José Mourinho

Penggemar sepak bola, terutama [penggemar Chelsea](http://gbt.blogspot.com/2007/09/jose-mourinho-is-out.html) pasti sudah tahu berita heboh terbaru, yaitu [José Mourinho](http://en.wikipedia.org/wiki/José_Mourinho) saat ini sudah tidak lagi melatih [Chelsea](http://en.wikipedia.org/wiki/Chelsea_F.C.).

José Mourinho adalah pelatih paling eksentrik. Bagi saya, daya tarik Chelsea bukanlah di lapangan, Chelsea adalah klub dengan permainan yang biasa-biasa saja ([Pak BR](http://rahard.wordpress.com) pasti tidak setuju dengan pernyataan ini, hehehe). Yang menarik dari Chelsea justru di luar lapangan, yaitu komentar-komentar Mourinho baik pada konferensi pers pra pertandingan, maupun pasca pertandingan. Bagi pendukung tim lawan, komentar Mourinho terkadang sangat menyebalkan, tapi bagi penonton yang netral, banyak komentar-komentarnya yang cukup ‘menghibur’ :).

Ketika ditanya wartawan tentang mengapa dia selalu memainkan [Andriy Shevchenko](http://en.wikipedia.org/wiki/Andriy_Shevchenko), padahal yang bersangkutan selalu kesulitan mencetak gol, Mourinho hanya menjawab dengan enteng:

> I can tell you now, to stop you (journalists) from asking, that as long as he is not scoring, Shevchenko will play.

Mourinho juga dikenal sebagai manajer yang sangat sombong. Tetapi paling tidak dia bisa mengekspresikan kesombongannya tersebut dengan elegan:

> We have top players and, sorry if I’m arrogant, we have a top manager.

> …

> If I wanted to have an easy job…I would have stayed at Porto – beautiful blue chair, the UEFA Champions League trophy, God, and after God, me.

Komentarnya setelah wasit tidak memberikan tendangan penalti ketika melawan Newcastle:

> The circumstances are difficult for us with the new football rules that we have to face. It is not possible to have a penalty against Manchester United and it is not possible to have penalties in favour of Chelsea. It is not a conspiracy, it is fact. I speak facts. If not, I need big glasses.

Komentarnya setelah [Asier Del Horno](http://en.wikipedia.org/wiki/Asier_del_Horno) diberi kartu merah karena mengganjal [Lionel Messi](http://en.wikipedia.org/wiki/Lionel_Messi):

> Barcelona is a cultural city with many great theaters and this boy [Lionel Messi] has learned very well. He’s learned play-acting.

Bagi yang bertanya-tanya tentang motifnya berhenti dari Chelsea, mungkin pernyataan ini bisa sedikit mencerahkan :).

> There are only two ways for me to leave Chelsea. One way is in June 2010 when I finish my contract and if the club doesn’t give me a new one. It is the end of my contract and I am out. The second way is for Chelsea to sack me. The way of the manager leaving the club by deciding to walk away, no chance! I will never do this to Chelsea supporters.

Mourinho adalah personaliti unik pada setiap konferensi pers. Baginya konferensi pers adalah bagian dari sepakbola:

> When I go to the press conference before the game, in my mind the game has already started.

> And when I go to the press conference after the game, the game has not finished yet.

Masih banyak komentar-komentar ‘aneh’ lainnya dari Mourinho. Dan tergantung klub berikutnya yang akan ditangani Mourinho, kita mungkin tidak akan lagi bisa menikmati komentar-komentar tersebut. Berikut adalah beberapa taut bagi yang ingin bernostalgia dengan komentar-komentar unik dari Mourinho:

* [Jose Mourinho di Soccerlens](http://soccerlens.com/jose-mourinho/)
* [Jose Mourinho di Wikiquote](http://en.wikiquote.org/wiki/José_Mourinho)
* [Jose Mourinho di MakesMeWonder](http://makesmewonder.org/mourinho/index.php?quotes)

Published
Categorized as Fun

77 comments

  1. Ternyata sosok kontroversial itu ternyata bisa mengasyikkan juga ya. Buktinya, begitu Mourinho menghilang dari Liga Premier, banyak pihak yang nelongso :D

  2. Selamat tinggal aja deh bwat Chelsea. Gw ada feeling kalau liga tempat Mourinho bekerja nantinya bakal beruntung banget deh. Soalnya Liga Inggris bisa segedhe sekarang salah satunya karena ada Wenger – Ferguson – Mourinho. Sekarang “AB3″nya uda pecah ya udah deh. EPL jd gak terlalu seru lagi. :d *walau sama aja emang gak bisa nonton dirumah…gak ada astro:((

  3. bagus deh mas Maurinho itu dipecat :-w…biar Premier League ga terlalu hingar bingar gara-gara komentar satu orang.

    The Special One? berani amat label diri sendiri kaya gitu..trus Sir Alex gmana donk?

    tumben diatas blom terlalu banyak..:-?

  4. Saya paling suka komentar Mourinho tentang telur dan omelet. Kata dia, “Our style of play is important. But it is omelettes and eggs. No eggs, no omelettes. It depends on the quality of the eggs.”

    Di UK sini, beberapa hari ini BBC dan Sky terus-terusan meliput Mourinho. Yang paling kehilangan soal kepergian dia, bukan Chelsea, bukan Inggris. Tapi pers dan media Inggris. :)>-

  5. Wah 10 Besar :d/:d/:d/:d/:d/:d/

    Benar mas Pri, komentar – komentarnya memang kontroversial. Banyak orang yang sebal dengan dia. Tapi dengan adanya dia, warna EPL semakin semarak. Apalagi liat gayanya pas Chelsea nyetak gol. Wah pengen ngegebukin deh tu orang satu, apalagi kalo kita penggemar team yang jadi lawannya Chelsea.

    Gud lak aja deh buat Jose Moronyo …

  6. Yah ternyata masuknya no 13 lagi. Selalu masuk jadi no 13, ada apa ini ya :-?

    Jose Moronyo itu adalah tipe manager yang ga mau mengakui timnya kalah kelas dari tim lain. Ada aja alasannya dia buat menutupi kekalahan timnya.

  7. Yang paling gw suka dari Mourinho adalah waktu dia bilang, dia sengaja cari perhatian dan banyak omong, biar semua perhatian tertuju pada dia seorang, bukan pada pemain, sehingga pemain dapat konsen ke pertandingan, bukan hal2 diluar pertandingan. (benar2 manajer top… padahal gw ga suka sama mourinho nih):)>-

  8. mudah2an bang “jose” bisa gantiin peran bang “yos” di persija, itung2 nanam modal..

    OR

    jadi ketua PSSI aja, jadi dengan strange&unique comment-nya bisa melambungkan nama indonesia dengan kekuatan comment, bukan prestasi…
    kan posisi lagi kosong, karena pak nurdin lagi
    tugas di cipinang 2 tahun.
    /:)

  9. You don’t miss your water till the well runs dry.
    Pas masih ada, banyak yg caci maki.. eh, abis JM out, banyak yg kangen juga.

    Kalo di Indonesia ada ga ya coach / manager yg kayak dia ?

  10. Ya … bagi saya Chelsea adalah klub yang menarik karena ada Frank Lampard dan Mourinho. Bagi saya dua orang itu yang penting. (Tentu plus John Terry.) Saya tidak tahu apakah saya masih mau nonton Chelsea lagi setelah Mourinho keluar. Kita lihat saja …

    Saya menyalahkan pemilik Chelsea yang “terlalu turut campur” urusan Mourinho menjalankan klubnya. Yang jadi manager / coach itu emangnya siapa?

    hik hik hik …

  11. Yup, … kalo maurinho jadi pelatih Indonesia. Pasti komentarnya yg lebih ditunggu-tunggu daripada prestasinya. Tapi salut buat sepakbola Indonesia saat …. viva indonesia …. he3x ….

  12. Good Luck Mr. Mellow Mr. special one. Salah satu yang aku benci didunia adalah Team Chelsea punya manager seorang Mourinho, ga pantes banget chelsea dapat manager kayak dia. Tapi skrng aku senang…. that amazing guy left the blues….:) aku ga benci ma mourinho malah respect tapi yg aku benci tu chelsea…sebelum masuk mourinho chelsea tu masi kelas kacangan di eropa! Ngaca!

  13. Rafael Benitez cuek menanggapi mundurnya Jose Mourinho dari Chelsea. Bos Liverpool itu menolak untuk memberi komentar karena buruknya hubungan antara dirinya dengan Mourinho.

    Bahkan, saking panasnya Mourinho dan Benitez pernah enggan berjabat tangan setelah pertemuan di liga, melenceng dari tradisi di Inggris
    :d

  14. udah liat pelatih chelsea yang baru? udah susah pronounce namanya dan mukanya kusut mulu. Mungkin karna kalah dari MU 2-0 kali. Beda skali auranya dari Mourinho…[-(

  15. Mourinho…..Mourinho…..Mang The Spicial One!!! Buktinya tadi malem Aja Grant ga bisa buktiin……. Keok tuch ma MU 2 gol tanpa balas. Liga Inggris Tanpa Morinho agak hambar!!!! MU Go!!!

  16. goodbye Jose ! Nampaknya hanya pelatih berkarakter kuat yang bisa gantikan tempatnya di Chelsea. Capello mungkin pantes ada disitu, tapi ntar karakter permainan timnya akan sama dengan timnya Jose :-)

  17. gw dulu ga’ tau chelsea, pdahl lagu lamanya bryan adam “we’re gonna win” dedicated to chelsea FC. baru stelah zola hijrah ke inggris gw tau n jadi suka banget stelah ada Lampard n Mr. JM. Gw suka gayanya, khas pelatih2 di pilem2 football amrik. Hmm… qt tunggu aja kehadiran JM di TIMNAS:)>-

  18. @43… wah kayaknya sejarah mula saya jadi fans helsea sama dengan anda. Saya mulai tertarik chelsea sejak Vialli dan Zola masuk, kemudian dipegang sama Gullit.
    Dulu saya idolakan Liverpool.

    Sampai sekarang saya fans Chelsea. Sayang JM harus out. Character huebaat banget. Gak nyalahin juga si Abra, soalnya khan dia udah invest banyak banget.

    Semoga aja JM sukses, Chelsea sukses. Kepenginnya sih Deschamps/Scolari yang gantiin JM.

    @32..:: bung kalo ngasih komentar secara publik, usahakan keep fair. Anda ndak senang dengan satu team, ndak perlulah kalau harus mencaci di forum publik. Cukup dengan teman2 anda. (sekedar koreksi, bkn karena saya fans chelsea)

  19. Selama masih ada wenger sama Alex ferguson, liga Inggris masih jadi tontonan menarik. Gara-gara sering maen fantasy premierleague jadi senang liga Inggris nih.

  20. Kita nonton Sepak Bola karena kita senang dengan ketegangan, kita sangat menikmati ketegangan. Dan sekarang, ketegangan itu sudah berkurang seiring Mourinho pergi.

  21. Tuh kan. Tanpa Jose, Chelsea keok! Makin sukar untuk menjadi juara kembali. Ya sudahlah … Waktunya untuk shopping klub untuk dijadikan favorit (pengganti Chelsea). Ada saran?

  22. Dengan adanya Jose ataupun tidak, Liverpool tetap YNWA.
    Selain itu, memang cukup menarik menanggapi kepergian Jose dari Chelsea. Karena ibaratnya sayur, BPL tanpa Jose Mourinho seperti sayur kurang garam.
    Dan gue ngelihat, konflik yang ada cuma 1:
    Jose Mourinho vs. Roman Abramovich

  23. BTW da lowongan gak jadi managernya chelsea ? Dan satu lagi mohon permisi jika saya mengambil rss feed-nya untuk ditarus di single aggregator website saya iBlor.com. Makasih ya mas pri…

  24. woah kenapa mourinho harus perge!!!!!…dasar abrahammovic anjing binatang….saya yakin tanpa THE SPECIAL ONE,chelsea akan hancur…pasalnya,platih barunya cuma seorang platih sampah…lawan MU kalah ]
    2-0.padahal,waktu ada MOURInHO,chelsea gak pernah kalah….SUCK!!!!

  25. tahun lalu kalo gak salah, JM sama Fergie taruhan Anggur setiap kali MU dan Celsi bertanding, Fergie bakal kangen tuh sm JM, soalnya gak bisa taruhan anggur lagee……., Fergie gak sudi taruhan anggur sama Avant Gram (bener yak nulisnya), soalnya siapa dia… belum dikenal…

  26. im so sad for him…
    the special one is too special…
    he made the epl shining after beckham left england:((

  27. apapun yang terjadi U’r Still The Special One
    =d>=d>=d>=d>=d>=d>=d>=d>=d>=d>=d>
    aq spakat banget kalo dia ke PERSIK Kediri
    menjadikan PERSIK Juara LIGA, COPA, dan tentu Champion Asia
    Bravo PERSIK
    :)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-

  28. kaget juga pertama dgr JM keluar dr chelsea..
    sedih but gak peduli jg sih.. :d

    tapi jgn ampe JM jadi pengganti SAF di MU aja deh..
    amit2 deh… #-o

  29. 2 blunder chelsea akhir2 ini:
    1. melepas mourinho
    2. mengangkat grant

    hehehe… tapi JM tetep fenomenal dimanapun…

    EPL tanpa JM seperti sayur tanpa garam, hehehe… kasian Wenger ama Fergie ditinggal “teman main”-nya.. hehe..

  30. Walaupun karakternya seperti itu, dia emang The Special One, dengan mulut besar, tapi dengan banyak prestasi. Bukankah Chlesea 50 tahun baru dapat gelar juara Premier? Bagaimanapu, Bravo Chelsea. :d/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *