Memperkenalkan BlogPedia

Salah satu hasil dari [pertemuan para penulis blog di Detikcom](https://priyadi.net/archives/2006/01/29/pertemuan-penulis-blog-di-markas-detikcom/) adalah pembuatan situs definitif tentang blog berbasis wiki. Situs tersebut kini telah berdiri dengan nama [BlogPedia](http://blogpedia.web.id/). Saat ini memang isinya belum banyak, untuk itu dimohon kontribusi dari teman-teman penulis blog.

Apa tujuan situs ini? Sebelumnya kalau ada orang ingin mengetahui apa itu blog, maka sumber yang definitif saat ini adalah tulisan [Apa Itu Blog?](http://enda.goblogmedia.com/apa-itu-blog.html) dari Enda Nasution. BlogPedia diharapkan dapat menjadi sebuah situs yang dapat melengkapi informasi dari Enda dan juga informasi-informasi lain yang bertebaran di Internet. Para penulis blog dan calon penulis blog diharapkan akan dapat mendapatkan informasi serta tips-tips yang lebih spesifik terhadap masalah tertentu dengan mudah dari BlogPedia.

Selain itu, saya juga telah membuat *mailing-list* [ID-Blog](http://groups.google.com/group/id-blog/) bagi para aktivis blog Indonesia untuk dapat saling berkomunikasi. Pertemuan para penulis blog di Detikcom berhasil mengumpulkan beberapa aktivis blog dalam satu forum dalam waktu yang singkat. Sayang sekali jika diskusi tersebut berhenti sampai di situ saja. Untuk itu saya mengajak rekan-rekan yang menghadiri acara tersebut dan juga rekan-rekan lain yang peduli dengan aktivitas blog di Indonesia untuk dapat mengikuti *mailing-list* tersebut dan berdiskusi bersama.

Sekaligus saya mohon maaf atas keterlambatan pembuatan situs ini. Karena kurang pengalaman dengan tatacara pendaftaran domain ID yang baru, maka proses pendaftaran domain memakan waktu lebih lama daripada seharusnya.

56 comments

  1. eh, baru liat,
    pak priyadi posting kata “PERTAMA!!!” di ID-BLOG.

    Ini bukan saingan ID-Gmail kan nantinya???

    hahahaha… :D

  2. buset.. cepet amat.. udah 30 komen aja.. :o nnt homokwan dan homokwati pada pindahan k sana gag? btw, kalo gag ada om pri n jeng enda (+ mas herman), aku gag bakal pny blog… thanks anyway…

    *curhat colongan*

  3. Blogpedianya sekalian diisi tutorial yang berguna dong tentang blog dan teman2nya (html, css, script2, flash, adobe, psp dll).. biar sekalian dapet ilmu baru.. jadi ga perlu search ke google, langsung buka blogpedia aja, hehe..

  4. Idem #32
    Wah suhu gue emang cepet deh hehehehe good job .. btw mau subcribe kok nggak lihat linknya dimana yah .. cuma yang aku lihat pertama doang .. pengen jadi yang kedua nih !!!

  5. setubuh… eh setudju…!!kyk #32
    + kasih juga glosarry, jd buat org yg bukan org IT ngerti jg gt…

  6. #45 ini loh chie…

    salut =d> . Ada bakwan di balik nampan ngga…?? Enak..

    *cengar-cengir*

  7. Excuse and forgive me…, Mang Pri udah liat perkembangan terakhir di “Razia Perangkat Lunak Bajakan dan Tanggapan Para Pembajak”, wah rame n seru banget ummm… :d, FLOSS memang harus dibudidayakan supaya jadi bangsa yang kreatif tidak hanya tergantung dari satu atau dua developer saja. Cuman mungkin secara keseluruhan aku pikir baru 10 tahun lagi FLOOS di Indonesia baru jadi mainstream di Indonesia… Maaf nih, aku lebih tertarik komen disini..hehe..

  8. ah kirain,,. sama saja dgn blog2x lain, bercerita, membahas, kritik sesuatu :-@, ga ada yg ‘membuat’ sesuatu apa nih? ga bermutu kalo cuma ngarepin komen bejibun sih. itu smiliesâ„¢ punya Yahoo! ya? wah, buat blog nya juga pakai WordPress 8-}. Priyadi Iman Nurcahyo, an ordinary human is “Changing the world, one person at a time…” sombong sekali. =d>

    tenang mas, saya bukan roy :-ss
    coba kita lihat 3 tahun lagi blog ini masih ada atau tdk :-??

  9. Pingback: Muslimblog 2.0

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *