Google yang Cerdik

Gmail-talk

Google memang pintar, mereka adalah yang pertama kali meluncurkan mesin pencari dengan algoritma yang memadai, mereka adalah yang pertama kali memopulerkan layanan email berbasis [AJAX](http://en.wikipedia.org/wiki/AJAX). Tapi, selain pintar mereka juga cerdik.

Di saat penyedia layanan email gratis lain sedang mengalami masalah besar dalam menangani penyalahgunaan, Google meluncurkan [Gmail](http://mail.google.com) dengan sistem undangan. Sistem undangan ini sangat efektif mencegah pendaftaran akun baru secara otomatis dalam jumlah banyak yang kerap kali dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu sistem undangan juga berfungsi untuk menaikan gengsi akun Gmail di saat-saat awal peluncurannya, hal ini menyebabkan semua orang di Internet membicarakan Gmail secara terus menerus. Dan yang paling penting, dengan sistem undangan, Google juga dapat mengatur jumlah permintaan terhadap kapasitas yang tersedia.

Pada bulan Agustus, Google [meluncurkan layanan GoogleTalk](https://priyadi.net/archives/2005/08/24/googletalk-dirilis/). Tidak seperti Gmail, layanan ini tidak populer. Sebuah layanan komunikasi bernilai lebih tinggi jika jumlah penggunanya semakin banyak. Karena pengguna GoogleTalk relatif sedikit jika dibandingkan layanan serupa dari [Yahoo!](http://messenger.yahoo.com) atau [MSN](http://messenger.msn.com), maka GoogleTalk bernilai lebih rendah di mata pengguna. Hal inilah yang membuat GoogleTalk tidak populer. Tentunya ini adalah masalah ayam dan telur yang perlu dipecahkan oleh Google. Di satu sisi Google ingin lebih banyak orang yang menggunakan layanan ini, tetapi di sisi lain pengguna lebih memilih layanan yang sudah lebih dahulu populer. Dan tidak seperti email, pengguna GoogleTalk tidak dapat bebas berkomunikasi dengan pengguna Yahoo! dan MSN Messenger.

Untuk mengatasi hal ini, Google melakukan dua hal: [membuat GmailTalk](http://googleblog.blogspot.com/2006/02/chat-email-crazy-delicious.html), dan [membuka federasi XMPP](http://googletalk.blogspot.com/2006/01/xmpp-federation.html).

GmailTalk adalah layanan GoogleTalk di dalam Gmail. Kini dengan *login* ke Gmail, maka secara otomatis kita juga *login* ke GoogleTalk. Akibatnya, kini seluruh pengguna Gmail adalah pengguna GoogleTalk yang aktif. Tak hanya itu, jika anda pernah mengirim dan menerima email dari seseorang, maka orang tersebut akan secara otomatis dimasukkan kedalam daftar kontak GoogleTalk.

Dengan membuka keran federasi protokol XMPP, maka pengguna GoogleTalk kini dapat berkomunikasi dengan pengguna lain pada jaringan [Jabber](http://www.jabber.org). Sebagai contoh, akun XMPP saya priyadi@priyadi.net kini dapat berkomunikasi dengan pengguna GoogleTalk dan juga sebaliknya.

Pengguna GoogleTalk yang cerdik bahkan juga dapat memanfaatkan situasi ini untuk [berkomunikasi dengan pengguna Yahoo!, MSN dan jaringan IM lainnya](http://www.bigblueball.com/forums/google-talk-news/33739-connect-google-talk-aim-msn-yahoo.html)! Secara teknis, mungkin Google memiliki kemampuan untuk secara sepihak menghubungkan jaringan IM GoogleTalk dengan jaringan IM lainnya, tetapi jika Google sendiri yang melakukannya, maka hal tersebut akan membutuhkan proses negosiasi yang cukup rumit. Dengan federasi XMPP, maka pengguna GoogleTalk dapat menggunakan layanan *transport* yang disediakan oleh pihak ketiga dan berkomunikasi dengan pengguna IM pada jaringan lain.

Mungkin kini GoogleTalk (dan tentunya juga Jabber) sudah bisa dianggap sebagai layanan IM yang bisa disejajarkan dengan layanan yang sudah terlebih dahulu populer seperti [MSN Messenger](http://messenger.msn.com), [Yahoo! Messenger](http://messenger.yahoo.com) dan [AOL Instant Messenger](http://aim.aol.com).

Oh ya, saya suka sekali dengan [*emoticon*](http://en.wikipedia.org/wiki/Emoticon) GmailTalk: X-( B-) ??? :( =D =) :( :D <3 :(|) :-D :-) \m/ :-o :-/ :) :-| :P ;^) ;-) ;)

77 comments

  1. Ah tidak ada yang sebagus ikon smiley-nya Yahoo :d.

    Oh iya, tentang sistem invitasi tersebut kayaknya sudah banyak di bahas di forum – forum internet kalau hal itu merupakan sebuah “ketidaksengajaan”.

    Google ingin membatasi servisnya agar tidak berkembang terlalu cepat dan membuatnya scalable digunakanlah sistem invitasi. Ternyata “ketidaksengajaan” tersebut menimbulkan buzz yang sangat besar :).

    Ga sabar nih nunggu Yahoo Mail v2…

  2. Saya memang lebih seneng dengan GMail dibandingkan layanan free email lainnya :)
    Tetapi untuk GTalk, belum deh, untuk voiceIP masih bagus Skype (meskipun GTalk lebih baik dibandingkan YM) dan untuk chating masih senang dengan YM :D

  3. Masalahnya, pindah IM itu bukan hal yang mudah karena melibatkan orang lain yang biasa menghubungi kita.

    Untuk smiley, tetap YM yang terbaik :) Minimal menurut selera saya.

    Paling enak sebenarnya “Trillian”, 1 aplikasi untuk beberapa IM :)

  4. GoogleTalk bisa buat di GNU/Linux gak yah? saya suka sih tapi pinginnya di GNU/Linux :d Selain itu rasanya (kalo di WinXP) googletalk lebih ringan (lite) drpd Skype deh. gak tahu sih kalian juga ngerasain ngga. \:d/

  5. Gmail membuat mekanisme invite penyebabnya mungkin gara gara storagenya gmail itu terbatas, terus dibutuhkan metode compress/archive mail2 yang ada disitu. kalo yang daftar bejibun mengakibatkan waktu compress nya lama, sedangkan kalo dikit-dikit kan lebih cepet. Ilustrasinya presis kayak kita update / freshen file zip, dimana jika menambahkan file2 yang cukup banyak ke file zip yang sudah jadi akan lebih lama, dibandingkan dengan penambahan sekedik demi sedikit.
    Itu juga mungkin penjelasan nilai increment yang di tampilkan di layar opening gmail, menunjukkan kuantitas free space yang kosong [setelah dibebaskan oleh kompresi].
    by the way, Scalable storage is great [kayak tema TA gua]!!

  6. Dari dulu saya penasaran gimana orang pilah2 antara pake email dan IM. Sekarang Google punya data bagus untuk ngeliat dinamika antara email dan IM. Tapi dari hasil ngobrol2, katanya Google itu nggak punya hubungan bagus dengan dunia akademis, mereka sangat pelit bagi2 data untuk riset. Nggak seperti Yahoo yang lebih dekat dengan para peneliti di universitas2.

  7. Cuma sayangnya ga bisa di set invisible ya, jadi ga bisa ngumpet.. Trus kalo mau pake harus check email dulu.. ga independent..

    Tapi biar begitu, aku tetep.. suka.. hehe.. *Thanks ya Oom Google..*

    Soal smile, sama mas, aku juga demennnn, lucu smile-nya.. :x

  8. sep dah baca email dan milis sambil chat :d
    masih beta aja dah mantep gimana kalo dah stable ya 8-> om google emang TOP dah :)>-

    #6 pake gaim ato kopete kan bisa tuh b-)

  9. #11 Loh, aselinya kan gtalk udah independen dari gmail. jadi klomau pake ya pake gtalk aja klo gk mau ngecek imel dengan tujuan chatting :)

    #13 Kopete dong .. Iya kan om Pri? ;) Adium Message Style, no more unreliable (yahoo) connection issue, Yahoo cam, yahoo conference, multi protocol .. hehe

    PS:
    Yang pake adium gk usah ngomong, sudah saya singgung kok :p

  10. Yang paling keren dari Gmail buat aku support-nya untuk milis; Inbox jadi sejuk dipandang mata.

    Gtalk belum nyobain :(, kalo sebagus itu nggak pantes kalo dianggurin :d.

    Problemnya, kadang suka lama buat login ke gmail. Tapi sekali udah logged in ya, no problemo.

    Emoticon yah, di priyadi.net juga keren :).

  11. Mas priyadi…itu GmailTalk nya gak semua dapat ya? Saya mungkin salah satu pengguna awal Gmail tapi banyak rekan yang saya invite ke Gmail udah dapat GmailTalk tapi saya belum tuh…any ideas?

  12. Saya gak setuju kang pri, saat ini GTalk masih belum matang. YM tetap yang terbaik (IMHO tentunya).

    Setuju juga dengan #5, karena messenger berhubungan dengan orang banyak.

    Menyoal layanan dari google, yang terbaik masih tetap search engine dan gmail. *tos ma andri*

  13. eniwei,
    Gtalk ato chatting nambah berat loading di browser gak sih, gue cuma perlu emailnya ajah…

    -bw

  14. #20, eh ade si starchie ;)), ngapain lu ?? bosen @fupei.com :p ?

    btw, google bagus sih. tapi email utama tetep gue pake yahoo. yg gmail cuma samaran aje (jadi langsung forward ke yahoo) ;)) mayan lah buat lindungi yahoo dari spam2 gembel (ngaruh dikit :&#112;)

  15. #12 Maksudnya VoIPnya. emang GAIM bisa buat voice chat? saya gak tahu sih. Kalo buat chat biasa sih emang pake GAIM donk :d
    ngomong2 produk Google, saya juga ngarepin ada GoogleDesktop buat Linux nih.. :x (atau yg mirip2 lah)

  16. YM lag-legnya kelamaan GTalk Kuenceng..!!. Kalo bicara Emoticon, GMail emang bagus emotticonnya, tapi kodenya apa sih ya :D? tulat-tulit. Tetep emoticon YM sementara masih nde best, bisa guling-guling ( =)) ).

  17. #38 setau saya ndak hanya GMailTalk deh, ;) make http://meebo.com juga bisa :D tuh ol ke YM, MSN, AOL dan tentunya si jaringan Jabber sendiri ;)

    Kalau saya kok masih NGEH dengan YM yaa, bukan terbaik, tapi lebih baik(walaupun relatif) :> apalagi dengan KONPRENSnya itu lho, apalagi bagi yang suka ARISAN :-“

  18. aku idem sama didats…

    YM masih menguasai kok.
    Tapi yang paling bagus dari Google itu memang Gmail loh.. Belum pernah sepuas begini pakai email gratisan (hai! gratisan :D )

    Butuh waktu untuk GTalk bisa berkembang hingga menyamai YM :)>-

  19. Weleh… tadi saya coba smileynya di Gtalk… pantes gak bisa. jadi malu :d

    Pas coba chattingnya langsung dari gmail langsung deh jadi cakep :”>

  20. keliatannya harus ada terobosan baru dari Yahoo!, apa-apa yg Y! buat dibuat jg oleh Google.. dan gratisan lagi.
    Setuju kalau dibilang Google cerdik, semua layanan digratiskan dan cari alternatif pendapatan dgn cara lain.
    Viva Google..
    Viva Gretongan..

  21. kalo rizko mah ampe sekarang masih make yahoo, ada sih daftar di google cman buat cadangan aja alias jarang dipake.

    sejak tahun 2000 ampe sekarang tetep gak ke lain hati, always yahoo, khusus email, ym, foto, groups…

    kalo tuk search google yang saya pilih…

  22. #25 SAFARI SUX ! MAC SUX MORE ! :))
    #30 dih emang saya cuman di fupei saja ? :p
    #31 hwahahahaha, betol kudu di ingat ingat tuh mas amal :p
    #39 awas saya beritahu admin ktr mu untuk blok XMPP ! :p

  23. #22 coba ganti bahasanya om, sebelumnya saya pake yg bahasa Indonesia emang Gmailtalknya gak muncul, setelah ganti ke bhs Inggris baru muncul <:-p #32 hehehe untuk Voice emang blom bisa, kabarnya sih untuk Gaim versi 2.1 keatas baru akan ditambahin fasilitas untuk voice dan videocam :d (kalo gak salah, yg ngerjain proyek gtalk n gmtalk itu developer gaim yg ditarik ke google CMIIW ) tinggal Goobuntu neh yg blom muncul :-"

  24. fastest search engine
    really nice free webmail with AJAX
    googletalk integrate with mail, so no blocking proxy
    desktop search
    googlemaps

    still wait a Google OS based on Ubuntu neh …

  25. nah untuk gmail memang bagus, aku suka, aku masih punya 100 invitan lagi, baru baru kemaren aku coba chat dalam gmail ternyata sangat ringan, bagus bagi pada sahabat yang dikantoran yang YMnya diblock lah, atau irc di block, maka cukup buka email gmail dan klik CHAT maka akan bisa chat dengan cepat, juga ada fasilitas menyimpan hasil chat, untuk chat dalam gmail fitur bahasa harus ke inggris biar ada icon chatnya coba check »:CERITA TTG CHAT di GMAIL aku merasa [puas dengan fasilitas itu. thank GMAIL

  26. keren pokoknya .. gmail spacenya ..ajax yang keren .dan banyak orang genius diperusahan google ..klo invite di kaitkan dengan storage yang bener tuh .. space mreka tuh lebih dari 10000 TeraByte

  27. buat om syair,:
    emang bener sih kalo lebih dari 10000 TeraByte, tapi jika itu merupakan benar2 space fisik, wah, gak efisien. Mapping untuk file systemnya yang jempor, saya lebih suka pendekatak GFS dengan kompresi, dan dilakukan distribusi metadata/journal, sehingga waktu akses lebih cepat.
    Tapi kalo saya dapet 1/8 dari free space google, alangkah senangnya saya. :))

  28. Yupi gami .. saya rada gaptek tehnologinya , tapi saya pernah liat salah satu gudang data yang isinya hardisk aja 10×10 meter ^^ .. berapa Kilobyte ya.. 1/8 aja gak abis buat 7 keturunan

  29. Aku mau bikin gmail-nya google tapi katanya mesti ada ngasih reference. Gimana caranya ya?

  30. :(( argggggghhh…..port gw diblok!!!!!!!!!!!!!!!!!!ga bisa ym duechhh,,,,,,sanib gretonger gn dech :d !!btw tool buat scan open port apaan yach

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *