?

    kalau ada yang mau tau, saya bisa beri demo, bukan berarti saya jualan.. saya cuma mau berbagi keanehan yang saya lihat dan rasa.. kalo mau beli, monggo2 aja.. tapi keperusahaannya, ora ke saya ya.. gak produksi tuh kita..

    Ide yang saya mau lempar, yok rame2 pelajari daripada berantem.. toh yang buat lampu t.a. (baca tea, orang padang bilang gila) edison bukan pelajar canggih, dan henry ford juga dibilang gila waktu bikin mobil.. sekarang?

    regard
    iman

  79. maaf, lupa.. biar alamat email ini terbuka kok untuk umum.. cuma saya kurang sering masuk alam beginian nih.. jadi kurang sering buka email… kalo ada yang ingin berkomunikasi silahkan bebas kirim email ke alamat email umum saya ini.. iman.firmansyah.latif@gmail.com

    tapi maaf kalau replynya kurang cepat..

    regard
    iman

  80. #107: harus diketahui dulu cara kerjanya seperti apa. ada alat pembuat air heksagonal, tapi ternyata untuk operasinya ada zat yang harus ditambahkan ke alat tersebut, dan harus ditambahkan kalau habis.

  81. setuju banget, banyak juga yah alat2 yang dijual dipasaran, contoh advance.. tapi ada mineral yang harus ditambahin ke alat itu tiap tahunnya.. memang gak besar sih, cuma 200rb tapi repot…

    alat yang saya tahu ini, buatan jerman, komposisi dari 13 mineral yang dipadu dengan teknologi fussion something.. dia gak mau kasih tau, dasar jerman pelit.. hasil akhir berupa kaca cembung cekung bening..

    dari hasil yang saya uji coba, gak ada mineral yang masuk kedalam liquid yang diuji… dan alat berfungsi selama 15 tahun (katanya lagi, belum saya coba sendiri, namun mereka katanya sudah mencoba hampir 20tahun.. kok bisa ya? 20tahun yang lalu emang sudah ada tapi gak bilang-bilang, dasar sekali lagi, orang2 pelit) tanpa ada mineral atau zat tambahan lagi (yang ini saya yakin karena alatnya cuma berupa kaca bening solid tanpa ada bungkus plastik atau besi apapun yang menutupi)..

    begitu mas priyadi..

    regard
    iman

  82. salam kenal mas pri…
    mengenai hexagonal???? mo gmn ya? denger2 ada efek efek negatifnya seh…. kanker otak kl gak salah..wa denger dari temen yang katanya baca infonya di majalah femina….
    Tapi anehnya saudara wa kan perokot berat tuh, dia tuh kerjaannya batuk2… trus dia beli hexagonal botol yang warna biru di carefor..itu tuh yg sama persis ama kk sincan… mrk HEXAGONAL pt Artha Bio apa gitu?.. kl gak salah, itu minuman ambil airnya di AIR GUNUNG SALAK (Sumber yang dipakai AQUA dll), trus dicoba… tahu gak hasilnya???
    SEMBUH MEN!!! saudara wa bingung juga, ya udah deh dianya tuh skrg beli air HEXAGONAL tiap hari…
    Coba deh kk kalo sakit beli aja HEXAGONAL yg biru… iseng aja gitu sapa tau manjur kan??
    Gimana ya??? percaya gak percaya seh\:d/

  83. bener kata mas boby…

    kadang2 ada aja yang aneh.. tapi selama ini masih proses, emang kudu ati2.. makanya saya juga cuma nyaranin liat keanehannya & buktiin daripada berantem? cape de

    btw, saya juga lagi pesen beli, inden dari jerman katanya, oke deh saya tunggu, lagian gak ada salahnya untuk dicoba, lebih murah dibanding alat yang dijual dipasaran..

    ada banyak report yang aneh2 amazingly aja kok bisa ajaib gitu.. mau buktiin sendere neh..

    regard
    iman

  84. Untuk informasi tentang air dan air heksagonal, saya cuma mau sharing aja. Mungkin ada bagusnya anda semua membaca buku, judulnya “True Power of Water” karangan Masaru Emoto. Buku sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan bisa diperoleh di toko buku Gramedia atau toko buku lainnya, harga sekitar 50 ribu. Buku ini adalah Best Seller versi New York Times. Buku ini terdiri dari beberapa seri. Semua informasi tentang air ada disini, berisikan INFORMASI TENTANG AIR YANG TIDAK PERNAH KITA KETAHUI SEBELUMNYA,MENGUNGKAP RAHASIA-RAHASIA TENTANG AIR YANG SEHARI-HARI KITA LIHAT, MINUM DSB semunya dijelaskan dengan gamblang, jelas, mudah dicerna serta telah melewati uji empiris, saya yakin setelah membaca buku ini maka pandangan kita tentang air akan berubah terutama tentang air heksagonal.
    Buku ini bisa menjelaskan kenapa ada penyakit keturunan, kenapa orang sakit lalu diberikan air putih yang sudah di doakan bisa sembuh dan masih banyak lagi.
    Setelah anda membaca buku ini, maka anda bisa melihat salah satu tanda-tanda kebesaran Allah, Sang Maha Pencipta.
    Dan anda akan menyadari bahwa air yang kita lihat sehari-hari bukanlah seperti yang kita kira
    Informasi lain bisa juga anda buka di http://www.hado.net
    Enjoy….take your time & Selamat membaca :d :d

  85. oh ya, jangan kaget, kalo dibagian bawahnya ada iklan produk.. buat saya, yang penting adalah isi tentang air tersebut.. bila seorang medical doctor S3 berani ngomong macem gini, kalo salah, hancur namanya… reputasi dia dipertaruhkan.. eh, bener gak yah? :-?

  86. \:d/, Bahasan masalah air kelihatannya menarik, lebih baik lagi apabila makalah masalah ini di bentuk dalam file PDF atau DOC dan di update untuk bisa di download

  87. Hohoho…air hexagonal ini bener2 ampuh….udah gue eksperimen sendiri…..dulu gak percaya…sekarang sih believe banget oi…

    gini nikh eksperimennya….gue kan fitness…..

    gue siapin makanan buat dua hari dengan menu yang sama dan takaran yang sama,dan aktivitas keseharian yang sama ( biar fair )…..bedanya…hari pertama pake air biasa….hari kedua minumnya pake air hexagonal….

    aneh ya….semua orang fitnes tau kalau kita berolah raga dengan gerakan yang sama dan porsi yang sama…selama dua hari berturut2…pasti di hari kedua cenderung gerakan kita pasti jadi lebih lemah dan turun porsinya karena otot masi lelah pada hari pertama..sehingga perlu waktu unuk pulih kembali….

    waktu hari kedua….minumnya air hexagonal….dan memang ampuh….fitnessnya malah porsinya bisa nambah…..padahal hari kedua itu juga jam makannya sama, menu yang sama,dan porsi yang sama…

    ada yang aneh dengan air hexagonal….kalau minum air biasa kan gue gak ada perasaan apa2,dan air masuk begitu aja tanpa kesan apapun….tapi kalau hexagonal..pas air masuk ke perut….seketika itu juga kaya ada hawa dingin yang nyebar ke seluruh badan….dan airnya berasa bergerak aktif…gak tau kenapa….tapi pokoknya setelah minum itu badan gue seger banget…gak bisa di jelasin pake kata..intinya kaya ada hawa udara yang masuk ke seluruh badan….bikin seger dan fresh….trus kencing gue jadi beninggg…gak ada warnanya…buang air besar pun lancar banget….aneh tuh air…tapi yang jelas gue percaya sekarang….

    seperti aneh emang kalo liat sama2 air kok tapi ampuh….tapi faktanya begitu….tapi seinget gue…masi lebih aneh cerita ttg orang liat setan ketimbang membuktikan khasiat air kan..^_^…hehehe..kalo yang setan gak keliatan aja kadang bisa diliat..apalage fenomena air yang sering di minum…pasti bisa dipercaya juga…dan gue dah buktiin….gue sering tuh belanja air hexagonal di diamond kelapa gading JKT…^_^…

    cobain deh…kasi dua gelas kecil..satu isi heksagonal…dan satu air biasa….nah…waktu minum…usahain dalam perut sedikit kosong….alias mau jam makan….trus coba konsentrasi waktu minum air itu…minum aja air biasa dulu..rasakan sensasinya..pasti biasa2 aja….abis itu minum heksagonal…rasakan betul2 sensasinya…pasti ada udara yang merasuk ke badan….tes baik2..pasti terasa…dijamin….enakan ngetes waktu perut agak kosong…biar ” LEBIH PEKA “…..

    selamat ekperimen, Friends….

  88. AWAS RADIKAL BEBAS
    Gencarnya iklan air minum beroksigen dan air heksagonal membuat masyarakat mulai berpikir untuk mengonsumsinya. Kampanye gaya hidup yang lebih sehat dengan meminum air berkualitas prima pun didengungkan. Beberapa yang sudah mencoba mengaku stamina tubuhnya meningkat. Bahkan, ada yang mengklaim air tersebut mampu menyembuhkan penyakit dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
    Rimbawan terkesan berhati-hati menyikapi fenomena ini. Kemasan air minum beroksigen dan air heksagonal sekilas mirip dengan air biasa. Hal ini tak jarang membuat masyarakat mengonsumsinya tanpa batas. “Padahal, ada teori yang menyatakan, radikal bebas akan terbentuk ketika oksigen yang masuk ke dalam tubuh terlalu tinggi. Jika terlalu banyak, kemungkinan oksigennya akan menjadi reaktif. Ini dapat memicu radikal bebas,” terang Rimbawan.
    Padahal, lanjutnya, radikal bebas tersebut dapat memicu beberapa penyakit, di antaranya kanker. Jadi, kata Rimbawan, “Sebaiknya lebih hati-hati mengonsum air minum yang mengandung oksigen.”

    sumber: http://sharye.multiply.com/reviews

    salam
    oni

  89. Buat Om Pri & temen2 yg skeptis ama air heksagonal, silakan silakan tulis alamat lengkap + kode pos, saya akan kirimkan brosur berisi kesaksian ratusan mantan pasien yg disembuhkan melalui air heksagonal, dan melalui no kontak di brosur tsb, anda dapat langsung minta akses ke para pasien tsb

    Mari Om Pri, kita bersikap adil dan obyektif, silakan Om Pri lakukan penelitian langsung terhadap ratusan pasien tsb .. buktikan sejauh mana skeptisme anda itu benar ??

    Tentang efek placebo .. buktikan kepada kami berapa ratus pasien penyakit kronis yg telah berhasil disembuhkan hanya melalui sugesti ???

  90. Sungguh menggembirakan banyak orang yang katanya sembuh dari sakitnya setelah meminum air Hexagonal. tapi sayangnya air hexagonal tersebut cukup mahal. Saya ingin sharingkan pengalaman saya dengan teman2 di milis ini.

    Lima tahun yang lalu saya terkena asam urat yang cukup kronis, kaki bengkak dan semua persendian sakit, dari beberapa dokter memberikan obat yang manjur akan tetapi mengakibatkan efek samping pada kesehatan organ tubuh lainnya. saya berusaha menyembuhkan diri dengan pantang segala makanan yang dilarang dan ini sangat-sangat menyiksa karena saya hobbi makan.

    Bayak orang memberikan saran pengobatan alternatif dan kebanyakan obat tersebut sangat tidak enak, akhirnya ada seorang supplier komputer yang memberikan saran untuk terapi air, ternyata terapi air ini juga sangat menyiksa karena harus minum 1.5 liter dalam 1 menit, dan saya hanya sanggup 3 hari, akan tetapi dalam 3 hari tersebut pegal-pegal menghilang air seni bening.

    Untuk mencari penyembuhan maka saya browsing internet dan mendapatkan informasi air Murni yang tidak mengandung zat besi dan polutan lainnya sangat baik untuk kesehatan terutama ginjal, akhirnya saya dapat bicara dengan marketting perusahaan mesin air tersebut dan saya beli mesin dari dia. Saat ini saya konsumsi air minum murni minimum satu hari 2.5 liter dan jika kondisi tubuh tidak sehat saya paksakan minum 3 s/d 4 liter sehari dan sekarang ini saya sudah mendapatkan hobbi makan saya lagi.

    Dari pengalaman tersebut saya dapat simpulkan pola hidup yang tidak suka mengkonsumsi air bening/murni akan mengakibatkan timbulnya banyak penyakit dari yang ringan sampai dengan yang berat.

    Lima tahun yang lalu saya hanya minum pada saat saya haus, ruangan kerja saya ber AC mobil ber AC dan saya lebih suka kopi dan teh dari pada air bening. konsumsi minum air bening dari pagi sampai malam sekitar 4 s/d 6 gelas sedangkan kopi 3 gelas dan teh manis 2 gelas. bisa anda bayangkan bagaimana beratnya kerja ginjal untuk memproses kebutuhan air dalam tubuh dengan air masuk yang minim. Logikanya jika air yang kita konsumsi kotor atau sedikit sekali maka kerja ginjal akan berat, akibatnya akan terjadi penumpukan pada ginjal dan memungkinkan terjadi batu ginjal, jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik maka semua penyakit akan muncul dari yang awalnya ringan s/d berat.

    Saran saya, segera konsumsi air yang murni karena air tersebut sangat dibutuhkan tubuh, dan murah saat ini banyak yang jual air tersebut salah satunya Cleo yang pergalonnya RP 9000,Bonansa Rp7000 dan isi ulang Murni RP 4000,-.

    Bagaimana mengetahui kemurnian air tersebut ?
    Bisa test Lab depkes, dengan TDS meter atau electrolisa.

    Perlu diketahui:

    Kebayakan orang saat ini untuk menjaga kesehatannya mengkonsumsi banyak vitamin/suplemen, akan tetapi kurang minum air bening/murni.

    Kebanyakan orang sehat air seninya bening, tidak kuning atau merah.

    Kebanyakan orang lupa atau mengabaikan olah raga karena sudah minum/makan suplemen.

    Kebanyakan orang tidak tahu bahwa kesehatan berawal dari air Minum yang Murni.

    Kebanyakan orang tidak sanggup membeli air Minum yang mahal.

    Kebanyakan orang lebih suka menjual/membeli barang dengan harga mahal dan kemasan yang mewah dengan kwalitas Sugesti.

    Kebanyakan orang jika sudah membeli air yang mahal maka akan segera dikonsumsi sesuai dengan petujuk, padahal petunjuk tersebut jika dilakukan pada air bening/murni dirumah hasiatnya tidak akan jauh berbeda.

    Apapun yang anda Minum jika tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh anda maka akan mubajir, minum air bening/murni setiap hari akan lebih menyehatkan tubuh dan kantong anda. Jika anda ingin sehat berpikirlah dengan logika.

    Salam.
    Yd

  91. Menarik juga nih, diskusinya tentang air hexagonal.

    Kebetulan saya jualan tuh, mesinnnya. Awalnya, saya memang tidak sreg minum air di rumah karena saya sering lihat ada endapannya. Pasti ada pencemarnya, pikir saya.

    Nah, pernah saya waktu ke mall didatangi lelaki berdasi yang memberikan hadiah ke saya, VCD buatan Malaysia, tapi menggiring saya masih ke tempat jualannya. Sambil dipijit pakai kursi listrik, dia tawarkan alat penyaring air, dengan bonus ini-itu. Saya sebenarnya tertarik, tapi harganya itu lho, mahal plus saya kurang sreg karena menurutku ada unsur penipuannya. Buktinya, awalnya dia ngasih VCD tapi ujung-ujungnya jualan.

    Sampai suatu ketika saya kenal juragan mesin Reverse Osmosis dengan harga cukup murah. Saya langsung beli 2 ! Bener juga, tak sampai 10 hari, teman saya beli itu mesin. Sampai sekarang, sudah hampir seratusan mesin saya jual. Pembelinya dari Jambi hingga Nabire.

    Kebanyakan mereka beli untuk bisnis air minum. Lumayan, ada yang awalnya beli mesin kapasitas 30 galon/hari, belum sampai 3 bulan udah beli lagi yang 100 galon/hari. Katanya sih, karena kewalahan permintaan makin gede. Saya sih, monggo-monggo aja, dia beli saya layani, simple.

    Testimoni justru datang dari orang-orang yang beli mesin bukan dari saya. Kenalan saya, seorang ustadz yang 4 tahun lalu beli mesin RO seharga 8 jt bilang “Saya punya batu ginjal, setelah sebulan saya minum air RO, batu pada keluar dan saya sehat”. Ada lagi pemborong yang cerita ke saya, bahwa karyawannya sakit ginjal dan setelah kerja dengan dia (si pemborong punya mesin RO tapi belinya nggak ke saya jadinya mahal, he he) dan minum air RO, tidak lama batunya keluar.
    Ada juga sih, karyawati dan adik ipar saya yang kena ginjal. Si karyawati pas kena ginjal aku belum punya mesin RO, tapi sekarang dia gak ada keluhan lagi. Kalau adik iparku tinggalnya tidak serumah, setelah divonis ginjal, saya suruh ambil galon dari rumah, alhamdulillah sekarang sudah tidak mengeluh lagi.

    Nah, dari importirnya ada dijual alat tambahan; bio-magnetized yang katanya untuk membuat air hexagonal. Jadi, nanti keluarnya RO plus hexagonal. Kalau air RO ini sudah jelas bebas polutan, bakteri dan virus, logikanya akan lebih baik lagi kalau ditambah ini alat. Alat tambahan ini tidak perlu diisi macam-macam dan tidak ada refillnya.

    O ya, teman saya kan jual alat yang bisa memindahkan obyek dari microskop ke TV, projector, komputer, dll dengan pembesaran hingga 1600 kali. Penasaran, saya coba uji air RO hexagonal saya. Yang bikin saya tercengang, di situ nampak gelembung-gelembung udara dan terus bergerak. Sebagai pedagang, aku makin mantap saja jualan ini alat. Memang di brosurnya disebutkan air RO ini air yang aktif/hidup, dan saya sudah membuktikannya.

    Kalau ada yang pengin diskusi, silakan kontak saya di: primacoco@yahoo.com
    Trims, kang Pri.

    R Pranata Yogyakarta

  92. Memang bener baca aja buku DR.Masaru Emoto air heksagonal bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan air tsb. bisa kita buat sendiri air bening diberi label “cinta dan trima kasih” atau lebih siip lagi air kita bacakan doa “asma ul husna” tanggung deh jadi obaaat,coba saja,simak saja ayat ayat Alqur’an surat al furqan ayat 54 siiipdeeh:):)

  93. :)
    hem…. saya lagi pasarkan alat untuk bikin air hexagonal bentuknya praktis sebesar spidol whiteboard tidak pake listrik cukup di taruh di dalam air dan dikocok-kocok.harganya lebih terjangkau dan bisa pake 5 tahun. saya tidak akan jualan kalau hasilnya mengecewakan. Nyatanya sudah banyak orang yang tertolong dengan alat air hexagonal. orang yang skeptis akan air hexagonal silahkan coba lagi demonya. taruh kecap asin dalam gelas, kemudian rendam dalam air heksagonal 30 menit kemudian rasa kecapnya. apakah ini namanya juga karena sugesti? apakah orang yang 13 tahun diabet dan 3 thn suntik insulin kemudian bisa sembuh setelah konsumsi air heksagonal selama 2 bln cuma karena sugesti? para ahli yang masih skeptis tolong teliti kembali air. oksigen tidak serta merta habis seiring kenaikan suhu. pengurangan O2 akan terjadi perlahan-lahan. thx.

  94. wah, menyenangkan juga membaca komentar2 disini… ada yang jualan untuk personal gain, ada yang kasih informasi dan lain-lain…

    ini sekedar info, you may say it’s hoax or whatever.. learn it, that’s more interesting to do..
    http://www.watercure.com

    happy reading..

    iman

    nb. tadi sy baca ada yang bertanya ttg biodisc? sy juga sedang coba nolong nyokap temen yang kena kanker payudara stadium4, sudah pecah, bleeding and… well.. belum ada perubahan yang berarti, kecuali sudah tidak lemes lagi ketika bleeding, lebih mudah tidur dan nyeri didadanya berkurang… kalo nyokap temen ini sembuh atau memberikan sign peningkatan yang significant, wah, what a satisfaction I got!

  95. :)Air Hexagonal ? Air Hexagonal…………! Percaya! Omong kosong! Masa? Ah…gombal. Serius! Ah…dst. Ngikutin ini seru juga. Sahabat, daripada ribut, kenapa sih gak pada coba buktiin sendiri. Begitu aja kok repot. Terus terang saya tadinya cuma penasaran. Lalu ngebuktiin sendiri.Saya mencoba meminumnya. Bukan main!
    Akhirnya……saya memproduksi. Dalam kemasan botol 600 ml. Saya kasih judul SUPER HADO Hexagonal Water.Tentunya, Saya jual. Alhamdulillah. Pokoknya saya gak banyak ngecaplah. Pokoknya, buktiin sendiri!
    Sahabat, khususnya bagi yg mempunyai masalah dengan kesehatan, dan masih penasaran atau ragu akan khasiat Air Hexagonal, silahkan hubungi saya….. gratis Satu karton (24 botol). Ini biar nggak penasaran lagi.Tapi maaf lho ini, persediaan terbatas.
    Khusus bagi sahabat yang mau bisnis jadi AGEN, ya monggo.
    Hitungannya begini:
    -Harga jual ke konsumen, perbotol …… Rp. 3.500,-
    -Harga jual ke konsumen perkarton/24btl…..Rp.60.000,-
    Harga utk agen (pesanan minimal 20 karton), perkarton Rp.40.000,-Barang diantar,gratis(Jabotabek).
    Mau gabung…? Hubungi email : *********@yahoo.com

    O,ya. Khusus buat mas Priyadi. Biar Anda juga nggak penasaran, monggo silahkan ikutan buktiin.Gratis dua karton.Syaratnya : KATAKAN SEJUJURNYA ! Ok.Thank’s.

  96. Tulisan artikel dari priyadi di atas sudah kuno
    Sekarang ini Air Heksagonal is The bEst khasiatnya
    Thanks

  97. Air Hexagonal 8-|
    Ehmm…..menurutq banyak banget manfaatnya.
    Disamping menyegarkan juga menyehatkan tubuh kita.
    Badan jadi terasa fresh :d
    Di jamin zegerrrr…..
    Apalagi kalo qta lagi haus…
    Hehe…..:x

  98. Buat para pecinta air Heksagonal, ketahuilah bahwa :
    1. Produsen air Heksagonal memproduksi melalui beberapa cara yang berbeda. Ada yg dengan cara magnetis & pusaran udara (Actimo – Korea), ada yang pakai unsur 228 (Bio Cosminergy – Japan), ada yang pakai penyaringan (Apple-Korea), ada yang pake Pancaran Energi & Pemecah Molekul (Bio Disc) … So, tingkat khasiatnya & ketahanannya ada sedikit perbedaan. Ada yang tahan hanya 1/2 hari, 5 minggu, bahkan ada yg mengklaim bisa tahan sampai 3 tahun … So kalo ada yg jual air Heksagonal, tanyakan seberapa lama ketahanan ikatan molekul Heksagonalnya.
    2. Air Heksagonal kurang baik jika dipanaskan & kena sinar matahari .. khasiatnya bisa berkurang.

    Buat penentang air Heksagonal, ketahuilah bahwa :
    1. Beberapa produsen & alat pembuat air Heksagonal telah mendapatkan hak patent dan lolos uji sertifikasi kesehatan di tingkat Internasional .. So kalo anda bilang itu Hoax, maka air Heksagonal produksi siapa yg anda maksud .. Jangan mudah menyebarkan fitnah, karena ada produksi air Heksagonal yg secara klinis nyata-nyata mampu menyembuhkan penyakit kronis bahkan membatalkan vonis operasi .. mematahkan paradigma medis konvensional dan menghemat biaya pasien puluhan juta rupiah .. Kalau masih menganggap itu efek Placebo .. maka tunjukkan bukti kepada kita berapa banyak pasien kronis & vonis operasi yg bisa disembuhkan hanya melalui efek placebo ??? Bandingkan dengan data-data pasien kronis yg disembuhkan Allah melalui air Heksagonal Itu kalo mau obyektif .. tidak asal melempar alasan
    2. Air Heksagonal termasuk metode penyembuhan alternatif, sebagaimana pengobatan herbal yang memiliki sudut pandang yg berbeda dengan penyembuhan medis konvensional. Beberapa dokter menyarankan bahwa bukti penyembuhan terapi alternatif sederhana saja .. lihatlah bukti penyembuhan yang dialami pasien. Bisa dilakukan uji laboratorium kondisi fisik pasien sebelum dan sesudah terapi .. Jika anda masih skeptis dengan air Heksagonal, tinggal anda kaji kebenaran testimoni mantan pasien.
    3. Ketahuilah, walaupun sekilas harga air Heksagonal cukup mahal, namun masih jauh lebih murah daripada pengobatan medis konvensional yg membutuhkan dana jutaan & masih ada risiko efek samping

    So buat semua orang bersikaplah adil & obyektif, dan pelajarilah secara mendalam bukan hanya lewat tulisan, tapi buktikan langsung dan temui langsung kondisi riil di lapangan … Jika anda buru-buru menyimpulkan, jangan-jangan bakat Hoax itu sebenarnya melekat pada diri anda .. cuma anda gak sadar atau tengsin buat menyadarinya !!

    Thanks for Allah with Hexagonal water .. Btw sahabat Rasulullah SAW pernah menyembuhkan orang sakit dengan air yg didoain Al Fatihah .. Ini fakta nyata kan ?? Bukan efek Placebo .. soalnya si orang sakit tersebut bukan Muslim .. lagian jika ada yg mengatakan itu efek Placebo dengan fakta apa anda membuktikan ?? .. cuma kira-kira juga kan ???

  99. #134:

    Beberapa produsen & alat pembuat air Heksagonal telah mendapatkan hak patent dan lolos uji sertifikasi kesehatan di tingkat Internasional

    boleh saya tahu produk mana saja dan sertifikasi apa saja?

    tinggal anda kaji kebenaran testimoni mantan pasien

    maaf, testimoni satu dua orang saja tidak cukup untuk dijadikan bukti medis.

    walaupun sekilas harga air Heksagonal cukup mahal, namun masih jauh lebih murah daripada pengobatan medis konvensional yg membutuhkan dana jutaan & masih ada risiko efek samping

    walaupun harganya jauh lebih murah, tetapi masih lebih murah air ‘biasa’. dan masih jauh lebih mahal jika ternyata khasiatnya tidak sesuai dengan yang dijanjikan

    maaf, jadi kecuali jika anda bisa memberikan bukti2 ilmiahnya, pendapat saya tetaplah sama.

  100. Bukti sertifikasi & hak paten menyusul,

    Yang jelas kita punya info 180 pasien lebih yg dapat anda konfirmasi langsung dan anda teliti kondisi mereka, sebelum dan sesudah treatment air heksagonal. Silahkan kirim alamat anda ke sjamsustore@yahoo.com. Saya akan kirimkan fakta itu

    Saya setuju tidak semua air heksagonal berkhasiat “super” karena memang tingkat kestabilannya berbeda-beda. Namun tidak semua air heksagonal seburuk itu kualitasnya (=air biasa)

    So untuk air heksagonal tertentu yg memang mampu menyembuhkan penyakit kronis & membatalkan vonis operasi … tentu saja harganya lebih mahal dari air biasa … namun jauh lebih murah dari air biasa

    Skeptisme para ahli terhadap air heksagonal boleh-boleh aja .. namun saya meragukan bhw semua fakta sudah mereka teliti … termasuk fakta tentang 180 pasien lebih yg sembuh (kondisi sebenarnya ada ribuan pasien yg sembuh .. namun tidak semua ter-record, cukup dilihat dari repeat order yg cukup tinggi akan air heksagonal)

    Saya cuma bisa mengatakan bahwa penelitian mereka belum final .. ada banyak fakta yg belum mereka ungkap

    Efek Placebo lagi ??? Saya sudah mengadakan percobaan pada biji kacang hijau yg direndam dengan air Heksa & air biasa. 12 jam kemudian, air heksa langsung surut karena molekul air yg kecil sehingga air heksa langsung terserap oleh kacang hijau, sementara air biasa hampir tidak berubah volumenya.

    2 – 3 hari terbukti kacang hijau yg direndam dengan air heksa tumbuhnya lebih cepat dan lebih tinggi daripada kacang hijau dengan air biasa … Kacang hijau mana mungkin mengalami efek Placebo

    Saya sama sekali tidak yakin 180 orang sembuh dengan efek Placebo .. kenyataannya sulit mengukur pengaruh efek Placebo … Yang pasti sudah ada perubahan treatment, yaitu melalui air heksagonal .. Fakta ini jangan coba dikaburkan dengan dalih efek placebo .. kecuali anda punya kepastian bahwa efek placebo terjadi pada pasien tersebut, fakta yang jelas jangan coba dialihkan dengan dugaan efek placebo yg masih belum pasti

    Atau boleh juga Om Pri melakukan penelitian … Cari 180 pasien kronis dan lakukan sugesti … berapa persen efek placebo mampu menyembuhkan pasien kronis .. Kita pengen liat itu .. kalo perlu kita bantuin cari pasiennya. Temen-temen boleh ikutan mengamati

  101. Sorry ada salah ketik :

    So untuk air heksagonal tertentu yg memang mampu menyembuhkan penyakit kronis & membatalkan vonis operasi … tentu saja harganya lebih mahal dari air biasa … namun jauh lebih murah dari air biasa ….

    Harusnya :
    So untuk air heksagonal tertentu yg memang mampu menyembuhkan penyakit kronis & membatalkan vonis operasi … tentu saja harganya lebih mahal dari air biasa … namun jauh lebih murah dari PENGOBATAN MEDIS KONVENSIONAL (Khususnya Rawat Inap & Operasi)

  102. #137: bisa saya dapat di jurnal ilmiah mana penelitiannya? ada url?

    atau lebih spesifik lagi, apa definisi ‘air heksagonal’? bagaimana memproduksi ‘air hexagonal’ tersebut? berapa banyak sampel kontrolnya? dan berapa banyak sampel eksperimennya? apa sudah diperhitungkan faktor confoundingnya? berapa relative risk-nya? tingkat kepercayaan berapa? berapa standar deviasinya?

    fakta 180 ‘pasien’ (atau korban?) tidak berarti apa2 kalau tidak ada sampel kontrol. bisa jadi ada efek placebo, post hoc ergo propter hoc atau regression fallacy. tahu darimana mereka sembuh karena ‘air heksagonal’? correlation does not imply causation

    yang jelas, air heksagonal sendiri tidak terbukti bisa stabil dalam bentuk cair. mungkin yang dimaksud di sini bukan ‘air heksagonal’ per se, tapi mungkin ada larutan lain yang terkandung dalam air tersebut tapi produknya dipasarkan sebagai ‘air heksagonal’.

  103. Paten BUKAN jaminan kualitas :)

    Banyak paten yang kualitasnya amburadul. Ini salah satu sebabnya kini muncul seruan untuk “patent reform” antara lain di Amerika.

    Ujian sertifikasi kesehatan… lha, air putih biasa pun pasti akan lolos :D

    Kalau air hexagonal berhasil dapat sertifikasi “ampuh mengobati” dari lembaga yang kredibel, nah baru lain ceritanya.

  104. Gak usah berlebihan deeeh … Pengobatan medis konvensional-pun gak ada yg menyatakan jaminan “ampuh mengobati segala penyakit” … Toh banyak orang percaya walaupun biayanya mahal dan banyak terjadi efek samping sampai kepada maal-praktek …

    Ada lhoo produk air heksagonal yang berani memberikan jaminan uang kembali apabila setelah melampaui treatment beberapa lama dan pasien belum sembuh .. mereka siap mengembalikan uang pasien … Buktinya Alhamdulillah 95 % sembuh … Makanya jangan SOK mengatakan mereka “korban”. 180 orang tsb boleh anda hubungi untuk diteliti perkembangan kondisi mereka …

    Memang .. karena ini tindakan penyembuhan dan BUKAN Eksperimen, makanya yang sampai kepada kita adalah testimoni … Kalo mau ngadakan eksperimen .. silakan diteliti langsung !!

    Bahkan sebelum diteliti efeknya pada tubuh manusia … Anda perlu meneliti dulu pengaruhnya pada pertumbuhan biji-bijian … Seperti pernah saya sampaikan, Kacang Hijau tidak mengenal Sugesti atau Efek Placebo sehingga membuat dia mampu tumbuh lebih cepat !!

    Btw .. bagi yang anti sama Bio Disc .. saya sudah membuktikan bahwa antipati anda tidak berdasar sama sekali .. !!

  105. #141: saya ulangi lagi deh. mana hasil penelitiannya? saya tidak tertarik dengan berbagai macam testimonial dan pseudoscience. inti pertanyaan saya mungkin cuma 2: apa definisi ‘air heksagonal’? dan berapa relative risk-nya?

  106. Mas Pri saya tertarik dengan air Hexagonal bisa nggak Mas Pri kasi saya info dimana kalau mau beli alat memproduksi air haxagonal sya tunggu loh… thanks ya:):(

  107. ss:) siang,,,….
    maaf klo nanyanya kessini..
    Aq cuman mo nanya… denngar2 da perusahaan air minum yang filter airnya menggunakan tulang babi.. apa itu benar…???? n klo benar pakai itu , pa efek sampingnya n produk air minum bermerk apa?

  108. Kalo saya pribadi, entah itu namanya air heksagonal ato pentagonal atau air apapun, kita tetap harus mengkonsumsi air yang benar-benar bersih dan berkualitas karena 70% tubuh manusia adalah air. Jadi kesehatan kita sangat tergantung dari air yang kita minum sehari-hari, kalo mau sehat ya harus konsumsi air yang sehat pula, ini adalah hal yang paling logis dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi air yang tercemar ato rusak maka kita akan sakit begitu juga sebaliknya.

    Hati-hatilah dalam mengkonsumsi air karena bisa jadi semua sumber penyakit berasal dari air yang biasa kita minum.

    Kalo mau lihat hasil uji air anda bisa kunjungi http://www.airsehat.blogspot.com , semoga ini bisa membuka pikiran kita semua tentang air

  109. Ass.Wr.Wb.
    Berdasarkan penelitian ilmiah TERKINI, struktur molekul tubuh manusia adalah segienam (hexagon),sdngkan air putih yg biasa kita minum rata2 strukturnya besar: antara 10-12, logika paling sederhana&diikuti penemuan yg valid (postulat), airputih yg kita minum maksimal diserap tubuh HANYA 1/4nya, berarti dari 1gls airputih yg diserap sel tubuh kita itu cuman 1/4gls, SISANYA???? terbukti dibuang percuma lewat airseni,kringet dll. kebayang ternyata airseni yg kita buang itu bukan racun/kuman dll, tp sbagian besar (75%) airputih yg udah kita minum tp gk bisa nyerep ke dalam sel. wah banyak banget nih info update yg musti om Pri & temen2 tahu,sebanyak yg hrs saya kemukain disini & saya merasa ikut berkewajiban “ngajarinnya”. gini aja deh, saat ini saya sedang bikin situs airbiocosminergy.com, InsyaAllah rampung dlm 1blnn, drpada saya ngomongnya gk mantep disini, mending saya kumplitin aja info selengkapnya di situs nanti, nanti aku kabari kalau sudah jadi.
    (Mas Pri, coba perluas lg bacaannya ya…)

  110. #147:

    wah ini lebih ngaco lagi.

    airputih yg kita minum maksimal diserap tubuh HANYA 1/4nya, berarti dari 1gls airputih yg diserap sel tubuh kita itu cuman 1/4gls, SISANYA???? terbukti dibuang percuma lewat airseni,kringet dll.

    kalau memang air yang kita minum diserap tubuh 1/4-nya, dan 3/4-nya dibuang, mungkin berat badan saya sudah 1 ton kali. hehehe.

    hint: hukum kekekalan massa :)

  111. Acung jempol buat mas PRI, Mas buat blog yg lebih khusus yang “isinya Anti kemapanan dan Anti Inovasi teknologi”, nanti artikelnya nyomot dari netter2 yang sealiran, anda cocok jadi adminya, dan aku dikabari…. nanti saya ikut ndukung dan meramaikan.

    *Himbauan dri aku si bego’ : coba ambil segelas air sumur, segelas air kemasan terkenal, segelas air murni (suling), segelas air hujan, segelas air RO, air hexa, air.. air apa kek istilahnya termasuk air kencing *

    Buka buku pelajaran SMA, pinjam alat elektrolisa air di lab (bikin sendiri jg mudah), masukan alat tersebut ke msg2 gelas, apapun hasilnya > jika air berubah warna, berubah bau, muncul endapan mk di situ pasti ada zat2/mineral lain2 (yg mgkn sangat bahaya). Endapan pencemar penyebab kanker, ginjal,lambung, hati, … pokoknya sakit yg serem2 berasal dari:zat Besi teroksida, arsenik, Alumia sulfat, Organik fosfat racun tumbuhan,pestisida, raksa, plumbum, logam berat, dan mineral lain2 > yg demikian jangan di minum.

    *Hasil > anda mungkin akan tercengang, mengapa? ternyata air yg kita minum (tdk kecuali bbrp air mineral kemasan kelas dunia), adalah air comberan. Mk wajar umur manusia semakin pendek…

    *Saran: setelah anda cek tsb, minumlah air yang tanpa mengandung mineral2 yg tidak jelas (alias air murni), toh yg paling dibutuhkan dr fungsi air adl sbg pelarut/penetral (racun dan sel2 mati), pembawa gizi ke sel2 tubuh, pensuplay oksigen, penyetabil suhu tubuh,…dll, bukan air pembawa racun.

    Pendapat ini juga nyomot (aku tdk bertanggungjawab atas kebenarannya): Tidak semua mineral dapat diabsorbsi kedalam sel tubuh manusia. Terutama jenis mineral An-Organik. Kesadahan air yang banyak mengandung mineral An-Organik dalam bentuk larutan adalah penyebab utama berbagai penyakit. Mineral – mineral yang keras dan lolos dari dinding intestinal dan masuk pada sistem Lymphatic dan beredar keseluruh tubuh melalui darah. Inilah penyebab berbagai penyakit yang diderita manusia. Tubuh kita memerlukan mineral tetapi mineral organik berasal dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, susu, telur, ikan biji-bijian, bukan dari mineral anorganik dari air minum….

    Dr. Clifford Dennison (US): Kita memerlukan mineral untuk tubuh dari makanan yang kita santap, bukan dari air yang kita minum.

    Dr. Allen E. Banik, MD: Mineral yang dimanfaatkan tubuh adalah hanya mineral organik, semua jenis mineral lainnya merupakan zat asing yang harus dihilangkan.

    Dr. Paul Bragg N.D Ph.D: Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh mineral anorganik ditambah kolesterol waxy dan garam adalah pada arteri-arteri kecil dan yang dijaringan otak. Pengerasan arteri dan pengendapan pada saluran darah dimulai sejak anda meminum air dengan cemaran mineral anorganik.

    Dr. Charles Mayo, dari Mayo Clinic: menyatakan bahwa tubuh manusia tidak membutuhkan mineral An-Organik dari air. Karena mineral yang dapat diabsorbsi oleh tubuh manusia adalah mineral organik yang biasa terdapat dalam makanan yang berasal dari sayur, buah maupun daging. Kekerasan air (banyaknya kandungan mineral anorganik dalam bentuk larutan) merupakan penyebab utama berbagai jenis penyakit.

    Hehe, jangan didebat… jika didebat paling2 aku jawab dengan NGAWUR tanpa ILMU… semua hanya berandai..andai… biar dunia ini tampak serem!! kacau!! menakutkan!! histeris!! dll..

  112. Air heksagonal??? jujur, I baru tahu sekarang eni. 8-| $-) 8-} tapi kayaknya dikit yang tau nih!! publikasi’in doooooonk!!! :d

  113. :: Molekul air berinti atom Oksigen terdiri dari H+ (acid) dan OH- (alkali) dengan pH 7. Bila muatannya diaktifkan melalui bioceramic/magnetic dan dalam suhu ruangan normal, maka H+ akan mengikat 1/2 Oksigen :
    2 H2O + O2 = 4 OH- (hidroksil semu, bila diatas suhu normal maka Oksigen akan terlepas kembali).
    :: Didalam air yang tanpa polutan/mineral, maka atom Oksigen yang mempunyai 3 pasang elektron yang mengelilingi inti atom membentuk sudut masing2 120 derajat. sepasang elektron mengikat 1 Hidrogen, dan 2 pasang lainnya akan mengikat sisi pasangan elektron Oksigen yang lain. Alhasil dalam sebuah lingkaran akan dibentuk oleh 6 molekul OH- (Hexagonal cluster).
    :: Air berpolutan, akan memecah ikatan alami air tersebut, contoh : (Ca++) + 2 OH- = Ca(OH)2, dan (Cl-) + H+ = HCl, memecah ikatan hexagonal menjadi tidak beraturan.
    :: Selama ini, kita mengira bahwa oksigen masuk kedalam tubuh berupa gas O2, lalu mengapa kita tidak boleh langsung saja menyuntikkan gas O2 kedalam pembuluh darah ?.
    :: Oksigen masuk kedalam tubuh kita melalui paru-paru dan air dalam ikatan OH-, dan didalam tubuh hidroksil akan terurai kembali menjadi O2.
    :: Air Hexagonal hanya dapat terbentuk didalam air yang sudah dimurnikan (H2O only).
    :: Air Hexagonal (6 OH-) bersifat alkali yang sangat baik untuk menetralisir asam darah hasil metabolisme tubuh, sehingga stamina tubuh dapat pulih segera setelah beraktivitas tinggi.

  114. saya percaya dengan khasiat air hexagonal ini. terbukti badan merasa lebih segar setelah meminumnya. Banyak mengatakan akan terjadi efek samping ketika meminumnya, dan itu adalah reaksi positif yang disampaikan oleh tubuh, yakni proses pemulihan akan sel tertentu. ketika saya meminumnya cenderung rasanya sedikit “seret”, dan itu mungkin dikarenakan wujud partikel air hexagonal yang memang dapat menyerap zat-zat beracun lebih dari air biasa.

  115. maaf kalu agak OOT,

    ada yg pernah dengar air gerizim?,
    menurut dr.Srimantoro (penemu air gerizim) air ini struktur molekul airnya sangat kecil sehingga bisa menembus kedalam inti sel, dan akan meluruhkan sel2 yg rusak tsb yg akan dibuang melalui urin,feses,dll.
    Saya pernah bertanya kepada beliau, apa perbedaan air gerizim dengan hexagonal? beliau hanya menjawab perumpamaan saja, air gerizim itu diibaratkan seperti es krim dan air hexagonal ibarat sirup.
    Mungkin ada yg lebih berkompeten utk dapat menjelaskannya…

  116. Nenek moyang kito dulu, orangnya sangatlah pintar, tanpa mll penelitian mereka mampu mengkreasi air beroksigen dan air hexagonal dgn caranya sendiri, yaitu mengisi dan menampung air di gentong yg besar lalu membiarkan air di dalam gentong tsb berinteraksi langsung dgn udara termasuk embun pagi, dan hasilnya air gentong tsb menjadi dingin segar dan mengandung banyak oksigen…
    Air di dalam gentong pun secara otomatis akan terus bergerak memutar dr kiri ke kanan, spt halnya putaran tawaf ataupun putaran bumi, apbl air di gentong diambil dg menggunakan centong dan perputaran tsb pd akhirnya membentuk air hexagonal…
    Bagaimana khasiat air gentong nenek moyang kito ini. Nah, bapak/ibu bisa mencobanya sendiri. Caranya selesai berfitnes ria atau ber aerobik, langsung minum air gentong, dan sekali waktu mencoba meminum air dingin dari kulkas. Lihat reaksinya dari kedua minuman dingin tsb, minuman yg manakah yg membawa diri kita ke RS.
    Saat ini, oleh para peneliti modern, air gentong diubah namanya menjadi air beroxigen dan hexagonal. Walaupun tidak sama dengan air gentong made in nenek moyang kito, minimal saya menghargai jerih payah para peneliti tsb dari pada menghargai para si pengkritisinya (sdh tdk mampu menjual karyanya, menjual kritikan pula).
    Sebagai cerita penutup, lihat ikan yg hidup di lautan, lbh dpt bertahan hidup dibandingkan dengan ikan yg dipelihara di dlm aquarium yg tertutup. Lautan bersentuhan langsung dengan oksigen, sedangkan aquarium perlu dibantu gelembung2 oksigen yg disemprotkan ke dalam air aquarium. Apa yg terjadi apbl listrik sedunia ini padam… hanya ikan-ikan dilautan saja yg tetap bertahan hidup, sedangkan ikan-ikan diakuarium akan mati krn habisnya kandungan oksigen di dalam air aquarium.

  117. saya mau menanggapi sedikit utk beberapa komen diatas,
    saya tidak skeptis thp air hexagonal, saya juga blm percaya 100% thp air hexagonal.

    #79,#123,#150
    yg dibahas oleh bapak2 diatas adalah air RO (air murni) mungkin agak berbeda dgn yg dimaksud oleh mas pri (hexagonal).
    saya tertarik dgn air RO tapi ada sedikit pertanyaan,kalau memang tubuh kita tdk bisa menyerap mineral2 yg ada dlm air, lalu bagaimana dgn susu, teh, air rebusan wortel (dan sayur2 yg lain) yg kita minum? berarti percuma saja dong minum susu dan minum teh??? tolong diperjelas?
    dan saya lihat di youtube demo ttg air RO http://www.youtube.com/watch?v=OeVfTqmJM94 dia mengatakan air zamzam nilai TDS-nya 600, bagaimana penjelasannya air zamzam yg menurut umat muslim air yg paling bagus kok nilai TDSnya tinggi yg berarti tidak murni dan tidak layak minum???

  118. #97 , #104, #121, #134, #137, #141, #144
    Assalamualaikum Pak Syam, saya penasaran dengan air hexagonal versi anda, apakah air anda diproses dengan BIODISC (Amezcua) atau BIO COSMINERGY (NumberOneProduct) ?
    email bapak sjamsustore@yahoo.com tdk bisa, ada email yg lain?

  119. #107, #110, #112, #113, #116, #117, #129
    Assalamualaikum Pak Iman,
    Saya sudah baca newsletter ttg air di thewolfeclinic.com, tapi apa benar BIODISC memang dapat membuat air hexagonal? karena utk saya banyak pertanyaan yg belum terjawab ttg BIODISC.
    1.dr.Ian Lyons (Penemu BIODISC) saya sudah googling tapi tdk mendapatkan satu pun informasi yg dpt meyakinkan saya ttg background dia? siapa dia sebenarnya?
    2.PROGNOS. apakah benar sudah diakui oleh dunia internasional?
    4.Saya punya BIODISC, tapi demo2 yg saya lakukan sepertinya lebih banyak unsur sugestinya? dan ternyata demo yg saya lakukan tidak bisa sehebat yg saya lihat di youtube (tubuh lebih kuat, lebih stabil,lebih fleksibel) dan juga rasa dari cairan yg disentuh ke BIODISC buat saya sepertinya tidak berbeda, kalau pun ada bedanya sangat sedikit dan itu juga saya fikir ada unsur sugestinya?
    5.Dan saya juga pernah memakai BIODISC utk terapi fisik, punggung yg pegel2, sesak nafas, tapi kok tdk kelihatan reaksinya ya?
    Maaf kalau agak diluar jalur hexagonal :)
    dan terimakasih seandainya ada yg mau memberi tanggapan

  120. #128
    Nama alatnya apa ya? ada situs yg menjelaskan lebih detail? apakah bisa dibuktikan secara ilmiah? seperti air RO yg bisa dibuktikan dgn TDS dan elektrolisa

  121. Aduh, barusan kedatengan sales air heksagonal, lengkap dengan uji coba test kebersihan air-nya. Langsung searching di google, dan sepertinya ini emang penipuan. Coba taburin garam sedikit di “air sehat”nya, terus uji coba lagi, sama aja itu kotor juga “air sehat”nya. Search google: water scam. Air heksagonal jualan sales = air kotor tanpa mineral!

  122. semua air sama khasiatnya tapi kandungan logamnya gimana? itu yang harusnya kita ketahui. kalo terlalu banyak kandungan logamnya kan kurang bagus didalam tubuh kita. besi aja bisa karatan, sumur aja bisa lumutan, karena Tuhanlah maka tubuh kita ga kenapa2, itupun yang keliatan oleh mata kita tapi sebenarnya … menjaga itu kan lebih baik daripada mengobati.:d
    Jangan lupa minum air putih dan berolah raga serta makan-makanan yang bergizi. Insya allah kita akan selalu sehat. amin.

  123. hmmmm…agak sulit meyakinkan orang2 timur kek gini memang,….mereka tidak tertarik kepada ha2 yang lebih logis dan realistis…..tapi coba klo ajak maen jailangkung buat minta nomor “togel”” langsung banyak yang minat and minta pasti..!!! klo gw sendiri krn udah pernah tau dan punya pengalaman yng bener ttg air ini..jadi gw g a ragu sama sekali….
    “Makanan Enak Tidak Perlu Dipaksa2..Cukup ditawarkan saja…bagi yg ga mau???? TERSERAH MEREKAAAA””!!! @_____@!!!!

  124. Sebenarnya kalau di hitung nilai ekonomisnya kalau beli galon air aqua perbulan misal seminggu habis 3 galon total lebih dikit 15 galon lah perbulan terus dihitung total setahun = balik modal kah perbandingannya dibanding dengan memakai filter plus hexa plus biaya pam buat diminum? murah mana sih? soalnya saya lebih mempertimbangkan nilai ekonomisnya saja plus nilai tambah yang 10% (lebih murni ada hexagonalnya)dan praktisnya saja gak usah menuang galon ke tempat galon minum saya,soalnya istri saya suka minta tolong di digantikan tuh galon kalo lagi habis. :)

  125. Dr Kurzweil telah dicapai dan banyak berprestasi dalam karirnya … terlalu banyak untuk daftar di sini . Beberapa prestasi adalah: Ray Kurweil with president Clinton

    Ray Kurzweil adalah inducted into the Hall of Fame Penemu Nasional pada tahun 2002 . Hall of Fame Penemu Nasional didirikan oleh US Patent Office.

    Ia menerima Lemelson- MIT $ 500.000 Prize , penghargaan bangsa terbesar dalam penemuan dan inovasi .

    Dia juga menerima Medali Nasional Teknologi 1999 , kehormatan bangsa tertinggi dalam teknologi , dari Presiden Clinton dalam sebuah upacara Gedung Putih .

    Dr Kurzweil juga telah menerima puluhan penghargaan nasional dan internasional lainnya , termasuk Dickson 1994 Hadiah ( hadiah ilmu atas Carnegie Mellon University ), Engineer Year dari News Desain , Inventor of the Year dari MIT , dan Grace Murray Hopper Penghargaan dari Association for Computing Machinery . Dia telah menerima dua belas gelar Doktorat kehormatan dan pujian dari tiga presiden AS.

    Selain itu dia telah menerima tujuh penghargaan film nasional dan internasional . Buku Ray termasuk The Age of Mesin Cerdas , Zaman Mesin Spiritual , dan Fantastic Voyage : hidup cukup lama untuk Live Forever . Empat dari buku Ray telah penjual terbaik nasional dan The Age of Spiritual Machines telah diterjemahkan ke dalam 9 bahasa dan merupakan # 1 buku terlaris di Amazon dalam ilmu pengetahuan .

    Dr Kurzweil di atas air terionisasi alkali dan :

    Pertanyaan : Saya telah membaca di Internet bahwa tidak mungkin untuk membuat air basa atau asam dari air murni dan bahwa air yang cukup murni untuk minum tidak dapat dipecah menjadi komponen alkali dan asam. Apakah ini benar ?

    Jawaban : Sebagai ilmuwan yang bertanggung jawab , kami memiliki skeptisisme yang sama ketika kita pertama kali mendengar tentang air alkali . Oleh karena itu, hal pertama yang kami lakukan adalah untuk membeli alkalinizer air serta pH meter yang akurat elektronik. Kami berlari keran air dengan pH 7,1 dari keran rumah kami ke dalam perangkat dan menemukan bahwa air yang keluar dari outlet basa memiliki pH 9,5 ( yang menunjukkan sangat basa) , sedangkan air dari outlet asam diukur pH 4,5 ( yang menunjukkan sangat asam ) . Kami mengulangi percobaan ini dengan berbagai perairan tekan mendapatkan output basa dengan pH berkisar 9,5-9,9 . Memang benar bahwa air “murni ” atau suling tidak dapat terionisasi . Jika Anda mencoba untuk ” split” air suling , itu tidak akan berhasil. Tekan atau air mata , bagaimanapun, telah dilarutkan mineral di dalamnya. Ini adalah mineral dalam air, terutama kalsium, kalium dan magnesium yang memungkinkan air untuk menjadi “split ” oleh arus listrik menjadi basa , ” elektron- kaya” ( yaitu, mengandung ion yang bermuatan negatif yang dapat terlibat dalam reaksi kimia untuk memberikan elektron untuk bermuatan positif radikal bebas ) dan asam , ” elektron- kekurangan” komponen. Individu yang mengatakan tidak mungkin untuk memisahkan keran atau air mata yang salah informasi.

    Salah satu situs di internet menyatakan : ” air terionisasi tidak lebih dari fiksi penjualan; istilah ini berarti untuk ahli kimia air Kebanyakan yang cocok untuk minum terlalu unconductive untuk menjalani elektrolisis yang signifikan ..”

    Pernyataan di atas adalah mudah terbukti salah dengan pH meter yang sederhana dan mesin elektrolisis . Perairan tekan Kebanyakan berjalan melalui mesin menghasilkan air yang sangat basa yang diukur dengan pH meter .

    Pertanyaan : Karena Anda menganjurkan minum air alkali , mengapa tidak hanya mencampur sesuatu seperti natrium bikarbonat ( baking soda) dengan air dan minuman itu? Ada , pada kenyataannya, perairan basa dijual yang dibuat dengan mencampur air dengan bikarbonat. Bukankah pekerjaan yang dengan baik dan akan jauh lebih sedikit mahal daripada ionizer air?
    lebih lengkap silahkan klik artikel tentang air (Hexagonal,Alkali,RO dll) di bawah ini
    http://energinanoasia.com/article/80085/ray-kurzweil-scientist–membahas-air-alkaline-dan-terionisasi.html

  126. Sy bisa buktikan untuk membedakan air biasa dg air hexagonal dg pakai alat test daun teh kering..coba ambil 2 gelas..masukan daun teh kedalam 2 gelas tersebut..lalu masing2 air masukan ke dalam gelas yg berisi daun teh kering tersebut bagaimana bedanya? kl daun teh tersebut langsung larut dan berwarna coklat itulah air hexagonal karena air hexagonal cluster airnya lebih kecil sehingga mudah menembus ke semua sel termasuk sel daun teh kering tersebut..coba anda test semua air yg katanya hexagonal dg alat test sederhana yg lebih ilmiah. lebih lengkap tentang air klik http://energinanoasia.com/article/80085/ray-kurzweil-scientist–membahas-air-alkaline-dan-terionisasi.html

  127. yang pastinya air hexagonal kl untuk pembuktiannya adalah dengan menggunakan daun yang sudah layu atau sayuran yg sudah layu.kl daun atau sayaur yang layu tersebut direndam kan didalam air hexagonal pastinya dalam beberapa menit kl daun tersebut menjadi segar kembali pastilah air tersebut hexagonal.dan begitu juga sebaliknya kl air tersebut masih pentagonal sudah pasti daun atau sayuran yang sudah layu tidak akan pernah kembali segar. simpelkan cara mengetes AIR HEXAGONAL tersebut.

  128. Ikutan baca tentang air hexagoneal ternyata jsdi penasarsn juga, kalau pengen bisnis di yogya alamatnya dimana yang bisa dihubungi? Prosedurnya bgmn? Mohon segera dibalas ya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *